Ibnu Suhanda Yogyakarta. Saya adalah penggemar setia rubrik Anda di SKH Kedaulatan Rakyat. Saya ada masalah dengan mobil Corolla saya th 1980/79 (bukan DX), yaitu sbb:
1. Roda depan sebelah kiri agak miring, sehingga ban bagian dalam cepat aus. Apa sebabnya dan bagaimana memperbaikinya? Kalau mobil berjalan stir selalu mengarah ke kanan (ini terasa betul kalau stir dilepas). Apa sebab dan bagaimana cara menghilangkannya?
2. Kunci kontak dihidupkan tetapi starter tidak jalan, meskipun lampu indikator menyala merah, saat dihidupkan nyalanya meredup. Apa penyebabnya dan cara mengatasinya?
3. Kendangan knalpot saya kok cepat kropos. Apa sebabnya?
Demikian masalah mobil saya, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih pada Bung Martin maupun pada SKH Kedaulatan Rakyat.
Jawab:
1. Lazimnya bagian dalam ban lebih dahulu aus disebabkan oleh konstruksi suspensi ban depan berubah, atau keausan yang terjadi pada bearing roda. Keadaan seperti ini memang kurang nyaman, dan segera harus dicari penyebabnya. Ban yang miring disamping mempercepat kerusakan pada permukaan ban juga mengakibatkan pada waktu menjalankan mobil stir terasa lebih berat.
1. Lazimnya bagian dalam ban lebih dahulu aus disebabkan oleh konstruksi suspensi ban depan berubah, atau keausan yang terjadi pada bearing roda. Keadaan seperti ini memang kurang nyaman, dan segera harus dicari penyebabnya. Ban yang miring disamping mempercepat kerusakan pada permukaan ban juga mengakibatkan pada waktu menjalankan mobil stir terasa lebih berat.
Kalau dilihat dari konstruksi model machperson strut yang dipasangkan pada suspensi depan Corolla Anda maka yang perlu diperhatikan adalah: Suspension lower arm, dibagian ini ada karet yang menjadi perantara antara lower arm dengan cros member. Bagian yang terletak dibagian bawah mesin ini harus tampak terkancing kuat, dan apabila bushing karet yang ada di lower arm tersebut sudah aus maka segera diperbaiki. Bisa dengan cara mengalas dengan bushing per truk atau mengganti dengan bushing asli. Para teknisi yang berpengalaman dengan mudah bisa memperbaiki bagian ini, sampai pulih kembali.
Setelah itu perhatikan pula as sokbreker. Bagian ini harus tampak lurus dengan bagian luar dari sokbreker. Walaupun jarang terjadi, bagian ini juga bisa menyebabkan ban aus bagian dalam, indikasi bagian ini rusak juga bisa dirasakan dengan tidak nyamannya suspensi roda depan, mobil menjadi mentul- mentul saat melewati jalan rusak. Kalau Anda membuka kap mesin, di bagian atas dari suspensi ada 3 baut yang mengancingkan adaptor karet dengan as sokbreker. Pada mobil tua karet ini sudah aus, bahkan sudah lepas atau hancur. Bagian ini harus diperbaiki, kalau tidak dudukan sokbreker menjadi miring. Anda bisa perhatikan sendiri, mur yang ada dibagian tengah tidak terletak sentris. Kalau indikasinya seperti itu maka segeralah mengganti dengan adaptor baru.
Ban yang aus sebelah juga bisa disebabkan oleh penyetelan roda depan yang terlalu membuka. Kalau diamati dari depan, kedua roda depan membentuk huruf V, sedangkan penyetelan yang benar harus berbentuk huruf V terbalik. Namun perlu dijelaskan pula bahwa penyetelan yang tidak benar ini mengakibatkan keausan terjadi pada kedua ban depan, bukan hanya satu saja.
Selain itu ban aus bagian dalam juga bisa disebabkan oleh kelonggaran pada bearing roda depan, atau as untuk kedudukan bearing roda depan. Untuk mengetahui apalah penyebabnya ada di bagian ini, maka Anda harus menggoyang- goyang roda depan ke arah luar dan dalam, sambil mendengarkan, merasakan apakah ada kelonggaran. Kalau ingin lebih pasti, naikkan mobil dengan dongkrak, kemudian mintakan seseorang meginjak rem. Letakkan tangan kanan Anda dibagian atas ban dan tangan kiri dibagian bawah. Kemudian goncang- goncangkan. Kalau kelonggarannya besar, segeralah memperbaiki.
2. Tentang kunci kontak, pada mobil tua sering terjadi, kunci kontak sudah diputar tetapi mesin tidak mau hidup. Kalau didorong mesin mudah hidupnya. Kejadian seperti ini penyebabnya ada di kunci kontak. Dibagian belakang (dalam) kunci kontak ada kontak yang bekerjanya seperti kontak lampu rumah tangga. Bedanya pada rumah tangga kontak itu tersambung setelah ada tekanan maka pada kunci kontak mobil, arus terhubungkan setelah terputar. Karena sering berputar dan saling bergeser dalam jangka waktu puluhan tahun maka terjadi keausan pelat tembaga di dalamnya, bahkan ada sampai putus. Satu- satunya jalan adalah mengganti kontak baru. Bisa juga terjadi motor starter berputar tetapi arus aki tidak mencapai koil dan platina, sehingga busipun tidak ada apinya. Tetapi kalau Anda menyambung seutas kabel dari pul aki bertanda plus ke kabel yang menuju koil, pasti mesin bisa hidup.
3. Knalpot yang sering kropos banyak penyebabnya. Yang sering terjadi karena bahannya tidak baik. Memang umumnya bagi kita yang menggunakan mobil bekas pakai yang sudah lanjut pula usianya "eman" (sayang) membeli knalpot orisinil, karena harganya yang melangit. Ada juga yang tidak orisinil dan kwalitasnya baik. Penyebab lain dari kroposnya knalpot bisa disebabkan oleh mobil yang hanya diparkir, kalau dijalankan juga tidak mencapai jarak jauh. Hal ini menyebabkan knalpot cepat kropos karena air hasil kondensasi di dalam ruang mesin dan kendangan tidak bisa kering.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar