01 Januari 2008

Toyota Tops in Retention (Unit sales)

J.D. Power and Associates Reports: Toyota Tops in Retention (Unit sales)

Tahun 2007. Toyota menduduki posisi terhormat, nomer satu untuk SSI, nasional, regional maupun internasional. December 6, 2007. Hasil terbaru penelitian JD Power menyebutkan bahwa Toyota sekali lagi menduduki puncak rangking dunia, kategori customer yang melakukan pembelian berulang. Mengalahkan berbagai merk terkenal di dunia, seperti Honda, BMW, DaimlerChrysler, GM dan Ford . ”Customer retention may become even more important to automakers in the coming years, as new-vehicle sales between 2007 and 2014 are expected to increase by only 8 percent, or about 1.2 million units” demikian sebuah hasil study J.D Power. Study ini semakin menjelaskan kepada kita bahwa pelanggan menempati posisi istimewa dalam bisnis Toyota. Kini konsistensi pelayanan baik yang dilakukan selama ini, sudah membuahkan hasil. Hebatnya pula Toyota memetik hasil berulang kali dan mengalami multi play effect. Service dan pelayanan penjualan yang ramah, sikap mau membantu kepada pelanggan membuat customer merasakan pengalaman yang mengesankan sehingga ia mau kembali untuk membeli Toyota.

“Banyak perusahaan tidak menyadari betapa petingnya dan menjaga konsistensi dan image pelayanan yang baik. Karena hal itu akan berdampak pada kualitas dealer yang pada akhirnya meningkatkan penjualan” ujar Dennis Keene independent marketing consultant

Laporan terbaru itu menyebutkan bahwa Toyota memiliki 65 % customer yang loyal dan setia melakukan trade in untuk mendapatkan mobil baru dari Toyota. Demikian pula Lexus mobil mewah Toyota, menduduki posisi nomer dua dengan nilai 63%.

A new report out this week from J.D. Power shows that Toyota is the No. 1 brand for customer loyalty, with 65% of respondents saying they'd trade in an old Toyota for a new one. Its Lexus luxury division came in second, at 63% The American brand with the most loyalty? GM, with 53% (the industry average was 49%)” tulis Business Weeks yang nyata nyata membandingkan kinerja GM dengan Toyota.

Dec 11 6:50 am U.S. Eastern time, kantor berita Reuters melaporkan dari TOYOTA CITY, Japan. Presiden Toyota Watanabe mengumumkan bahwa mulai dari tahun depan Toyota bisa menghemat $2.7 miliard dari berbagai sektor setelah melakukan perbaikan dan percepatan (Kaizen). Its president said today, as the world's biggest carmaker seeks to offset rising commodity and development costs.
"We would expect to exceed what we've done under the previous plan," Katsuaki Watanabe told Reuters in an interview at the company's.

Kemenangan ini menurut Detroit senior correspondent David Kiley, disebabkan oleh karena Toyota memiliki product yang solit dan berkualitas unggul, handal, nyaman dikombinasikan dengan kepastian pemberkenalkan product baru, dan secara konsisten melakukan publikasi serta advertising. Hal ini membuat pelanggan selalu teringat dan kembali ke Toyota untuk sebuah transaksi baru. Dampaknya sangatlah jelas, di bulan Nopember ketika GM menyusut 11% dari pejualan November '06, Chrysler turun 2.1% dan Ford tidak bergerak Toyota justeru tumbuh.

Dalam lima tahun terakhir JD Power mengamati prilaku pembeli mobil baru. Dibandingkan dengan tahun 2006 Toyota (64.6%) ada peningkatan prosentasi jumlah pembeli mobil baru menjadi 65%. Toyota’s high customer retention rate is particularly notable, considering that new-vehicle sales have declined in the past year,” said Neal Oddes, director J.D. Power and Associates. “Toyota konsisten memelihara nilai retention rates tinggi, dengan cara menjaga kualitas mobil dan kualitas jaringan service untuk kepuasan pelanggan sehingga terjadi berita dari mulut ke mulut memberikan rekomenadasi kepada pembeli baru Toyota” lanjut Oddes.

Ia meramalkan, tujuh tahun ke depan persaingan sangat ketat untuk memperebutkan calon pembeli mobil baru. Untuk itu setiap merk perlu sekuat kemampuannya untuk meningkatkan atau paling tiidak mempertahankan market share. Pembiayaan untuk mempertahankan customer loyal akan meningkat 4 kali dan focus pada customer retention menjadi sangat penting, lanjut Oddes. JD Power ketika menentukan rangking customer loyal 2007 ini melibatkan 169,017 membeli baru dan 101,860 membeli ulangan.

Mengenai J.D. Power: Berkantor pusat di Westlake Village, Calif. J.D. Power dan Associates, bergerak dalam global marketing information, market research, forecasting, performance improvement, training and customer satisfaction. Hasil kerjanya banyak dipakai sebagai referensi berbagai usaha, mulai dari car reviews and ratings, car insurance, health insurance, sampai kepada cell phone ratings. J.D. Power merupakan salah satu unit usaha dari McGraw-Hill Companies, yang didirikan pada tahun 1888. Memiliki 280 kantor di 40 negara dan omsetnya pada tahun 2006 senilai US $ 6,3 miliard (Martin Teiseran, dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix