17 Januari 2008

Corolla Twin Cam Disling


Suara Merdeka 16 Januari 2008.
Tanya: Saya sering mengikuti kolom Bapak di Suara Merdeka. Melalui e-mail ini saya ingin konsultasi mengenai kondisi mobil saya. Begini Pak...mobil saya Toyota Corolla Twin Cam SE 1600 cc karbu tahun 1991. Setiap kunci kontak dimatikan, mesin tidak mau langsung mati, tapi cenderung tetep muter Pak. Ketika saya bawa ke bengkel, mekanik menyarankan untuk sekir klep karena kerak yang menempel di ruang bakar udah terlalu pekat sehingga ketika mesin panas, ruang bakar membara yang akan menyebabkan disling. Benarkah diagnosa ini Pak, dan kalau benar mungkin Bapak bisa merekomendasikan bengkel di Semarang atau Solo yang bagus untuk melakukan sekir klep. Terima kasih banyak Pak atas jawabannya. setia_aufa@yahoo.co.id Ahmad, Semarang.

Jawab: Pak Achmad selamat siang ada dua penyebab utama dari mesin tidak mau langsung mati, walaupun kunci kontak sudah dimatikan. Perntana, benar ada tumpukan arang di selinder head.

Namun sebelum sampai ke membersihkan selinder head, harus periksa lebih dahulu "fuel cut". Komponen yang berada pada karburator, dekat pada pipa pemasukan bensin dari tangki dan stel RPM menjdi standar, 800 sampai 900. Kalau kunci kontak dimatikan maka fuel cut akan memhentikan suplai bensin ke karburator. Fuel cut seperti klep yang menutup jalan bensin kalau kunci kontak pada posisi off. Atau ada karet ring kecil diujung jarum fuel cut sudah puutus atau rusak. Kalau langsung membongkar selinder kop, biayanya lebih mahal dan belum tentu itu.

Saya punya mobil great corolla th 95. komponen power steeringnya rusak. saya masukkan ke bengkel umum & kata montirnya yang rusak pada bagian bawah. ternyata setelah diperbaiki bukannya tambah baik malah tambah parah kerusakannya. sekarang bukan hanya bagian bawah yang rusak, tapi bagian atas (pompa) nya juga ikut rusak.Pertanyaan saya:

  1. Apakah penggunaan repair kit yang imitasi bisa menyebabkan kerusakan kembali pada sistem power steering?
  2. Apakah harga repair kit yang original memang sangat mahal? Setau saya repair kit itu hanya karet-karet biasa saja.
  3. Apa betul perbaikan power steering memakan biaya yang mahal?

fr_ipeh@yahoo.com Farra - Semarang

Benar sdr Farra, memperbaiki power stering butuh keahlian (teliti) dan harus ada alat khusus. Umumnya di bengkel luaran (kecil dan bukan dealer) tidak ada alat kusus tersebut.

  1. Tidak disarankan menggunakan kit imitasi, karena tidak ada jaminan cocok dan baik. Perlu di pertimbangkan pula, sekali ganti pakainya lebih dari 10 tahun. Sekali bongkar ongkosnya juga mahal, maka cari bengkel yang bisa memberi jaminan. Cukup 1 atau 2 minggu. Karena kalau 1-2 hari tidak bocor maka seterusnya tidak bocor.
  2. Harga repair kit orijinal tidak terlalu mahal.
  3. Saya menyarankan langsung saja ke bengkel khusus power stering.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix