26 Januari 2008

Xenia Mau Pasang Power Steering

Melalui email ini saya ingin menanyakan seputar mobil Xenia 1000 cc tahun 2003 saya; Saya berencana memasang power stering pada Xenia. Saya ditawari seharga Rp. 1.200.000- 1.500.000, mengingat mesin saya 1000cc dengan 3 cylinder apakah memungkinkan apabila saya pasangi power stering tersebut.

Xenia saya sekarang apabila direm setir akan bergetar, terutama pada kecepatan 60 Km/jam, kata bengkel onderstel karena karet bushing dan itu kelemahan xenia dan avanza, terutama pada yang belum terpasang power stering, apakah benar, jika benar bagaimana cara mengatasinya. Jika benar, memungkinkankah apabila Xenia saya velg saya ganti Ring 16-17, apakah kuat onderstelnya. Demikian pertanyaan saya, sebelumnya terima kasih pak Martin. Wismono Jl.Sumurboto I/26 Semarang wismono_sh_mkn@yahoo.com.sg

Jawab:

Mobil tanpa power steering memang kurang nyaman. Tentang Xenia anda tidak usah kawatir, karena Xenia baru ada yang ditawarkan menggunakan power steering, artinya mobil Xenia 1000 cc lama juga bisa saja di pasangkan power steering. Yang perlu di perhatikan adalah, gunakan power steering sistim rack & pinion dan setelah pasang amati bahwa tidak ada yang bocor.

Tentang stir bergetar ketika direm pada kecepatan 60 km/jam, bisa disebabkan oleh sistim pengereman. Piringan disc brake tidak rata sehingga ketika menginjak rem disc bergerak meliuk-liuk, biasanya dilepad dan di bubut. Bisa juga seperti yang anda tulis, karet- karet sudah aus, tetapi bukanlah kondisi mobil masih baru? . Bahwa ada kelemahan pada bushing Xenia maupun Avanza, tidak berlaku umum. Pengalaman saya selama ini, sebelum mencapai 100.000 km, biasanya karet- karet yang dimaksud masih baik. Kalau dipasang velk 16 atau ring 17, memang gagah, tapi apa tidak membuat Xenia anda semakin atos, keras? Selain itu bisa mempercepat kerusakan pada tie rod dan ball joint.

Tanya:

Mengapa 'wiper' mobil saya apabila digerakkan (waktu hujan ataupun test), timbul bunyi 'duk..duk..' (padahal seharusnya tidak berbunyi seperti itu), dan gerakan wiper sangat lambat dibanding mobil lainnya. Saya telah mengganti karet wiper yang baru, tetapi hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali. Mohon penjelasan akan hal tersebut! Agustinus Semarang.

Jawab: Bunyi duk- duk duk disebabkan oleh kelonggaran atau keausan. Ada engsel dengan bushing plastik di dalam sistim penggerak wiper berada di belakang panel yang sudah aus. Namun bisa dicoba dengan cara diberi pelumas dan mengencangkan bagian yang longgar. Mungkin dengan cara ini keluhan anda bisa teratasi. Putaran yang lamban disebabkan oleh motor wiper. Seperti kipas angin dengan beberapa tingkat kecepatan, mungkin pada mobil anda tidak ada fasilitas tersebut. Sejak semua sudah seperti itu, yah begitu. Ada kemungkinana di ubah oleh tukang dinamo.

Dengan mengganti karet wiper tidak akan mengatasi masalah duk- duk- duk. Penggantian karet wiper untuk mengatasi permukaan kaca yang tidak bersih setelah disapu karet wiper, seperti garis- garis atau buram- buram kerena minyak dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix