Kedautan Rakyat 1989
Suatu ketika, bila Anda memutar kunci kontak ternyata motor starter bisa berputar seperti biasanya namun mesin tidak mau hidup. Berputarnya mesin itupun karena tenaga aki masih penuh. Beberapa kali sudah memutarkan kontak kearah start , namun mesin tetap tidak mau berputar. Kejadian seperti ini penyebabnya ada dua. Pertama, walaupun kontak sudah pada posisi start namun arus listrik tidak sampai ke platina. Kedua bisa jadi bensin habis atau ada masalah dengan karburator. (Pembahasan ini terbatas pada mesin yang masih menggunakan karburator dan platina).
Untuk mengetahui apakah sistim pengapian mesin berfungsi, Anda bisa lakukan pengujian sebagai berikut. Cabutlah kabel busi nomer ( 1) kemudian dekatkan pada blok mesin dengan jarak sekitar 1 cm. Bersamaan dengan itu kontak diputar pada posisi start. Ketika mesin berputar, seharusnya ada percikan api. Bila percikan api masih terjadi walaupun kabel busi sudah dijauhkan lebih dari 1 cm, kondisi itu membuktikan bahwa unjuk kerja platina dalam kondisi bagus. Bila terjadi sebaliknya, bahkan sudah didekatkan sampai 5 mm tidak menunjukan adanya percikan api, hal ini menunjukan ada masalah dengan platina atau jaringan system penyalaan mesin.
Mobil- mobil yang masih menggunakan system platina, rentang gangguan pada sistim penyalaan mesin khususnya pada platina. Sesunggunya mencari sumber penyebabnyapun tidaklah terlalu sulit, asal kita memiliki sedikit pengetahuan dan dilengkapi dengan alat untuk mencari sumber penyebabnya. Bisa menggunakan multi meter, bisa juga menggunakan sebuah test pen yang sudah diubah dan diganti dengan bolp kecil berkekuatan 12 V menjadi test pen.
Bila dari hasil pengujian menunjukan kabel busi nomer (1) tidak ada percikan api, maka sekarang gunakan testpen untuk menelusuri penyebabnya ke terminal nomer (5). Kancingkan salah satu ujung dari testpen ke blok mesin (karena disitu ada arus negative aki), sambil ujung yang lain disentuhkan pada kabel nomer (5). Ketika melakukan pengujian ini, kunci kontak pada posisi on. Bila diujung sini tidak ada arus aki, maka pencarian harus mundur lagi. Cari tempat sekring (fuse) yang bertulisan ignation . Lekatkan ujung kabel testpen pada salah satu baut yang ada pada body mobil dan kemudian ujung testpen disentuhkan pada kedua ujung sekring. Kedua ujung sekring harus mengeluarkan sinar, bila hanya satu yang bersinar, maka dapat dipastikan sekringnya sudah putus. Gantilah sekring yang baru, dan dapat dipastikan mobil dapat start dan normal kembali.
Selain sekring, masih ada penyebab lain yang membuat mesin tidak mau hidup. Hasil pengujian yang menunjukan kabel busi nomer satu tidak mengeluarkan percikan api bisa disebabkan oleh resistor yang ada pada koil sudah rusak. Untuk mengetahui apakah apakah resistor masih baik, letakan testpen pada lokasi nomer (5). Bila menunjukan sinar yang terang dan kemudian testpen diletakan pada posisi nomer (3) sinarnya suram, hal ini menandakan sudah perlu diganti. Kesulitan menghidupkan mesin pada pagi hari, sering kali disebabkan oleh bahagian ini. Untuk lebih memastikan apakah bagian ini sungguh sebagai penyebabnya, maka ambilah sepotong kabel lalu hubungan terminal nomer (5) dan terminal nomer (3), atau lepaskan terminal nomer (5) dan pindahkan ke terminal nomer (3). Bila mesin dapat hidup secara normal maka Anda tinggal mengganti resistor baru. Kebanyak mobil, kini memasangkan resistor langsung kedalam koil, maka pengetesan seperti ini tidak bisa dilakukan.
Mobil yang menggunakan platina, gangguan pengapian yang paling sering dialami adalah terjadinya penumpukan kotoran (tumpukan karbon) atau permukaan platina benjol tidak rata sehingga arus ke koil menjadi sangat kecil. Untuk memperbaiki kondisi ini, biasanya cukup dengan mengambil selembar kecil kertas pasir (amril) dan digosokan pada kedua permukaan platina tersebut, dengan cara meletakan amrir anatar kedua permukaan platina. Setelah permukaannya rata, pastikan bahwa permukaannya tidak ada pasir. Bila ada pasir maka arus tidak bisa sampai ke koil. Gunakan sepotong kain dan gosokan ke kedua permukaan platina tersebut.
Dengan memerikasa sekring, memeriksa resistor koil dan membersikan permukaan platina diharapkan mobil anda dapat normal kembali. Jangan menggunakan motor starter lebih dari 30 detik dan berulang kali, bila mesin tidak mau hidup. Karena akan menyebabkan kerusakan pada motor starter.
10 Desember 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar