29 Desember 2007

Accord 80 Mau Ganti Karburator.


Suara Merdeka
Edy Budhiono edybudhiono@yahoo.co.id Pak, saya mempunyai mobil Honda Accord Th 80, kondisi mesinnya sih masih baik. Yang ingin saya tanyakan pertama, AC nya sering ngadat terakhir adalah rusak di compressor dibawah dashboard (evap? ) karena service terakhir itu dipotong lalu disambung baru tapi hanya bertahan 2 minggu dan kata teman harus diganti saja. Apakah masih ada untuk evap accord 80 bila bapak tahu mohon info untuk dimana harus beli dan berapa kisaran harganya.?

Mobil juga tidak stasionernya, kadang stabil kadang tidak. Pernah disarankan untuk ganti karburator (katanya udah ngolet). Apakah masih ada yang jual untuk karburator itu saya mohon info untuk itu. Bagaimana bila tidak ada apa bisa di bandrek dengan yang lain. Untuk perubahan ini terasa bila saya habis bepergian ke daerah pegunungan ( misal.Ke Ketep?), berjalan agak lama (keluar kota) dan berjalan tanpa AC dinyala maupun AC nyala, perubahan itu tidak terasa. Kenapa ya ?

Demikian pak pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban dari bapak saya ucapkan terima kasih.

Jawab:

Anda mengalami dua gangguan pada Accord tahun 80. Bila melihat umur pakai sudah 25 tahun maka lazimlah ada bagian yang sudah aus. Tentang AC yang sering nyadat, apa yang dikatakan teman itu benar. Saya menyamakan pipa- pipa kecil yang berada dalam rangkaian evapurator seperti pipa-pipa leding air dalam rumah. Kalau penggunaannya sudah lama maka pipa tersebut akan kropos. Samahalnya yang terjadi pada evapurator AC tersebut. Pipa- pipa kecil yang ada di dalamnya sudah kropos, maka bila ada satu bagian yang diperbaiki maka bagian lain tak lama kemudian ikut bocor. Itu yang sedang anda alami, sehingga ketika perjalanan jauh, di pegunungan atau keluar kota dinginnya AC tidak banyak perubahan. Oleh karena itu, lebih bagus diganti saja evapuraor baru. Saya mencoba mencari informasi ke bengkel AC Pasifik di Semarang Indah (Telp: 76137480) dijelaskan bahwa kemungkinan ada. Di jelaskan pula bahwa evapurator ada 2 pabrikan, Sanden dan Denso harganya sekitar Rp 385.000 belum termasuk ongkos servis. Agar lebih pasti disarankan untuk dibawa ke bengkel.

Tentang mesin tidak mau stasioner, benar seperti apa yang anda katakan. Saya sering menyarankan kepada pemilik mobil lama (lebih dari 20 tahun), kalau mobil sudah boros, suka nyendal, tidak mau stasioner, lebih baik ganti saja karburatornya. Apalagi harga bensin semakin mahal. Kalau mau asli mesti pesan dulu ke dealer Honda, namun bila mau bandrek, maka perlu langsung bawa ke bengkel. Teknisi akan melihat dan mencocokan lubang dari karburator. Prinsipnya karburator yang diganti diambil dari mobil yang memiliki CC yang sama pula. Kalau diambil dari CC kecil dikawatirkan tenaga yang dihasilkan tidak sesuai aslinya.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix