08 Oktober 2007

Toyota Dominasi Segmen Sedan

Jakarta Sinar harapan– Sampai bulan Pebruari 2007, Toyota tetap memimpin pasar otomotif di negeri ini. Sejarah memimpin pasar otomotif terpanjang dalam sejarah, yakni sejak tahun 1987. Laporan yang ditulis Sinar Harapan menunjukan pada bulan Pebruari 2007, PT Toyota-Astra Motor (TAM) tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan penjualan total mencapai 8.507 unit atau pangsa pasar 33,8 persen, disusul Suzuki (14,7 persen) dan Honda (14,1 persen). Sementara itu, total pasar otomotif nasional encapai 23.812 unit atau turun 11 persen dari bulan sebelumnya.

Pada segmen sedan, Camry tetap menjadi market leader dengan penguasaan pangsa pasar jauh di atas pesaing-pesaingnya, yaitu 73,7 persen. Camry mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu 255 atau lebih dari empat kali lipat dari penjualan Januari. Dibandingkan dengan Accord 24 unit pada bulan yang sama.

Demikian pula pada Vios dan Corolla Altis yang terjual hampir empat kali jumlah penjualan sebelumnya. Pada Februari beberapa produk Toyota, menurut Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, memang mengalami peningkatan jumlah penjualan. Seperti Toyota Yaris yang terjual hampir tujuh kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu dengan total penjualan sebanyak 679 unit atau 29,3 persen pangsa pasar. Demikian pula dengan Fortuner 4x2 maupun 4x4.Soal peningkatan penjualan pasar sedan Toyota, menurut Johnny, tak lepas dari penjualan Vios yang mengalami kenaikan besar dan terjual 249 unit (25,3 persen pangsa pasar). Begitu pula pada Corolla Altis yang terjual 122 unit atau 23,3 persen pangsa pasar dan Camry dengan penjualan 255 unit dan mendominasi pasar medium sedan sebesar 73,7 persen di kelasnya.Pada pasar kendaraan 4x2, jumlah penjualan nasional adalah 16.282 unit, masih merupakan segmen terbesar dalam komposisi pasar otomotif nasional. Pada Februari Toyota mendominasi penjualan di segmen ini sebesar 43,1 persen pangsa pasar dengan jumlah 7.014 unit. Penjualan tersebut didukung oleh Avanza (3.941 unit atau 52,4 persen pangsa pasar), Kijang Innova (1.478 unit atau 69,5 persen pangsa pasar), dan Rush (848 unit). (tot) Sinar Harapan. 22 Maret 2007.

Penjualan Honda Melesat 14,1 Persen pada Februari 2007
Jakarta-PT Honda Prospect Motor (HPM) meraih angka penjualan nasional sebesar 3.350 unit dengan pangsa pasar 14,1 persen pada Februari 2007. Angka tersebut meningkat dibanding pangsa pasar Honda pada Januari yang tercatat sebesar 8,6 persen. Salah satu kontribusi terbesar diperoleh melalui penjualan All New CR-V pada Februari 2007.Model terbaru Honda itu berhasil memimpin penjualan di kelas medium SUV dengan peraihan pangsa pasar sebesar 48 persen di kelasnya. Sepanjang Februari 2007, generasi ke-3 Honda All New CR-V mencetak rekor penjualan bulanan tertinggi sejak diluncurkan di Indonesia pada 2000, dengan mencatat penjualan sebanyak 1.400 unit. Bersama dengan model sebelumnya maka secara total Honda CR-V pada 2007 ini telah mencatat penjualan sebesar 1.474 unit. “Dengan pencapaian penjualan yang signifikan dari All New CR-V, membuat kita yakin bahwa produk terbaru kali ini banyak diminati konsumen dan akan menjadi trend setter untuk kendaraan premium SUV,” komentar Jonfis Fandy, Sales & Marketing General Manager HPM.“Perubahan desain secara total yang menampilkan kemewahan SUV premium, mobil ini memang telah ditunggu-tunggu oleh konsumen di Indonesia. Kami harap performa penjualan ini akan terus meningkat di bulan-bulan mendatang,” tambahnya.Prestasi sebagai pemimpin pasar juga berhasil diraih Honda City di kelas mini sedan. Pada Februari 2007, sedan favorit masyarakat Indonesia yang hadir dengan varian mesin i-VTEC dan i-DSI ini terjual sebanyak 487 unit. Dengan demikian, Honda City telah mencatat angka penjualan total untuk tahun 2007 sebanyak 918 unit, dan merajai kelasnya dengan 63 persen pangsa pasar (nontaksi). Sedan Kecil Sementara itu, Honda juga menunjukkan kelasnya di pasaran sedan kecil. Hal ini terlihat dari angka penjualan mobil Honda Civic sebanyak 341 unit sepanjang bulan Februari, naik di bandingkan bulan Januari lalu yang terjual sebanyak 206 unit, dengan meraih angka penjualan total sebanyak 547 unit hingga bulan kedua di tahun 2007 ini, dengan market share sebesar 73 persen dan berhasil menjadi market leader di kelasnya. Honda Accord meraih angka penjualan sebanyak 24 unit pada bulan Februari ini. Jumlah tersebut menambah angka penjualan total tahun 2007 untuk Accord menjadi 89 unit, dengan perolehan 17 persen market share di kelas medium sedan.Dengan model-model sedannya, di bulan Februari Honda telah mencapai angka penjualan 852 unit sedan di seluruh wilayah Indonesia, atau sebanyak 1.554 unit di dua bulan pertama tahun 2007, dan menjadi market leader di kelas sedan dengan pangsa pasar sebesar 55 persen (nontaksi). Di kelas low MPV, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 1.079 unit sepanjang bulan Februari 2007. Dengan begitu total penjualan Honda Jazz sepanjang tahun 2007 tercatat sebanyak 2.548 unit, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 13 persen di kelasnya. (tot)

“Camry remained the top-selling passenger vehicle in 2006, according to Autodata Inc., selling nearly 450,000 units, an increase of nearly 4 percent compared with 2005. The Accord was second among passenger vehicles with 354,000, but its sales fell about 4 percent from 2005”.
CNN, January 07, 2007.
Still, according to an internal Toyota document reviewed by The Wall Street Journal, Toyota's North American production ratio, or 'NAP ratio,' will remain around 55 pct this year, 54 pct next year and 57 pct to 62 pct in 2009

Its chairman, Fujio Cho, has said the ratio ideally should reach as high as 75 pct. But rising imports have sent Toyota's North American production ratio slipping to 54 pct in 2006.
Industry analysts say the Japanese automaker benefited from its reputation for quality and fuel efficiency as gasoline prices sent consumers fleeing to cars from trucks and sport utility vehicles during much of the year.

Toyota's market share rose more than 2 percentage points, up from 13.3 percent at the end of last year. The company had its best year ever in 2006, with sales up 12.9 percent for the year at more than 2.5 million vehicles.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix