28 Desember 2007

Menggalakan Mitsubhisi Kuda

Suara Merdeka Desember 2003

Saya awam dalam hal mobil dan baru beli Mitsubishi kuda diamond 1.6 bensin, pertanyaan saya adalah, misal kabel busi saya ganti dengan yang racing, terus busi saya ganti, apa boleh dilakukan? Apakah ada negative effectnya?

Lalu apabila saya ingin menambahkan motor-up ke dalam oli mesin, apakah boleh? dan kalau tidak dianjurkan kapan diperbolehkan?

Saya dengar dengan menggunakan Unichip dan piggybank(kalau saya tak salah tulis), bbm bisa lebih efisien dan tenaga lebih responsif, apakah benar?, dan apakah untuk kuda 1.6 dapat diinstall dengan unichip berikut piggybank, serta apakah dianjurkan dan tidak ada efek sampingnya???

Apakah ada gunanya mengisi angin pada ban dengan N2 dan menurut buku manual dianjurkan menggunakan bensin biasa/ leaded, tapi bolehkah menggunakan bbm pertamax dan pertamax plus???

Meter tempertur pada Kuda 1.6 cepat panas, sebentar saja sudah menunjukkan posisi setengah, perlukan mendinginkan mesin? Kemudian hal hal lain apa saja kiranya yang saya harus saya perhatikan agar mesin awet dan tetap halus? Antonie, steve_dyn@yahoo.com

Jawab: Kabel busi bawaan untuk penggunaan normal tidak untuk mobil racing. Oleh karena itu menurut Heru Rubianto, kepala bengkel Mitsubhisi di Jl Siliwangi Semarang:”bila ingin ”menggalakan” Kuda disarankan mengganti koil yang tegangannya lebih besar, kabel busi yang tahanan dan kualitas yang mumpuni dengan demkian apinya bisa lebih besar” artinya boleh- boleh saja.

Pertanyaan Anda tentang motor up, tidak dianjurkan untuk dicampukan ke oli mesin. Dikawatirkan campuran tersebut akan menurunkan kinerja oli mesin. Lebih disarankan menggunakan oli yang API service SI , SJ atau sesuai buku pemilik.

Apakah Unichip dan piggybank sebuah perangkat lunak komputer? Kalau benar harap menghubungi bengkel Mitsubhisi terdekat. Bila berupa campuran ke bahan bakar (BB) akan menaikan oktan, akibatnya gas buang lebih meracun. Kalau berupa komponen yang harus digandengkan dengan listrik (Aki) maka bisa jadi untuk memanaskan BB Keduanya membuat mobil lebih bertenaga.

Bagus menggunakan gas N2 (tanpa air), karena udara (H2O) dari kompresor biasa mengandung air dan hal itu mempercepat kerusakan pada jaringan ban. Kuda Anda boleh menggunakan bensin premium (bertibel) maupun pertamax (nontimbel). Lebih dianjurkan menggunakan beroktan sekitar 92 dan itu ada pada Pertamax. Menggunakan pertamax tenaga mesin akan lebih besar dan agar ekonomis pengapian distel ulang.

Kesan saya kondisi mesin mobil Anda baik, tak perlu dikawatiran soal meter temperatur. Karena menurut Heru Rebianto, indikator akan selalu menunjukan pada posisi tersebut ketika mesin mencapai temperatur kerja. Yang penting janganlah suatu ketika jarum menunjukan pada posisi yang tidak biasanya atau lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix