17 September 2007

KUNANG- KUNANG" DI RUANG MESIN

Kedaulatan Rakyat Maret 1996

Santosa, Jl RE Martadinata 69 YogyaLangsung saja: Mobil saya Daihatsu Sebra STW th 87 masalahnya, baru saja ganti ring seker, ring tersebut putus karena oli tidak naik dan lampu signal kebetulan mati.
Tanya:
1. Waktu ganti ring tersebut karburator tidak di otak atik, tetapi sekarang waktu digas bau bensin naik ke kabin dan agak pedih di mata pada hal dulu tidak. Mengapa itu terjadi dan bagaimana menghilangkannya?
2. Mesin cepat panas ( hampir setengah pada "temp", setelah jalan 5 km) menyebabkan mobil kurang nyaman. Air radiator waktu di cek masih penuh, tapi permukaannya ada sedikit genangan oli. Mengapa itu terjadi dan bagaimana mengatasinya?

Jawab:
1. Banyak keluhan seperti yang Anda utarakan yang masuk ke Radaksi KR. Bau bensin dan mata yang perih memang keadaan yang tidak menyenangkan bahkan kalau semua jendela tertutup, AC dihidupkan konsentrasi CO akan tinggi. Pada tingkat tertentu bisa membahayakan kesehatan. Kalau di hubungkan dengan pertanyaan Anda yang kedua, maka dapat disimpulkan memasangkan selinder kop, setelah mengganti ring seker kurang benar. Anda mengatakan ada oli/ mingak dipermukaan air radiator. Hal itu menandakan ada sisa hasil kompresi yang merembes lewat paking selinder kop dan masuk ke ruang pendinginan. Bisa juga karena masih ada sisa minyak karena pekerjaan ganti ring seker. Mobil Anda perlu diperhatikan secara khusus. Kalau mesin sudah distel sesuai spesifikasi pabrik dan ternyata kurang bertenaga dan bunyi ngkliknya semakin keras, disarankan segera dibawa ke bengkel dealer Daihatsu.

Bau bensin dan membuat mata perih, disebabkan oleh kompresi terlalu gemuk, artinya perbandingan udara dan bensin tidak tepat. Walaupun karburator tidak diotak- atik, setelah penggantian ring seker mestinya penyetelan karburator perlu diulangi. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah ujung belakang knal pot harus lebih panjang dari mobil dan perhatikan apakah cuk sudah kembali pada posisi membuka.

2. Panas mesin yang normal adalah sekitar 85 sampai 90 derajat Celsius. Pada meter temperatur biasanya tidak tertulis angka tersebut. Namun Anda bisa perhatikan, apakah setiap hari kedudukan jarum selalu sama. Kalau cenderung lebih tinggi dan air radiator setiap hari harus ditambah setelah berjalan 100 km atau sampai mendidih maka perlu siperiksa secara teliti.

Saran: Bawalah mobil Anda ke dealer Daihatsu dan periksa tekanan kompresinya. Apakah patahan ring seker membuat dinding blok mesin cacat?
Johan Sudrajat, Gendeng GK IV/ 311 Yogyakarta, 55225. Saya punya masalah dengan mobil Ford Laser 1988, karena mobil itu hidup tetapi sedikit pincang. Perlu diketahui busi sudah diganti semua dengan busi "Bosch Super W8DC", tetapi saringan udara tidak saya pasang.

Tanya:
1. Pada saat mesin hidup stasionernya agak tersengal- sengal, apa sebabnya?
2. Bila kabel busi no: 2, 3, 4 dilepas satu persatu, mesin mati. Tetapi kalau kabel busi no 1 maka akan timbul loncatan bunga api yang besar pada terminal koil. Apa yang menyebabkan timbulnya loncatan bunga api pada koil tersebut?3. Pada roda belakang ada bunyi, apakah bunyi bearing tersebut karena sudah aus atau rusak?

Jawab:
1. Mesin yang tersengal- sengar biasanya disebabkan oleh pembakaran dalam selinder tidak baik. Umumnya karena kompresi yang tidak rata (sama) atau karena busi dan atau kabel busi yang rusak.

2. Berhubungan dengan pertanyaan Anda, no 1, dan pernyataan bahwa busi sudah diganti semua maka tinggal 2 hal lagi.
Pertama apakah kompresi setiap selinder satu sama lain sama. Kalau ada perbedaan yang mencolok ( 3 sampai 5 Kg/ cm2) biasanya disebabkan oleh kompresi bocor, perlu segera memperbaiki kondisi mesin. Apakah ring seker rusak, klep bocor atau paking selinder kop rusak. Loncatan bunga api menandakan bahwa pembakaran dalam selinder tidak sempurna.
Selinder no 2, 3, dan 4 pembakaran baik, tandanya kalau kabel busi dilepas mesinmati. Sedangkan no 1 bisa jadi kompresinya bocor akibat terbakarnya permukaan klep, sehingga tanpa kabel busi no 1 pun mesin tetap bisa jalan. Kalau Anda membuka kap mesin di tempat yang gelap (malam hari) akan tampak jelas loncatan- loncatan bunga api tersebut, seperti kunang- kunang. Tanpa menggunakan saringan udara bisa mempercepat kerusakan pada klep dan selinder mesin, maka disarankan agar segera menggunakan kembali saringan udara. Tanpa saringan udara debu akan bebas masuk ke ruang pembakaran dan akan menjadi bahan pengasah antara ring seker dan selinder mesin.

3. Bunyi pada roda belakang umumnya karena lager rusak atau permukaan ban yang rusak. Bunyi lager lebih nyaring dan semakin berat muatan yang dibawa semakin keras bunyinya. Sedangkan bunyi ban didahului dengan bunyi "Wuk- wuk - wuk" dan kalau hujan bunyinya lebih nyaring. Kalau Anda membongkar dan kelihatan permukaan bearing berwarna kelabu maka itu menandakan perlu diganti baru. Saran, sebaiknya sebelum Anda membongkar lager roda, periksa dan beri tekanan angin ban lebih tinggi. Ban belakang diberi tekanan angin sampai 38 psi, dengan demikian diharapkan permukaan ban akan rata kembali. Atau perhatikan tekanan maksimum yang ada disisi ban.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix