03 Desember 2007

Setiap Tahun Ganti Pompa Oli.

Suara Merdeka Mei 2007

Salam kenal Mas Martin, saya suka baca tips dari Mas Martin karena sangat jelas dan gamblang.Sekarang saya juga ingin minta bantuan Mas Martin. Saya punya mobil Suzuki Carry th.95.Ada beberapa masalah yang saya ingin minta bantuan Mas Martin yaitu :

1. Apakah permasalahan mendasar dari Suzuki Carry terletak pada Oil Pump nya? Soalnya kok sering banget ganti, minimal setiap tahun sekali walaupun sudah diganti dengan produk yang original. Apakah itu normal?

2. Shockbreaker kanan (bawah tempat duduk pengemudi) kalau untuk melintas di jalan yang keriting berbunyi jedhok....jedhok.....saya bawa kebengkel katanya oli shock bocor dan sudah diganti tetap saja sama, kira - kira apanya ya Mas?

3. Kemudi tidak dapat lurus (menceng ke kanan 20 - 30 derajat) sehingga kalau memencet klakson kemudi harus diluruskan dulu kalua tidak klakson tidak mau bunyi,tetapi kalau diluruskan mobil akan oleng kekiri.Perbaikan yang sudah saya lakukan adalah Spooring dan Balancing,namun setiap selesai melakukan hal tersebut hanya bertahan 2 - 3 bulan sudah kembali lagi.Bengkel juga sudah pindah-pindah.

4. Mungkin Mas Martin punya pandangan bengkel yang bisa mengatasi permasalahan mobil saya tersebut yang ada di kota tempat tinggal saya. O ya saya tinggal di Kota Salatiga. Saya sangat berharap sekali bantuan dari Mas Martin karena saya sudah mulai berpikir kalau selama ini saya sudah kena tipu mekanik.Terima kasih atas bantuannya dan kepada Suara Merdeka semoga jaya selalu. Agus AW h3030t@yahoo.co.id Salatiga

Jawab: Pertanyaan ini baru bagi saya, tidak umum dan tidak pernah saya dengar sebelumnya, setiap tahun ganti pompa oli. Informasi dari Agus dealer Suzuki Semarang ia juga belum pernah mendengar apalagi mengalami hal serupa dan belum pernah mengerjakan di benghkelnya. Seperti pompa air di rumah, toh tidak secepat itu rusaknya, padahal penggeraknya pakai listrik dan lebih sering karena kabelnya terbakar. Apakah benar pak Agus AW, yang rusak pompa oli, mengingat harga sukup mahal.

Sok breker memang bisa menyebabkan bunyi seperti yang pak Agus alami. Kalau sudah ganti baru dan masih bunyi, coba periksa karet damper di bagian atas dan baut- baut. Tentang kemudi, ini soalnya kalau teknisi tidak teliti. Setelah melakukan spooring dan penyetelanan, umumnya pekerjaan itu mempengaruhi posisi roda kemudi. Mestinya teknisi melepas roda kemudi dan memasangkan kembali setelah posisi mobil lurus. Di Salatiga mestinya ada bengkel Suzuki yang mumpuni. Tapi bisa konsulatasi ke bengkel Nasmoco Salatiga siapa tahu mereka bisa membantu khususnya soal pompa oli yang mesti diganti setiap tahun.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix