21 Maret 2008

Voltage Terlalu Tinggi

From: nurdin fahrudi

To: martin48@indosat.net.id

Sent: Sunday, October 07, 2007 10:14 AM

Subject: konsultasi

Salam Pak Martin.
Saya memiliki Kijang th 91, beberapa waktu ini mengalami masalah dimana bila digunakan perjalanan jauh ketika berhenti sesaat (parkir/isi bensin) kendaraan menjadi susah distarter lagi. Perlu dengan menginjak pedal gas agak dalam baru menyala, itupun mesin menjadi tidak stationer, bahkan apabila AC langsung dinyalakan mesin akan mati lagi. Saya sudah mengganti coil, platina, aki bahkan busi dengan yang baru. Sedangkan pada pagi hari ketika mobil pertama kali dinyalakan tidak mengalami masalah. Kira-kira apa yang perlu dilakukan? Oya, kijang saya tipe short, apa kiat yang bisa dilakukan untuk membuat suspensi menjadi lebih "lunak". Terimakasih sebelumnya.

Dari :

Nurdin Fahrudi
d/a Rembang Jateng

Selamat sore Pak Nurnin

Pertama kalau berhenti coba pegang koil, anget atau panas sampai tidak bisa di pegang. Kalau panas sampai tidak bisa di pegang coba ambil kain yang dibasakan air lalu kompres koil itu. Kalau sudah agak dingin coba start lagi. Kalau hidup saran saya ganti koil yang orisinil, yang ada resitor di dalamnya. Atau bisa juga pengisan voltagenya terlalu tinggi. Normal 12-14 volt.

Kedua coba periksa pompa bensin yang ada sebelum karburator. Atau coba copot selang yang ke karburator dan kemudian start mesin apakah ada bensin yang muncrat. Hati- hati jangan dekatkan ke busi.

From: nurdin fahrudi

Sent: Wednesday, March 12, 2008 5:10 PM

salam pak Martin,
coil sudah saya ganti dengan yang orisinil
toyota dengan adaya semacam resistor tambahan (kotak putih) di tempel di luar coil sendiri. setting kembali voltage di control voltagr sudah dilakukan juga. keluhan hilang selama lebih kurang 3 bulan. akan tetapi akhir-akhir ini kembali kambuh, dengan gejala hampir sama. ketika mobil menempuh perjalanan jauh (misal : rembang ke semarang) dengan ac nyala maka ketika mesin dimatikan (isi bensin, misalnya) maka mobil kembali susah distarter. juga ada keluhan lain ketika wiper saya nyalakan gerakannya menurut saya melemah, bahkan kemarin mati ditengah jalan dan ketika dari luar saya kembalikan wiper kembali jalan (lemah). klakson juga jadi kurang kenceng bunyinya. saya curiga dengan sistem kelistrikan di mobil saya. sebagai catatan, aki baru sekitar 5 bulan ganti. apa masalahnya di dinamo? mohon advis pak Martin. Terimakasih banyak sebelumnya.

From: Martin T Teiseran
To: nurdin fahrudi
Sent:
Wednesday, March 12, 2008 4:53:04 PM
Selamat pagi pak Nurdin

Ini masalah agak serius. Coba di test tegangan voltage nya. Waktu RPM mencapai 3000 - 4000 berapa Voltagenya. Saya menduga mengisiannya tidak baik. Mungkin tegangan pengisian terlalu tinggi dan terus mengisi akhirnya malah merusak aki. Tegangan yang normal 12.4 sampai 13.7 Volt. Kalau ada amper meter, coba ukur waktu stasioner tanpa menyalakan semua lampu dan AC, berapa Ampere? Kemudian hidupkan semua peralatan listrik dan ukur berapa Ampere. Ini penting untuk mengetahui altenatornya kuat tidak mensuplay arus aki untuk mobil ini. Tolong saya dikabarin kembali. Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id

Selamat siang PakMartin,
Advis sudah saya kerjakan, setup tegangan di 12,4 - 13,7 volt.
Heran saya, sekitar 3-4 bulan lalu saya sudah men-setup voltage di tegangan ini, tapi kenapa kemarin tegangannya naik seperti yang bapak curigai? Apa sudah perlu mengganti voltage regulator saya? Meskipun menurut montir nggak perlu diganti. Saat ini problem sementara tidak kambuh lagi. Semoga sudah baik.
Sekaligus saya konsul untuk grand civic saya, tahun 1991. Masalahnya .

1. kopling pada saat masuk gigi pertama saya rasakan semakin kasar atau tidak smooth lagi

2. bagasi terdengar berisik, grobok grobok. Sudah saya onderstell tapi tidak menyelesaikan masalah. Mohon advis atas problem tersebut. Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

Martin:

Kijangnya di perhatikan agas Valtagenya stabil. Soal Grand Civic,

1. Pertama coba stel freeply kopling, kalau juga tidak sembuh mungkin clutch cover dan plat kopling perlu diganti baru.

2. Wah kalau soal grobok grobok di bagasi, pertama bersihkan semua yang ada di bagasi, lalu coba masih ada bunyi tidak. Kalau masih ada bunyi, coba periksan dan kencangkan baut sokbreker, dan beberapa lengan di belakang. Atau stel gantingan tutup bagasi, mungkin terlalu kendor, sehingga tidak menekan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix