08 Agustus 2007

Bingung Pilih Mobil

Suara Merdeka 8 Agustus 2007
Dear Mr. Martin, saya sering mengikuti rubrik anda di Suara Merdeka dan saya sangat tertarik untuk mengajukan pertanyaam sbb:
1. Saya rencana mau beli mobil dan dari sekian merk, akhirnya saya ada 2 pilihan yaitu, Timor atau Suzuki Esteem dengan pertimbangan kedua-duanya sesuai budget saya (harga antara 35-40jt) dan juga sama-sam irit BBM.
2. Apa benar utk sedan Timor sparepart cenderung susah didapat? dari tipe SOHC & DOHC mana yang lebih baik? Utk bengkel Timor yg bagus dimana?
3. Dengan budget segitu, apa ada alternatif lainnya yang mungkin lebih bagus?
Atas jawaban dan bantuannya saya ucapkan terima kasih. Dan kalau boleh saya minta No. hp-nya
jnjandre@yahoo.com

Sdr Andre, anda benar. Harga Suzuki Esteem 1.6 GT 1995/1994 maupun Timor harga memang berkisar disitu. Dibandingkan dengan Suzuki Esteem maka Timor memang lebih sulit mendapatkan suku cadangnya, namun tidak sulit sekali. Teknisi di bengkel bisa cari cara untuk modifikasi. Kalau disuruh memilih saya tentu memilih yang DOHC, bukankah Timor sudah injection? Mesin jenis ini lebih efisen, karena pengaturan tidak lagi menggunakan karburator. Selain Timor, Esteem pertimbangkan pula Soluna. No HP sudah saya emailkan ke alamat Anda.

Tanya. Saya selalu mengikuti rubrik anda. kali ini saya ingin tanya tentang AC dan Sistem Rem:
1. AC mobil saya terasa kurang dingin. Apa saja yang perlu saya lakukan? Apa benar Freon AC tidak boleh sembarangan diganti?
2. Ketika saya cuci mobil (mobil diatas Lift) ban belakang mutarnya seret, apa yang menyebabkan? Apa kiat merawat agar tidak tidak terjadi kondisi seperti itu?Terima kasih. Tunggul Sakti mr_tps@yahoo.com

Jawab: Terima kasih, Pak Tunggul Sakti yang setia mengikuti rubrik ini. Saya pikir, AC mobil Anda tidak ada yang bocor. Kalau bocor, maka selamanya tidak mau dingin lagi. Sekarang kurang dingin, mungkin hanya perlu penyetelan ulang thermis switch. Ini sama seperti AC di rumah, ada batas dinginnya ruangan sehingga kompresor berhenti. Coba periksa pula mungkin ada gangguan pada stelan putaran fen. Kalau belum mau juga dingin, saran saya, bersihkan evaporator. Bagian yang menyemburkan angina, seperti memberihkan bagian AC rumah. Kalau belum berhasil, harus servis kodensor dan seterusnya sebaiknya diservis di tukang AC.
Seret-nya ban belakang, mungkin hand rem sedang ditarik. Kalau tidak maka piston di dalam tromol atau piston disc brake macet karena kotor atau karat. Ini perlu diservis dibengkel. Saran saya, coba bawa mobil ke jalan yang agak miiring. Rem dan lepas kembali, posisi transmisi free. Kalau mobil cepat bergerak artinya masih belum bongkar rem, tetapi kalau tidak bergerak maka ini menandakan tromol/ piston rem macet sehingga perlu dibersihkan di bengkel.
Penjelasan lebih lnjut dapat dibaca di http://martin1948.blogspot.com/ .

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix