05 September 2007

Perlu Aki Lebih Besar?

Kedaulatan Rakyat Juli 1998

Agus Riyanto, D/a Ngipik, Baturetno, Banguntapan gg Aster 16 Yogyakarta, 55197.
Pertanyaan: Mobil kami memang mobil agak tua, tahun 1984. Waktu dipakai jalan- jalan tiba- tiba lampu oli menyala dan tidak lama kemudian terjadi bunyi kraaak, kraaaak, kraak. Setelah itu mesin berhenti dan macet. Mencoba untuk distart ulang, sama sekali tidak ada reaksi. Setelah dibawa ke bengkel, kata montir, pompa olinya tidak berfungsi dan crank shaft (kruk as) sudah kena (aus). Setelah dibongkar ukurannya sudah tidak bisa dipakai lagi, dan katanya over size habis. Ternyata banyak bagian yang harus diganti baru, yang ukurannya standar (asli) lagi. Kruk as, seger dan ring seger serta metal- metal. Setelah dirakit mesin bisa hidup lagi. Namun saya punya beberapa pertanyaan:
1. Waktu mesin dihidupkan mesin ngebul (berasap) walaupun sudah berjalan jauh. Apa yang menyebabkan?
2. Mengapa air radiator cepat berkurang, walaupun tidak ada kebocoran?
3. Mengapa mesin mobil cepat panas (temperatur air cepat naik)?

Jawaban:
Agaknya mobil Anda mengalami kerusakan cukup parah, hal itu dapat dilihat dari komponen yang diganti.
1. Kerusakan mobil seperti ini mengindikasikan kerusakaan cukup parah, montir biasanya mengatakan mesinnya ngancing. Pada manusia kejadian seperti ini menunjukan yang bersangkutan menderita penyakit gula akut ditambah serangan jantung koroner.
Kebulan asap berwarna putih, hal ini bisa menandakan perbaikan belum beres. Karena oli naik dari karter, ikut terbakar dan mengeluarkan asap putih. Naiknya oli disebabkan oleh selinder dan piston kocak tidak sesuai standart. Ukuran piston dan selinder diluar angka toleransi, atau pemasangan ring piston segaris (tiga ujung ring berada segaris sehingga menjadi jalan oli) Kedua kejadian ini akan mengakibatkan oli mesin boros. Bisa saja untuk 1000 km, oli mesin sudah berkurang sampai 1 liter oli. Sekarang mobil dibawa kembali ke bengkel yang ada alat test kompresi, kalau hasil test menunjukan angka rendah maka itu menandakan perbaikan mesin tidak tuntas. Pekerjaan over houl harus diulangi kembali.

2. Air yang cepat habis umumnya disebabkan oleh kebocoran atau akibat mesin terlalu panas sehingga airnya menguap. Kalau Anda tidak menemukan kebocoran coba periksa tutup radiator. Gantilah tutup radiator baru dan orisinil kalau tampak karetnya sudah sobek atau aus. Yang pasti oli tidak masuk ke ruang kompresi, karena kalau demikianm mesin tidak bisa di start.

3. Mesin yang terlalu panas atau cepat panas bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada selinder kop mesin yang tidak rata atau kropos. Coba bagian ini diperiksa dengan teliti.

Hari Purwanto, Kantor Sekretariat KORPRI Kabupaten Wonosobo.
Singkat saja kami ingin bertanya;
1. Bila mobil menggunakan acu 60 amper, dan bila diganti dengan acu yang lebih besar misal 90 amper, apakah bisa merusak komponen mobil yang berhubungan dengan listrik.
2. Betulkah kata orang, bahwa acu 60 amper atau selebihnya hanya bisa dipakai sampai 60 kali starter, dalam keadaan mobil mogok, atau hanya mampu/ berkemampuan 6 jam bila dipakai tanpa diisi.sekian saja dan mohon penjelasan.

Jawab.Komponen mobil tidak bisa rusak hanya karena mengganti aki yang amper besar. Coba membayangkan, di rumah semula kemampunan listrik hanya 450 Watt. Apakah ketika kita ganti dengan 1.200 Watt akan merusak bolb atau kulkas di rumah? Artinya persedian besar tidak mengapa. Akan terjadi masalah bila terjadi korsluiting. Aki dengan muatan kecil mungkin tidak akan menyebabkan kebakaran yang berarti tetapi kalau yang menggunakan aki dengan Amper besar, dan sekring sudah diganti dengan kawat lebih besar, bisa terjadi kebakaran, karena kabel kabel terbakar. Maka, selama kabel- kabel mobil beres, dan sekring mobil masih standart boleh- boleh saja mengganti aki lebih besar.

Namun pertanyaannya adalah mengapa harus mengganti aki lebih besar? Kalau aki tekor (tidak cukup) penyebabnya bukan aki tetapi karena sistem pengisian, alternatornya tidak cukup besar untuk mensuplai semua kebutuhan. Mungkin Anda menggunakan lampu halogen, ac dan macam- macam perlengkapan sehingga melebihi kekuatan alternator. Aki gunanya hanya untuk start mesin. Sesudah mesin hidup tugas diambil alih alternator. Sebagai contoh, kalau di rumah kita menyimpan air pada sebuah tandon yang sangat besar. Ternyata air yang diisi pakai pompa kemapuannya lebih kecil dari air yang terpakai. Bukankah suatu saat tandon yang sangat besar itu akan habis pula. Kecuali anda mengganti pompa yang lebih besar dimana kapasitasnya lebih besar dari air yang terpakai. Nantinya kelebihan tidak akan kelebihan karena ada regulator arus yang akan stop bila aki sudah penuh.

2. Tentang daya atahan aki, ada perhitungan tersendiri. Benar bahwa kalau distart terus menerus aki akan habis. Oleh karena itu kalau mobil mogok jangan terus menerus distart, carilah penyebabnya. Tentang berapa kali bisa digunakan sampai aki habis sangat tergantung pada umur aki dan berapa lama mesin berputar dalam satu kali pada posisi start, jadi bukan berapa kali saja, tetapi berapa lamanya pula. Dampak tidak baik dari start terus menerus adalah kerusakan pada motor starter. Menjadi terlalu panas dan melelehkan bagian di dalam motor starter.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix