08 Maret 2008

Selinder hed kropos

----- Original Message -----

From: arif kurni

To: Martin T Teiseran

Sent: Sunday, January 13, 2008 8:00 PM

Subject: Re: air di reservoir radiator

Pak Martin yg terhormat,

Saya kembali mohon saran bapak. Saya pemiliki corolla SE 86 yang dulu pernah menanyakan tentang air radiator yg tiba-tiba habis. Saya pusing karena dalam jangka waktu satu bulan ini sejak Desember 07 - Januari 08 saya sudah bolak-balik ke bengkel sebanyak 4 kali. Pertama saya ke bengkel untuk menservis radiator mobil saya dan sudah dilakukan.

Hasilnya air di radiator tetap alias tidak berkurang dan mesin tidak over heat. Tetapi ketika saya pake ke Bandung (saya tinggal di Cirebon) pas di tanjakan Nyalindung temperatur mesin tiba-tiba naik, tapi ketika mesin dibuka air di tangki cadangan radiator tidak berkurang. Saya batalkan acara ke Bandung dan kembali ke Cirebon. Di bengkel setelah di cek ternyata switch temperatur kotor dan sudah tua sehingga diganti kemudian kabel listrik ke kipas pendingin dibersihkan.

Hasilnya temperatur mesin normal kembali dan saya sudah mencobanya ke tanjakan di Kuningan. Namun berapa hari kemudian ketika dalam perjalanan ke kantor dan macet, temperatur mesin kembali naik (lebih dari setengah dan hampir mencapai angka H - waktu itu saya tidak menggunakan AC). Setiba saya di kantor saya cek dan air di tangki cadangan radiator masih tetap. Saya kembali ke bengkel dan setelah diperiksa ternyata aliran listrik ke kipas pendingin mesin dan kipas AC lemah. Akhirnya oleh bengkel dipasang relay tambahan dan otomatis temperatur dimatikan.

Ditambahkan juga oleh pihak bengkel bahwa packing silinder kop sudah kena karena radiator terlihat mendidih ketika digas, disarankan untuk turun setengah mesin untuk ganti packing silinder kop. Tapi saya belum melakukan hal itu. Memang dengan dipasang relay tambahan mesin terlihat normal, namun ternyata ketika saya coba ke Indramayu, ketika mesin dimatikan setelah berjalan jauh jadi susah distarter dan mesin ndut-ndutan meskipun akhirnya bisa jalan juga. Perlu ditambahkan juga jarum RPM dalam keadaan stasioner bergoyang-goyang dan mesin jadi tidak enak. Temperatur mesin memang tidak naik lagi namun sulit distarter karena kipas mesin langsung menyala ketika kontak dalam posisi "on". Belum ketika berjalan dan pindah gigi seringkali mesin terasa lemah alisa mau mati. Saya pusing karena harus bolak balik ke bengkel lagi belum biaya yang dikeluarkan. Apakah dengan penggantian packing silinder kop akan mengembalikan mesin saya dalam posisi normal ? apakah otomatis kipas pendingin mesin sebaiknya di normalkan kembali ? apa yang harus saya lakukan ? saya mohon dengan sangat saran dari bapak Martin yang baik hati. Terimakasih sebelumnya dan mohon maaf jika surat saya ini kepanjangan.

Terimakasih Arif

Martin T Teiseran wrote:

Saya pernah pakai Corolla SE, senang karena ringan dan irit sekali. Soal mobil Anda yang suka kepansan:

Air di reservoar, biasanya diiisi tidak penuh, maksudnya ketika panas air mengalir ke reservoar sehingga tidak tumpah. Kalau penuh maka ketika panas air akan tumpah. Jadi mau tau sistim aliran air bekerja atau tidak. Tunggu sampai dingin dan mengamati apakah airnya kembali ke posisi semula ke reservoir seperti waktu sebelum jalan.

Saya sarankan kembalikan kondisi switch kipas angin ke kondisi normal. Artinya mesin panas baru kipas angin kerja. Karena kalau kontak on dan kipas langsung putar (pagi hari) maka tenaga aki banyak kesodot. Perkiraan saya switch pengatur kipasnya sudah rusak. Menambah relay tidak menyelesaikan masalah pokoknya, kecuali pakai kontak tambahan sehingga kalau star mesin kipas belum dikontak, begitu mesin hidup baru hidupkan kipas, tapi cara ini merepot yah..

Mesin hidup dan ada gelembung terlihat di lubang radiator karena pompa airnya berputar dan karena thermostatnya sudah dicopot. Untuk mengetahui apakah ada kebocoran kompresi terlihat ada minyak di tutup radiator. Kalau sudah terlanjur, maka mesinnya pincang. Kalau mau ganti paking sebaiknya cek kompresi dulu. Atau mau skur klep si boleh juga.

Saran saya coba, pinjamkan karburator dari mobil lain. SE usia 22 tahun kalau ganti karburator baru pasti bisa irit lagi. Mobil kalau sudah lama memang banyak yang mulai perlu di ganti pak. Masalaah akan teratasi kalau kita menemukan bengkel yang genah. Pak Arif tinggal dimana?

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
http://martin1948.blogspot.com

Terimakasih pak Martin atas sarannya,
Saya tinggal di Kota Cirebon pak Martin. Ternyata silinderkop saya sudah kena, ada sebagian yang kropos (berikut saya lampirkan gambarnya) jadi di "slep" lagi silinder kop itu. Terus beberapa komponen diganti seperti klep satu, dan beberapa komponen kecil lainnya.

Kipas masih tetap dilangsungkan (tidak pake switch), dan sekarang mobil saya sudah normal lagi serta tidak pincang. Tapi kemaren tanggal 9 Februari mesin saya kembali panas (temp naik hampir ke H) dan ketika saya lihat ternyata radiator rembes di bawah. Air radiator ternyata diam saja alias tidak muter. Saya coba pijit slang radiator yang besar yang ada di bawah dan saya panggil bengkel. Setelah usaha itu dilakukan mesin dingin kembali. Pihak bengkel menyarankan untuk menservis radiator.

Pada saat radiator diservis terlihat banyak rembesan di bawah dan di bagian atas radiator. Bengkel menyarankan agar radiator ini diganti total saja karena menjadi sumber masalah mesin mobil saya. Memang jarak antara servis yang lalu dengan yang sekarang hanya berselang kurang dari dua bulan saja. Ternyata harga radiator mahal Pak, sekitar 2 juta 750 ribu rupiah dan itupun bukan orisinil toyota. Untuk sementara saya bilang ke bengkel biarlah coba radiator diservis saja (ditambal dulu) untuk melihat apakah nantinya akan jebol lagi atau tidak. Sekarang setiap saya mengemudi mobil selalu was-was dan melirik ke arah temperatur mesin takut kalau-kalau naik lagi. Tapi jadinya gak tenang ya pak mengemudinya. Terpikir oleh saya untuk menjual mobil itu, namun kata bengkel mobil saya kondisi mesinnya masih sangat bagus hanya soal radiator saja dan belum tentu nantinya saya mendapatkan mobil dengan kondisi seperti punya saya yang sekarang.

Martin Wrote:

Syukurlah mobil Anda sudah bagus lagi, ini berkat bengkel yang cara bekerja bagus. Jadi membongkar bagian yang memang menjadi penyebab. Banyak pembaca yang mengalami hal seperti ini, khususnya mobil usia sekitar 20 tahunan.


Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix