08 Desember 2007

Menjawab Email Effan

----- Original Message -----
From: Effan Dwi Suseno
To: martin48@indosat.net.id
Sent: Monday, October 22, 2007 3:37 PM
Subject: Buku manual dan Servis

Selamat sore,
Setelah saya baca beberapa artikel dari kawan kawan di Blog anda.
Saya menjadi tertarik untuk lebih lanjut membaca dan memberikan saya pencerahan.
Saya baru membeli mobil seken Mitsubishi Lancer 1991, tetapi saya tidak mendapatkan buku manualnya. Pertanyaan saya: Dimanakah saya dapat membeli buku manual dan buku servis dari Mitsubishi Lancer 1991

Thanks and Best RegardsEffan Dwi Suseno, SHPurchasing ManagerPT.NB Indonesia effan@nbindonesia.com

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Manual book memang jarang disimpang oleh dealer, saran saya pakai saja merk lain, atau kalau Anda ada masalah yang spesifik, coba mengemukan untuk dibahas di blog saya. Buku manual umumnya satu sama lain merk sama, cuman bedanya ada pada audio sistim, aksesories. Maka bisa copi sedan berk lain, seperti Galan atau Soluna Corolla DX. Coba test dulu, pemakain bensinnya Lancer. Yang penting perhatikan perawatan berkalanya.
Salam hangat sayaMartin T Teiseran
Effan Dwi Suseno: Ketika saya sedang melaju di jalan tol, sudah dua kali tiba-tiba mesin langsung mati. Lampu indikator oli dan aki muncul di dashboard. Setelah saya tepikan, saya coba untuk stater tetapi tidak mau, hanya bunyi mesin berputar. Namun setelah saya diamkan kurang lebih 30 mnt, mobil dapat hidup kembali. Ini membuat saya bingung dan khawatir, karena mobil rencananya akan saya pakai untuk perjalanan dinas ke luar kota (Semarang). Pernah saya pacu sampai 140 km/jam. Sudah berulangkali saya bawa ke bengkel, dan hanya menghabiskan uang saja. Ada yang mengatakan saringan bensin kotor, tapi hasilnya nihil. Sekarang saya jadi bingung mesti diapakan mobil saya ini. effan@nbindonesia.com

Jawab: Coba periksa pengapian dan sekali lagi periksa saluran bahan bakar, saran saya mending dibawa ke bengkel resmi atau bengkel besar karena di sana ada peralatan inteligen tester yang bisa mendeteksi kerusakan. Khususnya untuk mengatahui tekanan pompa bahan bakarnya.

Effan D Suseno: Selamat Sore Boss...Setelah saya masukan ke bengkel resmi ternyata biang keroknya adalah motor pompa bensin yang tidak bekerja dengan baik. Bengkel resmi mematok harga sekitar 4 juta. Bisa bantu mencarikan alamat toko yang menjual motor pompa bensin yang harganya miring?
Menurut teknisi Mitsubishi, ketika mereka ujicoba (sebelum ganti), mesin dibiarkan menyala ditempat. Kurang lebih 10 menit mesin tiba tiba mati. Lalu mereka cek busi, koil (pengapian) ternyata arus besar dan ada percikan api alias bagus. lalu mereka mencabut selang bahan bakar, tidak keluar setetes pun). Wal hasil motor pompa nya tidak bekerja alias semaput.

Jawab: Nah ini ada titik terang. Sebelum ganti yang 4 juta, coba perbaiki pompa yang kurang waras itu. Perkiraaan saya ada kotoran yang mengganjal di dalam pompa. Pompanya ada di dalam tangki bensin bukan? Bisa juga dengan pegang pompa itu dan cari bekas di Asem Reges. Banyak mobil yang dibelah, atau ex Singapura. Siapa tahu bisa dapat yang tahun lebih baru, pasti harga miring. Paling mahal 1 juta. Tolong kabarin saya kalau sudah berhasil. Ini pemngalaman bagus....

Efaan: Saya sudah ganti motor pompa bensin. Dapet di Atrium Senen merek Denso harganya cuma Gopek (Rp.500.000). Biasalah, tawar menawar dengan alot, tapi berhasil. wekekek... ada kepuasan tersendiri bisa nawar dan berhasil.
Setelah diganti, diuji cobakan lagi kurang lebih 30 menit idle di tempat, tidak modar (mati). Berarti penyakitnya sudah sembuh, dan kemarin mobil sudah saya bawa pulang dari rumah sakit. Kata mekaniknya "berobat jalan" alias masih garansi jika ada masalah lagi dengan pompanya. Sekarang mobil dah tokcer tuh. Tengkiyu berat atas informasinya yg telah diberikan oleh Bung Martin.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix