15 Januari 2008

Apa Artinya Tiptronic

Langsung saja bapak Martin, saya ingin tanya mengenai teknologi yang sedang Nge-Top saat ini: Apa beda, Step Tronic, TipTronic, Shift tronic? Kalau Pak Martin disuruh memilih, pilih Toyota Ist ato Toyota Yaris? Kemudian saya ingin menambahkan bahwa pada mobil transmisi manual, pada saat melibas banjir yang agak tinggi, kita bisa akali dengan menginjak pedal kopling diikuti injak pedal gas sehingga air tidak masuk ke knalpot. Bagaimana dengan pada mobil Automatic yg tidak ada pedal koplingnya apakah air tidak juga masuk ke knalpot? terima kasih atas jawabnya.. Salam, Mas Tunggul PS mr_tps@yahoo.com

Jawab: Step tronic dan Shift tronic maupun Tip tronic pada prinsipnya sama, yaitu menaikan kecepatan mobil pada transmisi otomatic secara manual. Sistem ini membuat pengemudi semakin mudah mengendrai mobil bertransmisi matic yang sudah tanpa pedal kopling. Kalau umumnya pada transmisi otomatic lama bila sudah memindahkan tuas ke arah D (drive) maka semua pemindahan gigi dilaksanakan oleh tekanan oli, atau electronic control valve (komputer) yang berhubungan dengan putaran mesin, maka pada step, shift maupun tip tronic, selain transmisi matic sudah pada posisi drive masih ada tambahan mekanisme electronik yang bisa berubah kecepatan menjadi lebih cepat atau lebih pelan. Pengemudi tinggal merobah tuas atau tombol plus dan minus. Fitur ini dibuat demikian mudahnya sehingga gampang terjangkau seperti ditempatkan pada roda kemudi. Demikian pula dengan step tronic yang dipasangkan pada Peugeot 206. Singkatnya transmisi matic di ubah menjadi manual kembali namun tetap matic.

Sistim yang dijelaskan diatas, juga tergantung pada sistem penggerak yang berada di dalam transmisi matic. Umpamanya pada Honda Jazz, menggunakan VCT (variable continues transmission), yaitu, dua puli yang dihubungkan dengan sebuah metal v belt dimana puli- puli itu bisa digerakan oleh gumparan motor electric menjadi diameter lebih kecil atau lebih besar. Kalau puli penggerak membesar dan puli ke roda mengecil maka mobil lebih cepat. Gerakan itulah disebut VCT. Ada pemindahan kecepatan matic lain yang menggunakan roda- roda gigi

Air bisa masuk ke lubang knalpot, sangat tergantung pada mesin. Maksudnya, bila mesin mati maka air akan masuk ke knalpot, oleh karena itu baik pada mobil matic atau manual ketika melewati daerah banjir harus dijaga jangan sampai mesin mati. Agar mesin tidak mati, pengemudi harus memperkirakan tinggi air yang hendak dilewati. Bila air sudah mencapai kap mesin dapat dipastikan mesin mati karena water hammer kecuali bila lubang udara masuk (saringan udara) dibuat lebih tinggi seperti pada mobil off road..

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix