28 November 2007

Siswa SMK Mau Buat Mesin Hidrogen

Suara Merdeka Juli 2005

BMW 318i thn 88. Bagaimana caranya bisa hemat bbm. Perawatan berkala yang murah, dan apakah benar setiap mengganti oli harus setting kembali? Satu lagi saya punya Timor DOHC 99, kenapa ac saya baru dingin mobil jalan (rpm 2000), kalau posisi mobil berhenti di lampu pengatur lalu lintas, ac tidak dingin. Lain lagi bila kondisi jalan macet cukup lama, maka kadang setir jadi berat, kopling keras, apa ya penyebabnya? Ganteng Imut wiwid_keren@yahoo.com.

Jawab:
Mobil di katakan hemat atau boror mesti dilihat dari sejak baru. Maksudnya kalau baru bensinnya 1 liter untuk 7 km, maka setelah pakai lama pasti sama seperti itu, bahkan ada kecenderungan lebih boros. Hal itu diakibatkan oleh ausnya bagian dari mesin. Ada juga memang sengaja dibuat hemat, namun itu membutuhkan penggantian alat atau stel ulang. Untuk mobil sistem EFI (injeksi) membutuhkan alat penyetel sistim komputernya. Penyetelan ini tidak mudah karena umumnya sudah distel pabrik dan di rakit dalam kotak tertutup yang tidak dapat dibuka. Sedangkan, untuk yang menggunakan karburator, biasanya jet (spuyer) diganti lebi kecil. Secara umum, resep membuat hemat adalah, menjaga RPM mesin selalu dibawa 3000. Sering membersihkan saringan udara, menjaga tekanan angin selalu 30-32 psi, kurangi penggunaan AC. Tentang setiap kali mengganti oli harus setting? Tolong ditanyakan apanya yang di setting, sepengetahuan penulis, tidak ada yang perlu di setting.

Mobil Timor yang tidak mau dingin AC-nya ketika RPM dibawa 2000 dan di lampu pengatur lalu lintas bisa terjadi pada semua mobil. Hal itu disebabkan oleh idel up tidak bekerja. Bisa datang ke bengkel AC agar diperiksa, perlu ganti baru atau bisa diperbaiki. Kalau mobil sudah dilengkapi power steering, maka coba perhatikan mungkin vanbetnya kendor. Bila menemukan ada basah, rembesan oli di sekitar bawa stir, mungkin minyak power stteringnya bocor. Coba periksa tangki minyaknya. Pertanyaan lain tentang kompling berat kalau sudah panas, coba stel free play di tambah. Kalau tetap masih keras maka kemungkinan plat kopling sudah tipis dan per clutch cover (blindes) tidak kenyal lagi.

Pertanyaan: 1. Mengapa pada mesin 3 silinder suara lebih kasar? 2. Apa saja syarat untuk merubah konstruksi mesin, soalnya saya punya rencana membuat mesin berbahan bakar air, yaitu dengan menguraikannya menjadi oksigen dan hidrogen. lalu, hidrogen itu yg dimasukkan ke combustion chamber. 3. Kalo bisa, rurik ini dilengakpi gambar dong biar lebih jelas. Terima kasih imam pujaya 3 mo 2/ smkn 7 semarang wormbug_id@yahoo.com

Selamat untuk Ananda yang memiliki rencana besar. Prinsipnya suara mesin bisa dihaluskan dengan memasangkan saringan (muffler) Mesin selinder semakin banyak semakin halus karena pembagian sudut crank shaft, sehingga mempengaruhi urutan letusan saat pembakaan dan karena selindernya lebih banyak maka isi setiap selinder juga lebih kecil. Bandingkan Mesin diesel 4 selinder 5000 cc dan mobil 6 selinder 2000 cc. Pasti suara mesin 6 selinder 2000 cc lebih halus.

Mesin Hidrogen sudah dijual di USA, saya gembira Ananda berencana mau membuat mesin itu, namun perlu kerja keras dan biaya yang besar. Hati- hati agar tidak terjadi bom hidrogen. Ananda juga pasti membutuhkan kompresor yang kuat agar bisa memampatkan hidrogen, dan peralatan pemisahan O dari H.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix