22 September 2007

Great Manggut-Manggut

Suara Merdeka Maret 2007

Tanya: 1. Akhir-akhir ini mesin tersendat-sendat (manggut-manggut) saat bepergian ke luar kota dan saat melewati tanjakan mesin jadi kurang tenaga, padahal sebelumnya sudah saya tune up. Tetapi untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota, hal tersebut tidak terjadi alias lancar-lancar saja. 2. Apakah ada masalah dengan ECU nya mengingat sebelumnya sudah tune up. 3. Pada suara mesin terdengar bunyi kerrr seperti mobil solar saat gas dilepas, apakah hal tersebut wajar dan apa efeknya ke mesin? 4. Kalau rem kadang terdengar bunyi tek saat pedal diinjak, apakah ada permasalahan pada bagan rem? Demikian pertanyaan dari saya, semoga tidak merepotkan cool_4501@yahoo.com

Jawab: Sdr Fajar terima kasih atas email anda. Apakah benar Anda menggunakan great corolla? Sesuai pertanyaan nomer 1, kalau jalan keluar kota baru terjadi tersendat-sendat dan menanjak kelihangan tenaga, perkiraan saya ada masalah pada saluran bahan bakar. Pekerjaan pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan saringan bensin. Kalau selama ini, artinya sejak tahun 1994 belum pernah mengganti saringan bensin, saran saya sekarang saatnya mengganti saringan bensin baru. Kedua, mengingat sudah lama masa pemakaian, sudah saatnya pula membersihkan injektor. Masukan cairan pembersih ke dalam tangki bensin. Kemudian periksa tekanan bahan bakar, hanya bisa dikerjakan di bengkel. Perkiraan saya bukan pada ECU akan tetapi pada saluran bahan bakar.

Soal rem, bunyi itu bisa disebabkan oleh rumah kampas rem khususnya rem cakram (depan) longgar terhadap dudukannya, akibar keausan. Perlu di ganjal dengan plat. Bunyi ini tidak terlalu mengganggu kinerja rem mobil Anda.

Tanya: Kijang saya th.90 saat ini suaranya terdengar kasar, menurut keterangan montir dari bengkel langganan saya perlu diganti rantai kamratnya. Katanya kalau masih mau dipakai terus sih tidak apa-apa hanya suaranya saja yang kasar. Karena belum ada biaya, mobil masih saya pakai terus dan memang tidak apa-apa hanya suaranya saja yang bikin risih. Pertanyaan saya, 1. Sampai kapan batas maksimal untuk dapat terus dipakai? 2. Apakah tidak berpengaruh jelek pada mesin? Mohon balasannya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Eko Martiyantono eko.m@pln-jawa-bali.co.id

Jawab: Benar rante kamrat mobil anda perlu diganti baru, karena usianya sudah lebih dari 16 tahun. Bayang kan kalau kita pakai sepeda motor sekian lama pasti sudah beberapa kali mengganti rantai. Batasnya, paling parah dan segera harus ganti kalau setelah mesin hidup bunyi itu tidak hilang-hilang dan kalau di gas bunyi semakin keras.. Kedua sudah harus ganti kalau sampai 3 menit juga belum hilang suaranya. Seharusnya tidak ada bunyi, seperti pada mobil baru. Kalau sudah diatas 150.000 km dan bunyi terus menerus disarankan untuk ganti.Kalau rante sudah mulur, kendor maka pengapiian mobil akan terganggu dan akhirnya mengganggu kinerja mesin serta boros BBM.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix