28 Maret 2008

Jangan Bersihkan Kaca Pakai Zat Asam

Suara Merdeka 26 Maret 2008

Mau tanya ni Pak. Saya pemakai Kijang Innova tahun 2005 akhir. Setelah mengalami musim hujan beberapa waktu lalu, kaca mobil saya noda seperti ada jamurnya. Maunya saya kaca mobil bersih lagi. Oleh beberapa teman saya disuruh beli obat pembersih kaca yang biasanya dipakai oleh salon mobil. Kemudian obat jamur kaca itu yang saya beli itu dan saya tuangkan ke permukaan kaca dan mencoba untuk membersihkan pakai kain lap. Setelah saya lakukan berulang kali, ternyata permukaan kaca tidak mau bersih malah sekarang permukaan kaca mobil saya berubah menjadi seperti kulit jeruk. Kalau saya mengemudikan mobil ini, pandangan saya menjadi tidak jelas bila melihat ke luar. Buram dan sangat menggangu, apalagi kalau kena air hujan atau sunar mobil dari depan. Walaupun sudah saya pakai air wiper berulang untuk membersihkan kaca tersebut, tetapi tetap tidak bisa pulih lagi. Yang saya mau tanya apakah kaca mobil saya masih bisa dikembalikan seperti semula? Apa saya pak Martin dan bagaimana caranya? Mohon bantuan anda. terima kasih. Densus Lukito denus_aja@hotmail.coml

Jawab:

Sdr Densus Lukito, anda sudah melakukan kekeliruan. Perlu diketahui bahwa, permukaan kaca ada semacam lapisan pelindung yang menjaga agar air tidak masuk ke pori pori kaca dan kemudian menimbulkan becak bercak. Penggunaan zat asam keras, yang juga kita kenal dengan aki zur (air keras) jelas sudah merusakan permukaan kaca, sehingga timbul bercak bercak seperti kulit jeruk. Pertanyaan anda mengatakan apakah masih bisa pulih, ya terpaksa saya jawab sudah tidak bisa pulih lagi, dengan kata lain yah mesti mengganti kaca baru.

Kalau lain kali mengalami kaca keluar bercak, saran saya cukup menggunakan sempo rambut, sabun mencuci tangan atau paling paling pakai rinso. Caranya, siram permukaan kaca dengan air, ambil kain basah dan beri sedikit rinso dan kemudian mengelap permukaaan kaca sampai bersih. Setelah itu cuci seluruh mobl.

Tidak disarankan setiap saat kaca mobil kotor lalu menggunakan asam pembersih kaca seperti yang umumnya digunakan di salon mobil. Karena perlakuan seperti itu akan menggerus pelindung permukaan kaca dan kemudian merusak kaca. Sama halnya kalau di di rumah, lantai rumah yang terbuat dari kramik atau closet, yang selalu dibersihkan menggunakan porstex maka lama kelamaan permukaan pelindungnya rusak dan akhirnya membuat permukaan kedua benda itu tidak bersih lagi atau lebih mudah melekat kotoran. Penggunaan pembersih ini di salon mobil pasti sudah ditawarkan, dicampurkan dengan air sehingga tidak sekeras yang anda pakai dan tidak sampai merusakan permukaan mobil.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix