22 Desember 2007

Starter Tidak Mulus

(Harap mulai baca email mulai dari bawah)
Tulisan berikut adalah tanya jawab lewat email, bisa menjadi referensi bagi yang mengalami masalah starter.
Pak Lucky, goyangnya beberapa kali saja (2-3x), agar gigi fly wheel, roda
gila sudah sedikit bergeser sehingga ketika gigi starter maju bisa masuk ke
gigi roda gendeng dan arus aki kontak. Sering kali hanya buka dan bersihkan
bendik (switch starter) dan pasang kembali sudah sembuh. Kalau starter
masih berputar, artinya gulungan masih bagus, jadi tidak perlu gulung lagi.
Tidak perlu waktu lama mungkin 3 jam, kalau teknisi Jakarta bisa lebih
cepat.
Salam hangat saya
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
Kunjungi: http://martin1948.blogspot.com
----- Original Message -----
From: "Lucky-Abdul MALIK"
To:
Sent: Monday, November 12, 2007 1:39 PM
Subject: Re: tidak mau starter
> Pak Martin,
>
> Terima kasih sarannya.
> Tanggapan saya warna biru dengan kalimat italic dan warna font biru.
> Btw, saya di Jakarta pak.
> Salam,
> Lucky

> Selamat siang sdr Lucky
> Sebelum start coba masukan gigi 2 dan mobil di goyang-goyang. Tapi tidak
> putar kunci kontak. Maksudnya agar gigi starter dengan gigi motor starter
> menyesuaikan diri sehingga waktu kunci kontak di putar motor mau berputar.
> Ketahuilah bahwa motor baru mau terputar kalau gigi sama gigi starter dan
> fly wheel saling masuk baru arus aki jalan untuk memutarkan mesin.
> Lakukan
> beberapa kali.
>
> Pak Martin, maksudnya mobil digoyang2 nya beberapa kali ya saat gigi 2
> masuk??.

> Kalau mau, artinya anda mesti servis motor starternya.
> Kalau aki mobil anda bagus (kurang dari 2 tahun) dan ketika didorong mau
> hidup saya perkirakan penyebabnya ada pada motor starter. Namun sebelum
> melakukan semua itu, coba periksa kepala aki, bersihkan dan kencangkan.
> Dari penjelasan terakhir, bahwa kalau kontak di coba berkali-kali mau, yah
> itu, gigi-sama gigi yang saya sebut tadi sudah saling menyesuaikan diri.
> Silahkan bongkar saja ke bengkel dinamo, murah dan tepat orangnya.
> Kalau aki sudah kurang lebih 2 tahun dan syukur nggak pernah masalah
> mengalami kekeringan.

Sedangkan
> kepala aki saya sudah cek pagi tadi dan juga tidak masalah dengan
> cengkramannya (sudah cukup kuat)
> serta kerak2 nya relatif sudah tidak ada karena beberapa waktu lalu saya
> juga sempat siram dengan
> air panas. Jadi kemungkinannya seperti bapak bilang ya atau dugaan saya
> yaitu dinamo nya.
> Pertanyaan saya, apakah kalau kerusakan dinamo harus selalu digulung cara
> mengatasinya dan berapa
> lama waktu perbaikannya? Wah maaf dengan banyaknya pertanyaan saya.
> Salam hangat saya
> Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
> Kunjungi: http://martin1948.blogspot.com
> ----- Original Message -----
> From:
> To:
> Sent: Monday, November 12, 2007 10:02 AM
> Subject: tidak mau starter
>
>
>> Pagi pak Martin,
>>
>> Saya dapat alamat email bapak lewat blog bapak di
>> http://martin1948.blogspot.com/search?q=dinamoo+starter.
>> Kalau tidak keberatan, saya mau konsultasi mobil kijang saya LSX 1999
>> akhir.
>> Sejak kemarin, kijang saya tidak bisa di starter. Kalau mau starter
>> selalu
>> hanya bunyi tek ..... tek. Tapi kalau didorong sedikit maka dengan mudah
>> kijang hidup. O ya, sebelum peristiwa ini, sudah cukup lama juga mobil
>> tidak mau starter. Tetapi kalau kunci kontak kita coba berkali-kali, maka
>> mobil dapat starter.
>> Pertanyaannya, apakah kerusakannya ada di dinamo starter nya pak? Kalau
>> saya lihat aki nya sich masih ok alias tidak kering.
>>
>> Mohon respons bapak dan terima kasih atas perhatiannya.
>>
>> Salam
>> Lucky

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix