22 Oktober 2007

Beli CRV, Xtrail atau RAV4.

Suara Merdeka Juli 2005
Tanya: Saya ingin membeli mobil jenis SUV yang tangguh dan gagah dengan budget yang saya punya antara Rp.250-300 juta. Saya mohon bantuan saran Anda merek apa yang cocok untuk saya? Saya mempertimbangkan Honda CR-V 2.4, Nissan X-Trail dan Toyota RAV4. Saya mohon Anda dapat memberi informasi tentang kelebihan dan kekurangan ketiga mobil tersebut? Saran Anda sangat saya harapkan agar saya tidak salah pilih, sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. "firza" <f_112_za@plasa.com>

Jawab: Membeli mobil dengan mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit, memang harus berhati- hati, jadi bisa sesuai keinginan. Kalau memperhatikan syarat yang Anda berikan, tangguh dan gagah, saya hanya berpikir, dan membayangkan Hartop lama (82). Pasti Anda mengatakan yah itu sesuai. Karena sudah teruji, 22 tahun masih tampak gagah dan tangguh. Sekarang di tahun 2005, membandingkan ke tiga merk yang Anda ajukan tentu perlu membuka data (MM Juli 2005). Di lihat dari besarnya mesin maka RAV4 1794 CC kalah jauh dari CRV 2354 CC dan X Trail 2488 CC. Demikian pula tenaga mesin RAV4 123 tk, CRV 160 tk dan Xtrail 175 tk. Namun dari sisi harga RAV4 jauh lebih mahal, Rp 363 juta. CRV Rp 271 juta dan Xtrail Rp 285 juta. Teknologi mesin CRV lebih maju karena sudah dilengkapi dengan i-Vtec sedangkan Rav4 masih VVT-i dan X Trail DOHC saja. Maka dapat dilihat bahwa ketiganya memiliki keunggulan tersendiri. Sekarang kembali pada Anda, mana yang akan dipilih. Yang pasti jangan lepas dari keinginan Anda yaitu gagal dan tangguh. (saran lebih spesifik dikirim lewat email)

Tanya: Mohon informasi, mobil saya Zebra th 95 jenis Espass kadang secara mendadak jalannya tersendat-sendat. Saringan bensin sudah dibersihkan, dan sedikit ada perubahan tapi gangguan tsb belum hilang sama sekali. Mohon saran. Rgds, Ida FAriyani@maitland-smith.co.id

Jawab: Usia mobil bisa tua namun kalau terawat baik, maka ia tetap bisa memberikan servis tanpa mogok- mogok. Kalau penggunaan mobil ini sudah lebih dari 100.000 km, dan selama ini belum pernah mengganti saringan bensin, bisa jadi penyebabnya seperti yang Anda tulis yaitu di saringan bensin. Perlu diketahui saringan itu dibuat dari kertas khusu. Bila sidah lama dilalui bensin dan pertikel halus maka suatu saat membuat jalannya bensin tidak lancar. Maka coba ganti saringan bensin, bila sudah digunakan lebih dari 20.000 km. Ketika membersihkan saringan bensin, perhatikan apakah mengandung karat. Kalau ada disarankan membersihkan tangki bensin. Namun sebelumnya, tindakan pertama ganti saringan bensin.

Selain saringan bensin, coba perhatikan busi, kalau sudah aus dan kotor disarankan untuk mengganti baru. Karena usia pakai busi juga sekitar 20.000 km. Dua sumber penyebab mesin tersendat- sendat pada mobil bensin, pertama bensin terlambat dan kedua sistim pengapian terganggu. Coba mobil diparkir ditempat gelap. Setelah mesin dihidupkan, perhatikan apakah ada percikan api seperti kunang- kunang disetikar kabel busi. Kalau ada, disarankan untuk servis tune up.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix