05 Maret 2008

Mau Ganti Aki Baru

----- Original Message -----

From: Nugroho, Basuki (PTI-SOR)

To: martin.teiseran@yahoo.co.id

Sent: Saturday, March 01, 2008 5:36 PM

Subject: Accu Suzuki Escudo 1.6

Pak Martin –

Maaf sebelumnya perkenalkan nama saya basuki. Saya menemukan alamat email dari blog bapak di internet yang membahas masalah mobil mobil yang saya sering juga baca untuk menambah wawasan saya juga.

Domisili bapak di Semarang juga ya? Dulu saya di Semarang juga tinggal di Candilama. Saya sekarang kerja di Sulawesi Selatan di tambang sejak tahun 1999.

Ini pak- saya ingin belajar dari bapak masalah Aki. Mobil saya escudo 1.6 tahun thn 2004 saya beli baru bulan Jan 2005. Tahun lalu baru pertama kali saya ganti ACCU karena sudah 2 tahun. Info dari teman teman bengkel katanya ACCU mobil biasanya life timenya 2 tahun saja dan harus diganti baru (apa bener demikian pak ya?)

Nah semenjak ganti tahun lalu (baru 1 tahun) sekarang ACCU baru saya kok soak soak terus. Sering mobil tidak kuat di start spt ACCU saya drop. Padahal saya tidak ada modifikasi apa apa di ACCU dan mobil. Oya..memang ACCU saya ganti tidak sama dengan original ACCU dari Escudonya – saya naikkan ratenya ke Yuasa NS 60. kalau aslinya dari escudo dulu sptnya yang lebih kecilnya (saya lupa). Apakah ini pengaruh pak? Maksud saya kapasitas ACCU saya naikkan tidak sama lagi aslinya dulu.

· Apa yang mesti saya lakukan lagi kemarin sudah saya tambah air – tambah acid – di charge tapi masih juga mogok – sudah ke-8 kalinya ini.

· Akhirnya saya memutuskan baru akan beli ACCU lagi besok dng rate yang sama Yuasa NS 60. Nah supaya awet tahan lama , tip apa saja pak semenjak saya beli ACCU baru sampai di pasang di mobil? Apakah dicharge dulu atau di diamkan semalaman – karena banyak masukan dari bengkel yang bervariasi jadi saya ragu pilih mana yang tepatnya.

Terima kasih pak.

Salam Basuki

From: Martin T Teiseran [mailto:martin48@indosat.net.id]
Sent:
Saturday, March 01, 2008 8:05 PM
To: Nugroho, Basuki (PTI-SOR)
Subject: Re: Accu Suzuki Escudo 1.6

Hi selamat malam pak Basuki di Sulawesi, harap sehat waalfiat

Soal aki, walaupun jarang terjadi tetapi ada juga yang mengalami kejadian seperti itu, maksudnya akinya kurang beres. Aki paling penting ketika pertama mau memakai. Saya sarankan kalau pakai aki baru tebaiknya tunggu dulu sampai akinya dingin, baru pakai. Memang benar umur pakai aki itu 2 tahun normal dan maksimum 3 tahun. Kalau mau awet, setiap sore setelah pakai kepala aki dilepas dan pakai charger 12 V 5 A (cukup). Pernah ada sorang profesor di Solo, pakai aki pada sedan Moris sampai 6 tahun. Soal pakai aki lebih besar kapasitasnya tak soal, sama dengan di rumah kita naikan Watt PLN

Kalau sudah ganti aki baru, coba periksa tegangan alternator berapa Volt. Minta tolong bengkel untuk mengecek mengisian aki apakah, yang normal. 12 - 13.7 V. Setelah itu coba mesin mati, kontak di cabut. Salah satu kepala aki dilepas dan kemudian disenggolkan cepat. Apakah ada bunga api. Kalau ada dan bunyinya keras, perkiraan saya walau kontak sudah off aki masih jalan terus, bisa kaarena door lock. Namun kalau api lembut dan kecil ini bisa jadi untuk menghidupkan jam.

Saya ingin tanya, tidak kuatnya aki pada pagi hari atau sepnjang hari? Saya tunggu ........ mas Basuki

Salam hangat saya

----- Original Message -----

From: Nugroho, Basuki (PTI-SOR)

To: Martin T Teiseran

Sent: Saturday, March 01, 2008 8:12 PM

Subject: RE: Accu Suzuki Escudo 1.6

Thanks Pak Martin – lagi on line ya? Wah dibalas cepat soalnya..

Sekalian tanya juga nih Pak – jadi kalau accu baru sebelum dipasang – tunggunya minimal berapa jam supaya dingin pak ya? Soalnya dari bengkel seingat saya dulu – mereka malah setelah isi acid langsung dipasang di mobil dan langsung dipakai.

Baik nanti saya mintakan montik ukur voltage alternator sesuai rekomendasi bapak. Tapi kalau merk accu , paling bagus merk Yuasa ya pak?

Ini masalah aki di mobil saya sudah 1 bulan, tiap 2 hari mogok terus saya panggil montir di-charge, tambah air bisa jalan lagi..tapi 2-3 hari kemudian soak lagi sampai tidak bisa start sama sekali.

Tapi kalau utk klakson dan lampu rem/sen masih bisa terang.

Pak kalau mau melepas accu yang benar gimana sih? Apakah ada standardnya harus lepas terminal negative dulu baru positive atau sebaliknya ya? Atau sama saja sembarang?

nanti deh kalau saya cuti ke semarang saya maen ke tempat bapak sekalian nostalgia di kota semarang.

Regards,

Nugroho, Basuki

Superintendent Reliability Engineering and Support

PT International Nickel Indonesia

DP 41 Sorowako Site – South SulawesiIndonesia – 92984

Email : nugrohob@inco.com

Benar pak Basuki, aki waktu masih baru kalau diisi aki zur akan menjadi panas, jadi sebaiknya tunggu dulu sampai dingin baru pakai. Merk aki Yuasa juga baik. Saya biasanya pakai GS, kebetulan gampang dapatnya di Semarang. Saya pakai di VIOS sudah lebih dari 2 tahun. Memang kalau pakai di Escudo mesinnya lebih besar, sehingga kalau start lebih berat.

Cara lepas kepala aki yang benar, lepaskan plusnya lebih dulu. Karena kalau negatif lebih dulu nanti kunci bias menyentuh body dan akan korsluiting. Jadi maksudnya hanya sampai disitu.

Salam hangat saya
Email baru:
martin.teiseran@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix