23 September 2007

ATURAN-ATURAN TENTANG BAN

KOMPAS, Kamis, 11-05-1995. Halaman: 17

BILA Anda pernah bertanya tentang tekanan angin ban, maka jawaban yang diperoleh bisa beragam. Satu sama lain bisa berbeda. Ini membuat Anda menjadi ragu. Sedangkan tekanan angin ban amat penting bagi mobil. Begitu pula kalau Anda bertanya tentang ban yang cocok di toko ban atau toko asesoris, jawabannya bisa beragam. Sambil menunjuk macam-macam ban yang terpajang di ruang pamer, Anda diajak membeli ban keluaran terakhir, yang sudah diiklankan di koran sebagai produk mutakhir yang nota bene harganya bisa selangit.

Contohnya, ban radial. Harga ban radial untuk sedan lebih mahal 30 persen lebih dari ban radial untuk minibus. Bila Anda tidak mengetahui sebelumnya, jenis ban mana yang cocok, mungkin Anda sudah terlanjur membeli ban radial sedan dan dipasangkan pada minibus.
Berikut diberikan batasan-batasan yang perlu diketahui tentang ban mobil yang tertulis di sisi luar ban. Tulisan-tulisan itu menyatakan diameter, profil, kekuatan ban dan untuk jenis mobil.
1. Tabel konversi ply rating (PR) dan load range. Angka maupun bias-nya menyertai ban, khususnya jenis bias dan belted "bias".

Tabel 1 Hubungan ply rating dan load range
Tabel 1 yang menunjukkan persamaan ini dapat digunakan saat
membeli ban, khususnya ban bias. Huruf J yang menyertai angka pada
ban menunjukan, ban itu sama dengan 20 PR.

(Lihat Tabel 2)
Ada hubungan yang saling mengikat antara tekanan ban dengan
muatan. Mobil dengan muatan berat atau penuh, ban memerlukan tekanan
yang maksimum. Aturan ini, terutama berlaku untuk minibus. Untuk
mobil sedan dan truk, ada pengukuran tersendiri.

( Lihat Tabel 3 )
Tabel itu menunjukkan huruf-huruf yang ditulis pada sisi ban.
Huruf S, H, V, SR, HR, VR, menunjukkan batas kecepatan maksimum yang
diizinkan. Tidak termasuk ban truk.
(Tabel 2
Hubungan antara PR, Tekanan Angin, dan Muatan yang Diizinkan

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix