12 Januari 2008

Suara berisik di sekitar box timing belt

Ketika melakukan pembicaraan pertelepon, saya dengar ada kecurigaan terhadap pompa oli. Ini masuk akal. Akan tetapi sebelum mengganti pompa coba ketika mesin panas dan mengeluar bunyi beri sejumlah oli ke komponen penekaln klep yang berada diatas blok mesin. Buka tutup yang biasanya dipakai untuk mengisi oli. Semprotan sejumlah oli. Bila oli tidak naik, tidak lancar sampai ke komponen ini karena pompa oli kurang baik, maka setelah mendapat sejumlah oli maka bunyi pasti akan berkurang.

----- Original Message -----

From: yadi soepriadi

To: martin.teiseran@yahoo.co.id

Sent: Wednesday, January 02, 2008 4:40 PM

Subject: suara berisik di sekitar box timing belt

Dear Pak Martin,

Saya pengguna suzuki carry th 93 permasalahannya cukup bingung ada suara berisik seperti plat seng beradu, ini terjadi sewaktu mesin sudah dalam keadaan normal.

  1. sudah diganti bearing stationer timing belt.(suara masih terdengar)
  2. ganti bering dinamo charger ( masih terdengar)
  3. ganti Timing belt ( sempat normal kemudian terdengar lagi)
  4. stel klep dan teming belt ulang ( sempat suara mesin normal tak lama kemudian terdengar lagi)
  5. cek Water pum dalam keadaan normal (water pum di lepas tidak diputar oleh V belt suara tetap ada)

sudah beberapa kali ke bengkel sampai ganti bengbel,keluar dari bengkel untuk beberapa saat normal "OK" tp kemudian kumat lagi penyakitnya.

Tolong untuk solusi dan pendapatnya tentang masalah saya ini. Thank's

Br, yadi

Pak Yadi

Repot yah, kalau begini. Coba periksa penahan aki, jangan jangan bagian itu yang kendor. Kemudian pakai sabun yang tusukan pada ujung lidi. Dekatkan ke V belt, apakah masih bunyi. Kalau hilang yang penyebabnya ada di V Belt. Tapi kalau masih bunyi. Coba lepaskan satu persatu V belt. Lalu mesin di hidupkan. Mulai dari lepaskan V belt altenator, lalu pompa oli dan terakhir AC, atau juga ada pompa power stering. Maksudnya untuk memastikan mana yang menjadi penyebabnya. Dalam melakukan ini sebaiknya kerja sama denga teknisi senior dan jangan lama-lama, nanti mesin kepanasan.

Salam hangat saya

Martin Teiseran

----- Original Message -----

From: yadi soepriadi

To: martin.teiseran@yahoo.co.id

Sent: Friday, January 04, 2008 1:41 PM

Subject: Gir puley timing belt

Dear pak Martin,

Terimakasih atas solusi dan imformasinya. untuk tahapan pembukaan satu persatu yang berhubungan dengan V belt sudah dilakukan oleh mekanik bengkel dan itu masih tetap terdengar.pernah ganti Timing belt baru dan suara halus nyaris tak terdengar......tapi salang dua hari kemudian ada lagi tuh suaranya. yang jadi penasaran saya apakah Puley Gir timing Belt yang di dalam bok Timing Belt perlu diganti juga (dilihat gigi-giginya sudah mengkilap).Brpengaruh gak?

dan satu lagi pak Martin,kenapa di putaran 700rpm langsam(Netral tidak pake AC) mesin tersendat-sendat rpm pun naik turun gak konstan.apakh kaburatornya rusak?dan berapa stelan putaran stationer di karburator.kondisi sekarang 3 putaran berlawanan putaran jam,kondisi pengapian busi di cek merah bata, Tolong pendapatnya,mohon maaf atas kelancangan saya untuk minta bantuannya soalnya saya hobi denagan otomotif apa lagi dengan mesin...

Br, yds

Pak Yadi, saya lupa apakah sudah menjawab masalah anda ini? Tapi baiklah, saya teruskan saja menjawab. Kalau proses perbaikan sudah dilakukan dan masih ada bunyi lagi jangan-jangan bearing penekan di dalam timing beltlah penyebabnya, atau waktu ganti sudah sekalian ganti? Atau pin pada pully timing belt sudah aus. Jadi kalau gigi itu dibutas ada yang kendor, tentunya mesti buka vober timing beltnya. Kalau giginya mengkilap tidak berpengaruh. Soal mesin tidak lansam pada putaran 700, coba naikan saja ke 900.

Salam hangat saya

Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix