18 Maret 2008

Menjawab Soal Platina

From: nurdin fahrudi

Sent: Sunday, October 07, 2007 10:14 AM

Subject: konsultasi

Salam Pak Martin.
Saya memiliki Kijang th
91, beberapa waktu ini mengalami masalah dimana bila digunakan perjalanan jauh ketika berhenti sesaat (parkir/isi bensin) kendaraan menjadi susah distarter lagi. Perlu dengan menginjak pedal gas agak dalam baru menyala, itupun mesin menjadi tidak stationer, bahkan apabila AC langsung dinyalakan mesin akan mati lagi. Saya sudah mengganti coil, platina, aki bahkan busi dengan yang baru. Sedangkan pada pagi hari ketika mobil pertama kali dinyalakan tidak mengalami masalah. Kira-kira apa yang perlu dilakukan? Oya, kijang saya tipe short, apa kiat yang bisa dilakukan untuk membuat suspensi menjadi lebih "lunak". Terimakasih sebelumnya.

Dari : Nurdin Fahrudi d/a Rembang Jateng

From: Martin T Teiseran
To: nurdin fahrudi
Sent:
Wednesday, November 7, 2007 4:20:52 PM
Subject: Re: konsultasi

Pak Nurdin, apakah mobilnya sudah normal kembali? Biasanya penyebab dari mobil berhenti dan masih dalam kondisi panas distart tidak mau disebabkan oleh koilnya panas sehingga aki busi menjadi kecil. Oleh karena itu coba perhatikan apakah di dekat koil ada resistor, seperti batu gramik putih dan di dalamnya ada tahanan dari kawat nikel. Ini mesti ada, kalau tidak koil cepat panas dan platina cepat rusak. Lalu apakah waktu berhenti keluar aroma bensin yang kuat. Kalau ada aroma bensin tandanya karburator banjir. Mesti di stel pelampungnya.

Salam hangat saya
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
Kunjungi: http://martin1948.blogspot.com

----- Original Message -----

From: nurdin fahrudi

To: Martin T Teiseran

Sent: Wednesday, March 12, 2008 5:10 PM

Subject: Re: konsultasi

salam pak Martin,
coil sudah saya ganti dengan yang orisinil
toyota dengan adaya semacam resistor tambahan (kotak putih) di tempel di luar coil sendiri. setting kembali voltage di control voltagr sudah dilakukan juga. keluhan hilang selama lebih kurang 3 bulan. akan tetapi akhir-akhir ini kembali kambuh, dengan gejala hampir sama. ketika mobil menempuh perjalanan jauh (misal : rembang ke semarang) dengan ac nyala maka ketika mesin dimatikan (isi bensin, misalnya) maka mobil kembali susah distarter. juga ada keluhan lain ketika wiper saya nyalakan gerakannya menurut saya melemah, bahkan kemarin mati ditengah jalan dan ketika dari luar saya kembalikan wiper kembali jalan (lemah). klakson juga jadi kurang kenceng bunyinya. saya curiga dengan sistem kelistrikan di mobil saya. sebagai catatan, aki baru sekitar 5 bulan ganti. apa masalahnya di dinamo? mohon advis pak Martin. Terimakasih banyak sebelumnya.

Selamat pagi pak Nurdin

Ini masalah agak serius. coba di test tegangan pengisian ke aki dari altenator, pada saat RPM 3000 – 4000, dan lihat berapa Volt. Saya menduga mengisiannya tidak baik, mungkin tegangan pengisian terlalu tinggi, dan terus mengisi aki walau aki sudah penuh yang akhirnya malah merusak aki. Tegangan yang normal 12.4 sampai 13.7 Volt. Kalau ada amper meter, coba ukur waktu stasioner tanpa menyalakan semua lampu berapa Ampere. Lalu coba sekali lagi dengan menghidupkan semua peralatan listrik termasuk AC, berapa Ampere. Ini penting untuk mengetahui altenatornya kuat atau tidak mensuplay arus aki untuk mobil ini. Tolong saya dibalas kembali.

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix