06 Maret 2008

Awas Jazz Mogok Karena Banjir

----- Original Message -----

From: Sandra.Dewi@emerson.com

To: martin48@indosat.net.id

Sent: Wednesday, February 27, 2008 5:56 PM

Subject: Mohon saran honda jazz matic

Yth. Pak Martin,

Bapak, mobil saya Honda Jazz IDSI matic tahun 2006. Saya bekerja di Jakarta dan dalam musim penghujan ini mobil saya sering melewati genangan air meskipun tidak terlalu tinggi. Kemarin malam setelah melewati genangan air dalam kondisi jalan menurun ada gangguan pada mobil. Dalam kondisi tuas D, tiba-tiba mobil tidak bisa berjalan tapi mesin tetap hidup.

Tidak berapa lama kemudian mobil tidak bisa distarter lagi. Kemudian saya memanggil mobil derek dari asuransi dan mobil dimasukkan ke bengkel Honda terdekat. Menurut mereka ada gangguan dalam sistem transmisinya. Setelah direstart systemnya,mobil masih tidak bisa berjalan.

Pertanyaan saya, mohon sarannya kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang akan timbul dan apa yang harus saya tanyakan pada pihak bengkel

Terima kasih atas perhatiannya dan saran Bapak sangat saya harapkan

Best Regards,
Sandra Dewi

Martin wrote:

Mestinya mobil matik dibuat aman dari genangan air, apalagi hanya setinggi 10-20 cm. Karena beberapa kabel pengaturnya ada berada di sekitar transaxle (verseneling). Tetapi karena setiap hari melewati genangan air seperti kondisi Jakarta saat ini, saya pikir kemungkinan besar terjadi gangguan pada kabel kabel yang menggerakan klep pada transmisi matik atau CVT (sistem transmisi matik pada Jazz) semacam sensor. Saya berharap tidak ada masalah lain seperti mengimbas ke komputernya. Karena semua bagian mesin, juga transmisi matik di koordinasi juga oleh komputer. Pertanyaan saya apakah mesin masih bisa dihidupkan? Kalau sudah bisa hidup, maka kerewelan hanya pada transmisinya. Bengkel Honda pasti bisa mengatasinya. Besok pagi saya tanya ke teman di Honda yah....

Selamat pagi bu Sandra Dewi

Kalau mesin masih bisa hidup, dan setelah menggunakan HIM (Honda Interface Modul) semacam Inteligen Tester semua indikasi menunjukan baik, maka kemungkinan paling dekat adalah kualitas oli menurun. Karena kemasukan air. Saya tanya ke teknisi Honda, dia sarankan untuk pertama ganti dulu oli transmisinya, kedua kalau tidak berhasil maka kemungkinan mesti turun transmisi. Tetapi semuanya tergantung hasil pemeriksaan di bengkel Honda. Tolong kabarin saya, perkembangan perbaikannya.


From: Sandra.Dewi@emerson.com

Sent: Thursday, February 28, 2008 9:40 AM

Subject: RE: Mohon saran honda jazz matic

Selamat pagi pak Martin,

Terima kasih banyak atas masukannya, saya sangat menghargai bantuan Bapak.

Menurut pihak bengkel mesin masih bisa hidup, sistem komputer sudah direset tapi masih belum bisa jalan. Saya akan kabarin Bapak mengenai perkembangannya, hari ini saya belum menerima kabar dari pihak bengkel. Semoga transmisinya tidak bermasalah ya pak,soalnya katanya mahal

Best regards

Sandra

Martin wrote:

Saya berharap demikian juga, namun hemat saya hanya menyangkut kabel kabel saja. Karena kalau isi transmisi sih tahan terhadap air.

From: Sandra.Dewi@emerson.com

Saya mendapat kabar dari pihak bengkel Honda bahwa ada kabel sensor yang dimakan tikus sehingga terjadi korsluiting. Bagaimana yah pak untuk mengatasi kabel tidak digigit tukus.


Bu Sandra,

Sekarang masalah sudah ketemu yaitu ada kabel yang lecet dimakan tikus. Ini perlu di perhatikan serius. Sekarang masih untung hanya menyangkut sensor yang harganya murah. Tetapi kalau lain kali sampai kena ke komputer bisa belasan juta lho. Coba tanya Honda, dibagian mana dari mobil terjadi kabel yang lecet itu. Kata orang tua-tua tikus (sinona manis) tidak boleh di lawan, dikasarin, digalakin nanti malah lebih galak dan merusak. Tetapi di rumah saya, tikusnya saya kejar terus, pakai perangkap, lem dll. Gimana yah mengalahkan tikus? Coba tanyakkan ke pihak bengkel bagian apa yang diganti?

Sent: Friday, February 29, 2008 9:36 AM

Subject: RE: Mohon saran honda jazz matic

Pagi Pak Martin,

Terima kasih atas masukannya, mestinya saya perlu ke bengkel ya pak sebelum sparepartnya diganti? Menurut pihak bengkel sparepartnya tidak bisa diclaim karena penyebabnya adalah korsleting. Kemarin teman saya mengirimkan artikel yang katanya bersumber dari orang dalam Honda.

Menurut dia memang sering ada kebocoran pada panel2 body honda jazz, setelah membaca artikel tersebut saya jadi teringat, tatakan aki saya berkarat, apakah itu penyebabnya karena ada kebocoran? dan apakah itu bisa menjalar? Kemudian apakah yang harus saya lakukan untuk mengantisipasi karat tsb?

Terima kasih

Sandra

Sdr Sandra selamat sore

Kalau tidak sempat tidak usah lihat sendiri penggantian suku cadangnya, karena orang dealer Honda biasanya menjaga nama baik perusahaan. Di daearah tatakan aki, menurut hemat saya tidak ada kabel penting. Soal karat lebih berhubungan dengan plat body, jadi dibersihkan dan semprotkan saja anti karat yang seperti spray. Apa bisa emailkan saya artikel yang bu Sandra dapat?

Speedy saya hari ini tidak bisa pakai, katanya ada kabel yang putus antara Sumatera dengan Singapura. Google tidak bisa kerja. Sekarang saya pakai Indosat.

From: Sandra.Dewi@emerson.com

Sent: Wednesday, March 05, 2008 5:20 PM

Subject: RE:

Sore Pak Martin,

Tadi siang mobilnya baru saya ambil dari bengkel, biaya sparepartnya (pick up assy) IDR 688.000 dan biaya jasanya IDR 140.000. Lumayan ya pak hasil perbuatan si tikus :)

Saran dari mekanik, digantung kamper di shock-braker karena tikus tidak suka baunya.Silakan pengalaman saya dimasukkan ke blog Bapak sebagai referensi untuk yang lain.
Terima kasih banyak atas perhatiannya, keep in touch

Best Regards

Sandra

Lama juga yah, mobil nginap di bengkel Honda. Terima kasih sdr Sandra, ini pengalaman yang baik sekali untuk pemilik mobil lainnya untuk berhati-hati dengan tikus yang suka makan kabel-kabel. Di Semarang pernah ada kabel dari Lexus yang dimakan tikus, wah bikin puyeng juga. Untung belum sampai buat korsluiting karena waktu itu tidak musin banjir.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix