02 November 2007

Karburator Bisa Bikin Payah

Kedaulatan Rakyat Oktober 1996

Khoirudin S, Pagutan- Penggol, Nglipar Gunung Kidul - Yogyakarta 55852.
Bung Martin yang saya hormati, teman saya mempunyai mobil Mtitsu­bisi Colt Station tahun 1980. Mobil tersebut mempunyai beberapa masalah yang ingin saya tanyakan:

1. Mengapa karburator mobil tersebut cepat kotor, padahal sarin­gan sudah diganti baru?
2. Apa pengaruh karburator tersebut terhadap mesin mobil?
3. Saya dengar dari tetangga, sebaiknya karburator tersebut diatasi dengan STP. Apakah ada efek sampingan dengan menggunakan STP untuk karburator tersebut?
4. Mengapa mobil tersebut sukar dihidupkan? Bagaimana mengatasi permasyalahan mobil ini? Atas dijawabnya pertanyaan ini, saya ucapkan terima kasih.

Jawab: Lazimnya pada mobil berusia 16 tahun mengalami banyak gangguan. Ada bagian yang sudah aus akibat pergesekan material besi dengan besi, ada juga aus akibat pergesekan antara material baja dengan seal yang terbuat dari karet. Ada pula yang mengalami korosi, atau sering kita dengar kata karat. Umumnya karat yang tampak adalah karat pada body mobil sehingga dengan mudah kita bisa melihat dan mengatakan bodynya mulai karat, dan kemudian berusaha untuk memperbaiki body yang karat tersebut.Kasus yang menimpah obil teman Anda akibat karat juga, namun tidak tampak dari luar, karena yang mengalami karat adalah pelat tangki bensin. Tidak ada sumber penyebab lain karburator kotor, selain tangki yang sudah berkarat. Bukan bensin, karena yang diisi ke tangki mobil taman Anda sama juga untuk pemilik mobil yang lain.

Cara terbaik untuk mengatasi karburator yang kotor adalah dengan cara membersihkan tangki bensin tersebut dari karat. Pada mobil Colt T 120, membongkar dan memasangkan kembali tangki tidak sulit. Penting bagi Anda, pada saat membersihkan tangki jangan menggunakan air atau minyak tanah (minyak bakar). Sebaiknya menggunakan bensin saja. Tangki yang sudah dilepas, diisi dengan bensin dan kemudian di kocok berulang kali. Pada saat membersihkan Anda akan mendengar geseran lepasan karat yang ada di dalam tangki. Bersihkan sampai bunyi tersebut hilang. Cara yang dilakukan saat ini tidak efektif, karena sumber penyebab kotornya karburator tidak dihilangkan. Sekalipun sudah dibersihkan, sese­waktu tangki tersebut akan memproduksi karat lagi, mungkin tidak lama kemudian tangki tersebut bocor. Mungkin Anda akan mengatasi kebocoran tersebut dengan membawa tagki tiu ke tukang solder (tukang radiator), namun kalau sudah banyak tambalan maka sebaiknya diganti dengan tangki baru.

Karburator yang kotor jelas akan mempengaruhi kinerja mesin. Karburator yang dapat juga disama dengan paru- paru manusia tersebut kalau kotor, sama halnya dengan orang yang mengalami batuk pilek. Mesin dengan kondisi seperti ini jelas tidak bertenaga dan pincang, seperti orang yang kurang bertenaga, tidak bersemangat, karena saluran- saluran yang ada pada karburator bisa jadi tersumbat dengan partikel halus berwarna kuning tersebut. Dalam jangka waktu yang lama partikel yang ikut masuk keruang mesin akan ikut mempercepat keausan pada ring pistom dan selinder mesin. Namun bisanya karburator yang tersumbat dengan kotoran, memberikan dampak langsung pada pengemudi. Mesin yang kurang bertenaga, mendorong pengemudi untuk memperbaiki mobil tersebut.Pada dasarnya STP yang dianjurkan adalah bahan pembersih, karburator.

Dengan menggunakan cairan tersebut kotoran yang menyumbat saluran bensin dan udara yang ada di dalam karburator, terkikis, pada saat mesin di hidupkan. Cairan ini digunakan untuk membesihkan karburator, maka bisanya terbuat dari campuran yang beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Maka pada saat menggunakan cairan pembersih tersebut, mobil diparkir di halaman terbuka. Gas buangnya mengandung gas beracun dengan kadar tinggi. Kecil efek sampingan dari STP cleaner tersebut.

Namun yang penting, yang perlu dilakukan adalah mengatasi sumber penyebab kotoran tersebut.Pertanyaan Anda soal mesin sukar hidup, ada 3 hal utama. Pertama arus bensin harus lancar sampai di karburator dan karburator dalam kondisi baik. Kedua, sistem pengapian, mulai dari aki, koil, delko busi, platina dan kondensor harus dalam kondisi baik. Tidak cukup itu, saat penyalaan (pengapian) mesin juga harus tetap diukur dengan timing ligt. Dan ketiga, tentunya kompresi mesin harus baik pula. Kalau mesin yang kompresinya sudah rendah sulit dihidupkan, apalagi penyebab rendahnya kompre­si karena kebocoran pada katup/klep. Agar mesin dapat dihidupkan dengan gampang, ketiga hal harus dalam kondisi baik. Cobalah mesin mobil dihidupkan pada malam hari di tempat yang gelap. Perhatikan apakah ada kedipan- kedipan seperti kunang- kunang di ruang mesin. Gejala ini menunjukan, pembakaran di dalam selinder kurang baik.

Penyebabnya bisa karena busi mati, bisa juga karena permukaan klep yang kotor, sehingga kompresinya bocor. Ada juga mesin yang sudah berputar tetapi seperti ada reaksi, dan pada saat kunci kontak dilepas baru mesin hidup. Hal seperti ini biasanya terjadi pada mobil- mobil tua, karena terjadi keausan pada kunci kontak. Sangat dianjrkan agar mobil teman Anda di bawa ke bengkel untuk diopservasi. Pada bengkel- bengkel yang baik, ada peralatan untuk memeriksa bagian - bagian dari mobil. Pasti­kan bagian dari mobil dalam kondisi baik.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix