03 Januari 2008

Masih Soal Starter

Bersihkan Pull Aki

Mobil yang terawat dengan baik, tentunya selalu memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Namun pertanyaan bagi kebanyakan dari pemilik mobil adalah bagimana dan bahagian mana yang perlu mendapatkan perhatian tersebut. Mengingat tidak semua pemiliki mobil berlatar belakang montir. Dengan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut diharapkan pemiliki mobil tidak perlu setiap kali membawa mobil ke bengkel bila mobil mengalami kerewelan.

Pemiliki mobil sering mengalami kesulitan dipagi hari, orang Amerika bilang “morning sick” , atau mengalami kesulitan start mobil lagi setelah parkir sebentar. Gejala yang muncul ketika itu adalah:. Kunci kontak sudah diputar pada posisi start, kemudian diikuti dengan bunyi kecil di ruang mesin, semua lampu di dash board mati dan setelah itu, walaupun kunci kontak diputar tidak kedengaran bunyi. Beberapa kali kunci kontak di putar tidak ada gejala mesin mau hidup.

Kejadian seperti ini umumnya disebabkan oleh aliran arus dari battery (aki) tidak lancer, system pengapian atau system saluran bahan baker. Kali ini kita bicara yang paling mudah saja, yakni soal aki. Bagian yang disebut kutup aki, atau juga teknisi menyebut sebagai pull aki bisa buat masalah bila tidak dirawat dengan baik. Karena tidak terkontak dengan baik pada klem aki, atau dari klem aki ke kabel aki, sehingga aliran aki tidak sempurnba sampai ke motor starter.

Semisal aki itu merupakan bendungan yang airnya mau digunakan untuk pengairan. Dimama sesungguhnya air di bendungan tersedia cukup, namun ketika disalurkan ke sawah ternyata sejumlah air yang seharusnya sampai ke sawah tidak sampai, karena terjadi kebocoran di salurannya atau tersumbat oleh kotoran di pintu bendungan. Hal serupa bisa terjadi pada aki. Arus (strom) aki yangs esungguhnya sudah penuh dan mampu untuk menghidupkan mobil tidak bisa digunakan akibat adanya kotoran- kotoran pada permukaan pull aki.

Bila Anda mengalami hal seperti ini, maka tindakan yang perlu Anda lakukan sebagai berikut:

1. Putarlah kunci kontak pada posisi off, kemudian bukalah kap mesin dan perhatikan di daerah sekitara aki.

2. Kepaskan lebih dahulu pull aki bertanda minus (negatif), baru kemudain lepaskan pull aki bertanda plus. Demikian perlu dilakukan , karena bila Anda lepaskan lebij dahulu pull bertanda plus, ada kemungkinan kunci yang digunakan bersinggungan dengan bagian mobil yang lain akan menimbulkan percikan bunga aki.

3. Untuk menghilangkan kotoran, krak berwarna putih, bisa dimulai dengan menyiramkan air panas di sekitar pull aki lalu keringkan dengan lap. Setelah itu gunakan selembar kecil kertas pasir (amril) untuk membersihkan lubang klem aki dan pull aki.

4. Setelah yakin segala sesuatunya beres, maka pasangkan kembali pull aki. Pertama pasangkan pasangan klem aki ke pull aki bertanda plus. Setelah itu baru pasangkan ke pull bertanda negatif. Kendati jarang terjadi pemasangan terbalik, negatif ke positif atau sebaliknya, namun bila sampai pemasangan kabel aki terbalik akan berakibat fatal bagi altenator dan bagian listrik lainnya dari mobil.

5. Ketika mengancingkan pull aki, sering kali baut sudah kencang tetapi klem aki bagi bisa diputar. Hal itu disebabkan bisa terkancing dengan kuat karena klem aki sudah molor (membesar). Untuk membuat klep aki bisa terkancing kuat lagi, maka lepaskan klem aki tersebut, lalu lepaskan pula mur baut yang ada pada klem aki. Kemudian gunakan gergaji besi untuk mengurangi ketebalan klem aki pada sisi dalam pada kedudukan mur mautnya. Dengan cara ini diharapkan klem aki akan bisa berfungsi optimal lagi.

6. Setelah terkancing dengan baik, coba klem aki diputar pakai tangan, bila sudah keras, ambilah sedikit gemuk (pelumas) tutuplah celah- celah antara pull aki dengan klem aki. Dengan menutup semua celah, diharapkan tidak terjadi korosi lagi, karena uap dari air aki tidak sampai mengkontaminasi kedua bagain aki tersebut.

7. Selain ditimbulkan oleh aki, maka penyebab lain dari kerewelan start adalah buruknya cara pemasangan kabel masa, atau grown (-). Pada sebagian mobil, khususnya mobil lama kabel ini tidak menjadi satu potong mulai dari pull aki bertanda minus sampai ke motor starter, atau sampai ke blok mesin. Maka mungkin terjadi, kotoran antara mur baut dengan chasis, atau baut pengancing kendor. Akibat daripada itu, arus aki tidak lancer sampai ke motor starter. Untuk mengatasi hal itu, pakailah sepotong kabel seukuran kabel aki yang ada. Pasangkan langsung dari kepala aki bertanda minus langsung ke salah satu baut baut yang ada pada blok mesin. Percayalah, dengan cara ini kerewelan akibat motor starter bisa teratasi.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix