Suara Merdeka Maret 2003.
Saya suka membaca “Tips Oto” di Suara Merdeka hari Rabu. Ada banyak hal yang ingin saya sampaikan menyangkut mobil saya. Saya bekerja dengan mobilitas tinggi dan sengaja pilih Katana tahun 95, karena sering berada di lapangan yang kondisinya macam- macam.
Sekitar 6 bulan ini, setelah Switch temperatur diganti orang bengkel, suhu mesin jadi tidak normal. Lima belas menit mesin hidup, jarum meter temperatur mendekati garis tengah. Begitu AC dihidupkan jarum langsung melebihi garis tengah (3/4 skala meter). Kemudian water pump bocor, air reservoir setiap hari jok/nyaris kering.
Setelah waterpump diganti, kondisi air normal kembali. Bersamaan dengan itu radiator dikorok, teknisi sarankan kipas diganti daum yang lebih banyak, posisi daun didekatkan ke radiator. Cilinder kop sudah di slep. Semua pekerjaan sudah dilakukan akan tetapi temperatur tetap tinggi.
Saran bengkelpun bertambah: radiator minta diganti, cilinder kop ganti baru (Rp 4.500.000) Saya jadi bingung, mohon petunjuk dan rasannya. Terima kasih. Heru Chris Amr, Jl Jl Bukit Panjangan Asri. Blk I/17 Semarang Barat.
Wah, gawat. Anda datang ke dokter dan dokter menyarankan mecam- macam obat bahkan sampai operasi yang akhirnya membuat bingung, dan kehilangan kepercayaan pada dokter lalu kemudian mau kemana lagi?
Pertanyaan yang utama adalah, apakah hanya dengan mengganti switch temperatur Katana Anda menjadi demikian gawat? Sesungguhnya switch hanya petunjuk (Indikator/ worning) yang kan memberikan tanda kalau terjadi sesuatu yang tidak beres. Jadi switch temperator bukan sumber penyebab mesin panas.
Saya menduga mesin Katana tersebut memang panas, dan seharusnya tidak perlu mengganti switch. Mesin panas bisa karena kebocoran (seperti slang bocor, pompa, atau radiator). Seperti keterangan yang Anda tulis, bahwa setelah ganti water pump baru kondisi air normal kembali. Nah kalau radiator sudah di gorok tentunya masih bisa dipakai kembali. Biasanya tukang radiator mengatakan masih pantas atau tidak radiator tersebut di gunakan.
Saran saya, pertama karena selinder kop sudah dislep maka minta bengkel pasang doubel paking selinder kop, agar pebandingan kompresi menjadi lebih rendah. Biasanya setelah selinder kop dislep mesin menjadi lebih panas. Kedua pasangkan tambahan kipas listrik pada bagian depan dari radiator. Perhatikan, arah kipas, hembusan angin harus mengarah ke radiator. Anda sering berjalan perlahan dijalan yang kurang halus maka hembusan angin dari depan kurang kuat, sehingga pendinginan kurang normal. Oleh karena itu penambahan kipas listrik akan sangat membantu. Kipas yang ditambahakan tersebut juga memiliki kelebihan yaitu walaupun jalan macet putarannya selalu tinggi.
Keluhan Katana panas sering terjadi di kota- kota besar dimana terjadi jalan macet. Ketika itu putaran mesin rendah sehingga pendingan mesin tidak baik, apalagi ketika mobil tidak bergerak maka tidak ada angin dari depan untuk mendinginkan radiator..
Dari tahun pembuatan, mobil Anda seharusnya masih bagus. Kalau Anda sudah pakai lebih dari 6 bulan dan sekarang baru over panas, saya kira mobil tidak terawat dengan baik ketika di tangan Anda. Akan tetapi bila sejak bulan pertama Anda sudah mengeluh soal panas tersebut saya pikir ada yang tidak beres pada mesin mobil tersebut.. Coba dibawah ke bengkel resmi Suzuki, saya harap dengan demikian kebingungan Anda bisa berakhir.
21 Desember 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar