Suara Merdeka Desember 2003
Saya mempunyai masalah dengan mobil saya Honda civic exelent th 81’ Pada start awal pagi hari tidak keluar asap putih tetapi sesaat kemudian mulai berasap putih; hal ini terjadi justru setelah saya lakukan pembersihan ruang bakar. Karena sebelumnya tidak demikian, cuma pada ujung pipa knalpotnya bergejaga hitam kering dan tidak tampak asapnya. Setelah dibersihkan selain berasap putih juga semua busi basah, dan oli setiap minggu ditambah 1 liter.
Saya tanyakan kebengkel yang membersihkan ruanggan bakar, katanya karena ring piston (sekher)nya lemah padahal saat dibongkar sekhernya digerakan degan tangan katanya tidak masalah. Saya tanyakan kebengkel yang lain katanya hanya karena sil klepnya yang harus ganti.
Yang saya tanyakan. Bagaimana membedakan asap putih karena ring sekher dengan silklep yang rusak? Kenapa selalu busi nomer 2 yang paling cepat mati? Apa pengaruhnya kalau tidak segerah diperbaiki Apa yang harus saya lakukan? Demikian pertanyaan saya terimah kasih Hormat kami Cahyono Edy Purnomo.Perum Perjuangan Asri Blok II no 3 Semarang.
Jawab:
Tidak perlu setiap kali membersihkan ruang bakar (ruang kompresi) harus diikuti dengan mengganti piston, ring piston, bearing (metal), klep atau seal klep. Akan tetapi, bila mesin sudah menunjukan gejala, tidak bertenaga, keluar asap putih, dan setiap 1000 km harus menambah 1 liter oli mesin maka hal ini bisa menjadi petunjuk untuk turun mesin. Bila mesin sudah dibongkar maka sebaiknya semua bagian yang aus diganti dengan komponen baru karena tak sampai terjadi pekerjaan ulangan..
Sebelum turun mesin, sebaiknya bengkel melakukan tes kompresi menggunakan alat tes kompresi untuk memastikan perlu tidaknya turun mesin. Kompresi rendah dibandingkan selinder lain bisa juga disebabkan oleh permukaan klep bocor maka perlu skur klep saja. Kasus yang dialami Anda, gas buang berasap putih setelah membersihkan ruang bakar bisa disebabkan oleh seal klep aus. Oli terisap keruang bakar saat langkah isap. Pertanyaan, mengapa ruang bakar dibersihkan dan apakah juga skur klep? Kalau juga skur klep bisa jadi penyebab asap putih dan oli boros adalah seal klep sudah aus.
Busi nomer dua basah menunjukan kompresi diselinder ini tak normal atau busi tersebut mati. Coba tukar dengan busi lain, kalau tetap basah maka dapat dipastikan ring pistonnya aus. Saran: Lakukan test kompresi. Kalau ditemukan tekanan kompresi sudah dibawah 9 kg/cm2, maka segeralah OH mesin. Kalau kompresi semua selinder masih diatas 9 kg/cm2, maka ganti seal klep saja. Sebelum ganti seal klep ukur bushing klep. Kalau lubangnya diluar toleransi, maka selain mengganti seal klep ganti juga bushing klep dengan yang baru.
13 Desember 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar