23 Januari 2008

Suzuki Esteem 93 Tersendat

Suara Merdeka September 2006.
Tanya: Saya punya Suzuki Esteem 93. Pertama, kendalanya, kalau sedang jalan dan RPM mesin rendah maka ketika gasnya ditekan mobil bergerak seperti telat bensin/ tersendat-sendat. Sudah saya bawa kr bengkel untuk di tune-up dan bahkan sudah mengganti busi akan tetapi tetap mkasih tersendat-sendat/tidak ada perubahannya sama sekali. Kedua pada mobil ini, switch untuk kipas pendingin kadang- kadang bekerjanya telat, sehingga kipas tidak berputar. Akibatnya temperatur mesin naik. Ketika temperatur tinggi tinggi baru kipas mau memutar. Padahal switchnya telah diganti dengan yang baru. Pertanyaan: Gangguan tersebut. pada apa dan bagaimana solusinya Fajar Hardoyono fajar_ugm99@hotmail.com

Jawab: Nampaknya Suzuki Anda masih menggunakan karburator dan mobil dengan masa pemakaiannya selama itu umumnya penyebab ada pada karburator. Di dalam karburator ada saluran- saluran udara dan bensin serta beberapa spuyer. Spuyer adalah penyumbat yang pada ujungnya ada lubang kecil untuk dilewati bensin.

Bila saluran udara terhambat akibat tertutup oleh debu yang masuk lewat saringan udara maka jumlah udara yang dibutuhkan menjadi tidak seimbang dengan banyaknya bensin. Demikian pula dengan bensin. Saluran bensin yang tersumbat endapan kotoran dari bensin menyebabkan sejumlah bensin yang seharusnya masuk ke mesin tidak terjadi.
Demikian pula, ada lebih dari 4 spuyer kecil yang lubangnya antara 0.4 sampai 1.6 mm. Kalau diameter lubangnya tidak sesuai standar maka bisa menjadi penyebabkan mesin tersendat- sendat seperti yang anda alami. Untuk mengatasi masalah itu biasanya teknisi mengover houl (membongkar dan membersihkan) setelah merendam karburator memakai tinner atau bahan kimia perontok endapan lainnya. Biasanya setelah OH dan melakukan menyetelan ulang karburator maka keluhan seperti yang anda alami bisa teratasi.

Bila usaha itu tidak membawakan hasil maka saya sarankan untuk mengganti karburator. Namun karena harga karburator cukup mahal maka coba pinjamkan karburator dari mobil lain agar penggantian itu membawa hasil yang optimal. Carilah bengkel yang bisa menjamin bahwa setelah mengganti karburator keluhan anda bisa teratasi.
Sebelum melakukan penggantian karburator lakukan terlebih dahulu proses pembersihan karburator menggunakan karburator cleaner. Pekerjaan ini sebaiknya di lakukan oleh teknisi bengkel. Setelah itu coba RPM mesin distel sesuai standar, khususnya ketika AC dihidupkan RPM sekitar 1.000.

Tentang temperatur mesin yang naik turun dan kipas elektronik terlambat berputar. Penyebabnya kemungkinan ada pada kipas di depan radiator. Coba kipas diputar dengan tangan, tidak boleh berat. Kalau seret kemungkinan as sudah kotor dan perlu di bersihkan. Kemungkinan lain adalah bras (arang) dalam motor sudah pendek.

2 komentar:

mulyana mengatakan...

saya punya esteem '93 1600cc.kalau sehabis rpm rendah lalu di gas agak brebet.dan akan lebih parah ketika ac dihidupkan.sudah coba ganti kuil dan busi ,hasilnya tetap brebet.mohon bantuan pencerahan.makasih

Martin T Teiseran mengatakan...

Hemat saya bukan soal busi dan kuil. Ini soal bahan bakar. Saya kurang tau, apakah pakai karburator atau injeksi. Kalau karburator yang mesti stel dulu karburatornya. Kalau injeksi coba periksa ada tekanan bahan bakar dari pompa yang berada di tangki tidak. Tolong saya dikabarin pakai karbu atau injeksi.

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix