Suara Merdeka Oktober 2002.
Pak Martin, apakah mobil Daihatsu Zebra 1995 dapat dilengkapi dengan ABS. Apakah penambahan alat tersebut cukup bermafaat atau malah mubasir dan kira- kira berapa biayanya serta rumitkah untuk memasangnya? Apa untung dan ruginya menambah cairan octan booster pada bensin? Kaslasu hendask mencuci mobil, bagian apa saja yang tidak boleh kena air? Agus Widarto 081 5651 88XX.
Kalau dilihat dari Fax, nampaknya teman kita ini dari Hagabank Semarang. Terima kasih atas Fax Anda. Tentang ABS ceriteranya panjang, bisa diumpamakan seperti kondisi rumah. Kalau dirumah belum ada jaringan listrik PLN, maka perlatan seperti VCD, TV, Kulkas dan semua peralatan yang membutuhkan sumber tenaga listrik tidak bisa dimanfaatkan. ABS pada mobil adalah satu bagian yang ikut digerakan oleh ECU (Electronic Computer Unit).
Setelah mobil memiliki ECU, maka pada setiap roda harus ada sensor. Sensor melakukan tugas memberikan informasi tentang putaran roda ketika pengereman terjadi kepada ECU. Setelah dikelolah ECU, maka komputer memerintahkan kepada actuator, komponen mobil seperti pompa untuk mengirimkan/ mendistribusikan oli rem bertekanan, yang pasti berbeda- beda sesuai dengan kebutuhan setiap roda ke tiap-tiap roda. Inilah penjelasan singkat dan bila ingin memasangkan ABS kepada Zebra maka pekerjaan itu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Bila dilihat manfaatnya, jelas ada. Untuk menjaga agar mobil tidak slip sehingga berputar membalik arah ketika pengereman mendadak khususnya pada mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi dan pengereman mendadak. Cuman, keinginan untuk dipasangkan pada Zebra 95, pertanyaannya apakah cucuk?
Penambahan oktan booster, memang bermanfaat, karena dengan demikian oktan bahan bakar menjadi lebih tinggi. Kalau oktan bahan bakar tinggi, dan bila mesin distel sesuai dengan oktan tersebut, maka mesin menjadi lebih bertenaga dan jarak tempuh menjadi lebih jauh, singkatnya hal ini akan meningkatkan kenyamanan. Yang penting dikalkulasi, dibandingkan dengan jarak tempuh dan harga apakah bisa lebih hemat. Kerugiannya, biasanya octan booster ada kimia beracun yang menambah polusi udara yang kita hirup.
Kalau hendak mencuci mobil, bagian yang paling penting yang tidak boleh kena air artinya harus kering (kalau toh kena air asal bisa dikeringkan pakai kopresor) adalah, kabel- kabel tegangan tinggi disekitar koil, busi, kabel dan distibutor. Ada 3 sampai 4 kabel di koil, yang bisa terjadi sort (korsluiting), oleh karena itu tidak boleh ada air disekitarnya. Bagi mobil lama, dimana seal sudah rusak, distributor yang kena air bisa merepotkan. Karena bisa terjadi pengembunan didalamnya, oleh karena itu jangan menyemprotkan air langsung ke distributor (delko). Ujung kebel busi yang menyambung ke busi juga harus kering, bila tidak akan terjadi sort.
17 Desember 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar