19 Maret 2008

Mau Beli Mobil Kedua

From: - apta -

Sent: Thursday, January 17, 2008 12:15 PM

Subject: Bingung memilih mobil 2nd?

Yth Pak Martin,

Saya sangat tertarik dengan penjelasan2 anda di rubrik otomotif. Saya berencana membeli mobil 2nd dengan budget sekitar 50jt, dengan beberapa pilihan yaitu : Panther, Soluna dan Zebra. Ketiga2nya dengan pertimbangan hemat bahan bakar, karena saya pernah denger/baca rationya bisa 1:10. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan sbb:

- Kira2 dari ketiga mobil diatas mana yang paling hemat BBM, hemat perawatan, mudah & murah suku cadangnya dan kenyamanannya?

- Bagaimana kalo Soluna bekas taxi (blue bird) umur 5 th, harganya katanya sekitar 47 jt, apakah riskan kalo membeli mobil bekas taxi?

- Dengan budget diatas kalo pilih Panther mungkin akan dapat tahun sebelum 97. Info dari temen saya katanya kalo mobil 2 nd > 10 th tinggal dapet rusak2nya aja, harus siap2 ganti spare part ini itu-lah, turun mesin, dsb-nya.

Atas jawaban dan bantuannya saya ucapkan terimakasih banyak.

Salam,

Rahmat

On 1/17/08, Martin T Teiseran <martin.teiseran@yahoo.co.id> wrote:

Selamat sore pak Rahmat

Saya tidak tau mobil pertama Anda apa. Kalau sedan saya sarankan beli minibus. Kalau Minibus yang tentunya sekarang nomer 2 nya sedan.

Dari ketiga mobil kalau dilihat dari kenyamanan, maka saya pilih sedan Soluna. Akan tetapi kalau ditinjau dari harga yang paling murah adalah Sebra. Kalau ex Blue Bird 5 tahun, tahunnya sih masih muda. Tetapi kalau mesinnya setiap hari rata2 100 kmi, maka selama lima tahun sudah jalan 180.000 km. Untuk sedan mesin sih masih bagus lah. Saya dengar Soluna yang di jual ex taksi kilometernya mencapai 500.000 km. Kalau betul, maka mesinnya sudah capek dan harus siap bongkar mesin. Sekarang kalau jadi pilih sedan, pilihlah yang bodynya masih bagus. Kalau Zebra, nyaman juga, dan dengan uang 40 juta kita sudah dapat yang bagus. Tapi tidak nyaman, karena lama-lama mesin menjadi panas dan masuk ke ruang penumpang, karena mesin ada dibawa jok penumpang. Nah kalau Pantter, mesinnya ribut. Karena nantinya harga solar lebih mahal dari bensin, maha Panther tidak ekonomis lagi. Tambah lagi bunyi mesin keras, buat tidak nyaman. Dari ketiganya paling irit Soluna. Kalau saya sudah punya minibus maka mobil kedua saya sedan. Bagaimana?...

Salam hangat saya
http://martin1948.blogspot.com

From: - apta -

Sent: Friday, January 18, 2008 12:59 PM

Subject: Re: Bingung memilih mobil 2nd?

Pak Martin,

Makasih banyak informasinya. Saya sendiri sebetulnya belum punya mobil, cuma saat ini memang sering pakai mobil keluarga (sedan). Untuk Espass memang saya pernah coba memakai, bener yang dikatakan bapak, ruang penumpang cepat panas.

Kalo Soluna ex-taxi km-nya sudah > 500.000, apakah mesinya masih bagus?

Maaf, ttg solar akan lebih mahal dari bensin, apakah ini akan resmi kebijakan pemerintah? Karena saya dengar malah sebaliknya.

Terimakasih.

Salam,

Rh

Soal solar, di dunia memang harganya lebih mahal. Cuman tidak PD kalau terus pakai BBM disubsidi hha ha. Suatu saat pemerintah tidak kuat kasi subsidi. Selain itu mesin solar juga bunyinya kasar, tapi sebagai pemula bisa jugalah. Kalau Soluna sudah 500.000 km yah mesin sudah capeh, sebaiknya OH, kalau nantinya sudah boros bensin dan boros oli.

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
http://martin1948.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix