24 Maret 2008

Bubyi Saat Starter Altis Matik

----- Original Message -----

From: Ananto Nugroho

To: martin.teiseran@yahoo.co.id

Sent: Sunday, March 02, 2008 10:44 AM

Subject: Bunyi saat starter dan akselerasi

Bung Martin,

Saya ingin mendapatkan saran dari anda tentang bunyi pada mobil saya. Mobil saya adalah Toyota Altis tahun 2002 menggunakan automatic transmission. Saya mendengar bunyi "nguk" dan kadang seperti bunyi gesekan pada saat:

1. Mobil distarter (bunyinya jarang)

2. Akselerasi dari gigi rendah misal gigi 1 ke 2; terutama saat menanjak (bunyinya lebih sering dan lebih panjang)

Namun juga bunyi tersebut tidak selalu ada, kadang ada kadang tidak ada tapi intensitasnya cukup sering, dalam sehari saya pasti mendengar bunyi itu beberapa kali.

Saya pernah bawa ke bengkel resmi dan pertama dicurigai keausan di sistem pengereman padahal rem baru diganti. Setelah dibersihkan dan diutak atik oleh montir namun bunyi tetap ada. Saya tadinya curiga transmisinya tapi menurut mereka normal. Minyak transmisi juga baru diganti.

Untuk memenuhi rasa penasaran saya, saya pernah juga bawa ke bengkel transmisi otomatik dan juga menurut mereka transimisinya normal. Mereka mengatakan ada kemungkinan bearingnya tapi biasanya kalau sudah aus bunyinya selalu ada, bukan yang muncul dan hilang seperti bunyi di mobil saya.

Saya bingung jadi ini masalahnya gimana? Kalau emang tidak ada yang aus kokk ada bunyi. Memang performa mesin tidak ada masalah, tapi bunyi tersebut cukup menggangu dan saya takut menjadi problem di kemudian hari.

Mohon sarannya dan terima kasih sebelumnya.

From: Martin T Teiseran [mailto:martin.teiseran@yahoo.co.id]
Sent:
Monday, March 03, 2008 4:34 PM

Pak Ananto Nugroho selamat sore

Ini amat sulit untuk saya. Kalau sudah masuk bengkel Toyota saya pikir ini tindakan yang paling tepat. Saya juga berpikir tidak pada transmisinya, tetapi saya curigai pada sistim menyambungan kabel. Coba kabel- kabel di sekitar transmisinya, dicabut dan kemudian ditancapkan kembali. Tetapi sekali lagi maaf, ini mudah dikatakan tetapi sulit menemukan. Karena yang bapak alami tidak terus menerus. Mestinya setelah menggunakan inteligen tester bisa menemukan, tetapi sekali lagi hanya sesekali ini yang sulit. Apakah bunyinya seperti ada benda yang saling bergesek. Bukan ketikan?

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id

Pak Martin,
Terima kasih banyak telah menyempatkan waktu untuk membalas imel saya. Pasti banyak imel yang harus dibalas.

Bunyinya bukan ketikan. Mungkin lebih mirip dengan bunyi pedal kopling yang kurang minyak. Tapi kadang agak panjang sesaat sebelum ganti gigi. Memang agak sulit untuk menemukannya. Bengkel tersebut sendiri minta waktu satu minggu kalau ingin menemukan asal bunyi tersebut. Masalahnya saya gunakan mobil itu ke kantor jadi kalau satu minggu tanpa mobil repot juga. Selama bukan sesuatu yang membahayakan untuk sementara saya biarkan saja.

Boleh saya bertanya satu hal lagi? Mobil saya juga ada bunyi gluduk2 di kaki2 mobil. Gejalanya sebagai berikut:

1. Tidak bunyi saat di jalan rusak
2. Bunyi di saat jalan bergelombang
3. Setir agak goyang ketika direm

Untuk mengatasi hal ini tindakan yang pernah diambil adalah:

1. Mengganti link stabiliser
2. Mengganti ball joint
3. Mengganti bushing arm
4. Mengganti karet stabiliser
5. Menambah gemuk long tie rod

Saya cukup frustasi dengan hal ini karena sudah banyak yang diganti tetapi tidak ada perubahan bahkan yang lebih menyebalkan semua penggantian diatas berdasarkan rekomendasi bengkel. Spooring sudah dilakukan.

Saya pernah ke bengkel resmi mereka mengatakan mungkin bearingnya tapi terus terang saya tidak begitu percaya karena setahu saya kalau bearing aus itu ada bunyi mendengung sedangkan ini tidak. Bengkel lain lagi mengatakan ini kemungkinan long tie rod atau rack steer.

Saya ingin mengganti bagian itu tapi saya takut bukan itu masalahnya mengingat sudah banyak uang saya keluar dan percuma. Mohon sarannya apakah benar ini long tie rod? Atau Rack steer? Atau yang lain?

Terima kasih sebelumnya.

Cheers, Ananto C. Nugroho

Catatan:

Masalah sdr Ananto C. Nugroho belum terlesaikan. Apakah ada teman pembaca blog ini pernah memiliki pengalaman seperti ini. Lalu bagaimana mengatasinya. Tahun 1992 saya pernah menggunakan Great Matic ke Jakarta. Musin sedang hujan, dan ketika melewati daerah genangan air, ada bunyi gesekan setelah itu hilang. Mobil tidak di apa apakan. Pikir saya ini ada kabel yang kena air dan sedikit kkorsluiting, nanti tidak hujan lagi tidak masalah........ bagaimana?

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix