30 Januari 2008

Ban Makan Sebelah

Saya setia dan selalu mengikuti rubrik yang bapak asuh, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara perawatan ban depan sebab, ban depan mobil saya habisnya tidak sama. Waktu saya kasi ban standar, habis bannya kanan/ kiri dan luar dalam. Pasti permukaan ban juga bergelombang. Kemudian waktu saya kasi ban semi, hasilnya, yang lebih dulu tipis kanan/kiri dan luar dalam. Pada hal perbaikan sudah saya lakukan antara lain ganti tie rod, ball joint, shokbreker, karet stabiliser dan sporing. Semua ini anjuran dari bengkel, sampai sekarang msih sama saja. Malah disuru ganti velg, yang tidak saya turuti. Mobil saya Colt T 120, dan L 300 1981, saya sudah jeleh dan capek. Matur nuwun. Bangkit, Boyolali.

Kalau dilihat dari jenis perbaikan yang sudah dilakukan, rasanya sudah lengkap, tetapi mobil belum juga beres. Padahal keadaan ban seperti yang Anda sebut, baru tampak setelah ban baru dipakai lebih dari 1000 km. Kerusakan yang Anda sebut permukaan ban habisnya tidak rata, jelas. Akan tetapi kiri kanan, luar dalam, ketika pakai ban bias dan setelah diganti ban semi (radial) kurang jelas.

Yang dapat dijelaskan, ban depan baik ban kiri maupun ban kanan, kalau permukaan yang aus kiri dan kanan (untuk satu ban) maka biasanya disebabkan oleh tekanan angin ban yang tidak cukup. Ditambah lagi mobil dipakai untuk angkut material yang berat, maka tekanan angin ban sangat penting. Ban depan semi coba diberi tekanan maksimum 30 sampai 34.

Kalau ban depan yang habis hanya sisi dalamnya saja (ban kiri maupun ban kanan), maka perlu stel too in-out, atau ketika ada muatan berat per spiral depan berubahnya banyak, alas per sudah lemah. Kalau melihat umur mobil saya curigai per spiral depan sudah lemah. Kendati demikian, sbelum ganti coba stel dulu (sporing) kemudian beri tekanan angin ban maksimum sepeti ketentuan yang tertera disisi ban.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix