30 Desember 2007

Motor Mogok Setelah 1,5 Km

Tanya : Saya adalah memiliki sebuah sepeda motor buatan Cina. Setelah berjalan lebih kurang 8000 km (1 tahun), motor tersebut sering bermasalah yaitu, kalau sudah jalan sekitan 1.5 km tiba-tiba mati. Setelah distart bisa hidup lagi, namun beberapa saat kemudian mati lagi. Sudah saya bawa ke bengkel resminya dan dilakukan penyetelan mesin hingga penggantian karburator, problem tersebut tetap terjadi. Bagaimana mengatasi persoalan saya tersebut ?

Jawab : Gejalah seperti yang anda alami bukan saja terjadi pada motor buatan Cina, tapi berlaku juga pada semua motor. Ada beberapa faktor penyebab mogoknya sepeda motor anda tiap 15 km. Bisa karena mesin terlalu panas sehingga mesinnya macet (pistonnya sesak terharap selinder). Akan tetapi dari cerita anda, tampaknya panas mesin (over heating) bukan merupakan penyebab dari mogoknya motor anda mengingat motornya baru berjalan 15 km. Saya menduga penyebabnya adalah pada sistem bahan bakar. Bengkel telah mengganti karburator, jadi karburator menurut saya bukan sebagai penyebabnya.

Agust Budi Nugroho praktisi motor menjelaskan bahwa, penyebabnya ada pada suplai bahan bakar. Pada sepeda motor, sistem suplai bahan bakar tidak menggunakan pompa bahan bakar, melainkan mengandalkan aliran alami, yaitu bensin mengalir dari atas kebawa, berdasarkan beda ketinggian antara tangki bahan bakar dengan karburator. Kondisi sepeda motor anda layaknya seperti air mengalir tapi ada penghalangnya, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar. Namun jika sedotan tersebut kita goyang-goyangkan, maka air sedikit demi sedikit akan menetes. Demikian juga yang terjadi pada tangki bahan bakar sepeda motor anda. Bensin tidak mengalir dengan lancar, melainkan menetes sedikit demi sedikit sehingga kebutuhan bensin akan tidak mencukupi dan mengakibatkan mesin mati setelah beberapa saat hidup. Setelah mesin mati untuk beberapa saat, bensin akan menetes ke dalam karburator hingga memiliki jumlah yang cukup lagi untuk menghidupkan mesin dan bisa berjalan lebih kurang 15 km lagi, demikian seterusnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa bensin tidak lancar mengalir karena terhambat oleh kotoran atau kevakuman yang terjadi dalam tangki bahan bakar. Yang perlu anda lakukan adalah memeriksa tutup tangki bahan bakar motor anda. Pada seal / sekat karetnya anda beri lubang dengan menusuk menggunakan peniti atau jarum agar dalam tangki tersebut tidak terjadi kevakuman yang berlebihan sehingga aliran bensin bisa lancar kembali.

Anda bisa menguji dengan cara, ketika selang ke karburator di lepas lihatlah apakah bensin mengalir dengan lancar, kalau tidak lancar, coba buka tutup tangki. Kalau lancar maka penyebabnya tutup tangki. Kalau setelah tutup tangki dibuka, bensin tetap tidak mau mengalir berarti bisa jadi duduk keran tidak benar atau ada kotoran yang menyumbat, pada saringan bensin, atau selang salurannya.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix