30 Oktober 2007

Ingin Menyewa Mobil

Kedaulatan Rakyat Desember 1996

Ignatius B M, Sayidan GM II/ 186 Yogyakarta 55121.
Bung Martin yth, saya tertarik dengan rubrik yang Anda asuh, berikut ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan.
1. Sering kali saya melihat bagian mesin dan karter baik mobil bensin maupun mobil diesel pada saat di cuci oleh saya, tampak kotor sekali. Kotoran itu menyerupai debuh yang melengket pada karter dan di sekitar mesin. Untuk membersihakn kotoran tersebut sangat sulit. Walaupun sudah menggunakan air panas, wings dan disemprot dengan air bertekanan tinggi tetap tidak berhasil. Sering kali harus menggunakan sikat khusus yang ukurannnya kecil dan menggunakan solar atau minyak tanah. Apa yang menyebabkan kotoran pada mesin tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

2. Sering kali saya melihat kebulan asap tebal hitam pekat yang
dikeluarkan dari knal pot bus- bus. Apa yang menyebabkan ?

3. Mengapa pada sepeda motor 2 tak, ring segernya cuma untuk
kompresi, tidak seperti pada mesin 4 tak?

4. Sering kali kalau menumpang bus patas, sandaran tempat duduk
sudah pada rusak, apa yang menyebabkan dan bagaimana cara memper­baikinya?

5. Saya bermaksud menyewa mobil untuk jarak lampung ke Malang. Hal- hal apa saja yang diperlukan untuk menyewa mobil tersebut khususnya agar tidak mengalami mogok walaupun di jalankan terus menerus selama beberapa jam di jalan dan dapat di jalankan dengan kecepatan yang cukup.

6. Apakah diwajibkan mencuci mobil setelah bepergian seharian ke pantai? Bagian mana saja yang perlu dicuci. Apakah perlu juga mengganti air radiatornya? Terima kasih atas jawabannya.

Jawab: Terima kasih kembali untuk Anda yang lengkap sekali dalam mengajukan pertanyaan. Anda termasuk pribadi yang teliti dan sangat hati- hati dalam mempersiapkan perjalanan. Tentunya tinda­kan Anda ini sangat membantu kelancaran perjalanan.

1. Keluhan atau kesulitan Anda mencuci mobil memang sering terja­di pada mobil lama yang tidak terawat dengan baik. Pada mobil- mobil lama biasanya paking, penahan oli baik tutup klep maupun paking di karter sudah mengeras atau rusak. Bagian bawa dari mobil khususnya pada mesin memang bia­sanya menjadi tempat timbunan oli. Paking atas, tempat klep yang bocor biasanya oli juga mengalir ke bagian bawah. Kalau pada mobil bensin oli juga bisa keluar dari delko dan dari sekitar busi. Untuk memperbaiki, Anda harus membawa mobil ke bengkel dan periksa dari mana oli tersebut. Demikian pula dengan paking pada karter. Kalau kebocoran kecil maka biasanya hanya ada rembesan oli, namun kalau sudah parah maka pada saat parkir ada oli yang menetes dari karter. Seal oli yang paling besar membocorkan oli adalah seal kruk as yang sudah rusak.

Kadang kala mungkin Anda tidak menjumpai adanya kebocoran oli, tetapi mesin tetap kotor. Hal itu biasanya disebabkan oleh kebiasan buruk orang menyemprot
kan oli pada mesin setelah mencuci. Debu akan dengan mudah mele­kat pada oli tersebut dan menyulitkan Anda mencuci. Selain itu oli yang mengenai bakel busi akan merusak kabel tersebut. Maka jangan sekali- kali menyemprotkan minyak apa saja ke ruang mesin.

2. Asap yang keluar dari bus- bus biasanya asap yang disebabkan oleh solar. Orang suka mengubah sendiri suplay solar ke injektor agar mobil lebih bertenaga, pada hal solar yang terlalu banyak tidak bisa terbakar habis dan keluar percuma ke alam bebas dan mengotori udara yang perlu kita hirup. Untuk mengatasi itu, maka boshpom (pompa injektor) harus di kalibrasi ulang di benhkel yang dilengkapi dengan mesin kalibrasi.

3. Pada motor dua tak, memang tidak dilengkapi dengan ring oli, karena motor 2 tak tidak menggunakan oli untuk pelumasan kruk as-nya. Oli untuk maksud tersebut sudah disuplay dari oli samping yang datang bersama bensin. Ring oli digunakan untuk menyapu oli yang naik dari karter ke dinding selinder. Dan karena mesin dua tak tidak ada oli karter maka tidak perlu ada ring oli.

4. Untuk memperbaiki sandaran kursi yang rusak, Anda harus mulai dari membongkar. Biasanya yang rusak adalah rampalnya gigi yang ada di dalamnya . Tidak sulit tetapi perlu ketelitian dan dise­diakan gigi yang baru.

5. Kalau Anda ingin menyewa mobil, yang penting jangan menyewa mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Karena biasanya mobil dengan umur seperti itu banyak bagian yang sudah aus. Setelah itu periksa apakah mobil itu tidak ada kebocoran oli di daerah mesin, versenelin dan gardan. Pastikan pula bahwa radia­tornya tidak bocor. Hal itu dapat Anda lihat waktu mobil di­parkir. Setelah itu coba mobil di jalankan dan perhatikan apakah meter- meternya bekerja secara normal. Mobil yang dijalankan di dalam kota dan ternyata normal, dipakai keluar kota juga tidak banyak gangguannya. Periksa pula permukaan ban, terutama ban ser­epnya, jangan yang gundul. Dan jangan lupa membawa pompa dan kunci- kunci.

Tanyakan pula apakah mobil tersbut menggunakan ban tubeless. Kalau bannya tubeless maka Anda harus menyiapkan alat penambal ban tubeless. Tidak perlu terlalu kwatir, karena biasan­ya mobil yang disewakan dalam perawatan yang baik, dan buatlah perjanjian agar disediakan mobil lain kalau terjadi mobil mogok. Buatlah perjanjian secara tertulis.

6. Kalau Anda habis bepergian ke pantai, apalagi mobil Anda melewati air laut, maka sangat dianjurkan mencuci. Cucilah semua bagian mobil, karena garam yang ada pada air laut sangat ganas menghancurkan body mobil. Air radiator tidak perlu diganti, karena tidak kemasukan air laut bukan?

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix