29 Februari 2008

Beli Mobil Bekas

Tanya Jawab via Email

Hari ini, aktifitas upload saya terganggu. Speedy tidak bisa aktif sejak kurang lebih jam 05:30. Akhirnya saya pakai Indosat pada jam 15:30.

Tanya: Dear Mr. Martin,

Saya sering mengikuti rubrik anda di SM saya sangat tertarik untuk mengajukan pertanyaam sbb:

1. Saya rencana mau beli mobil dari sekian merk akhirnya saya ada 2 pilihan yaitu: Timor& Suzuki Esteem dengan pertimbangan keduanya sesuai budget saya (harga antara 35-40jt) juga sama-sama irit BBM. Menurut Mr.Martin dari keduanya tolong diulas kelebihan dan kekurangannya

2. Apa benar untuk sedan Timor sparepart cenderung susah didapat? dari tipe SOHC & DOHC mana yang lebih baik? Untuk bengkel Timor yang bagus ada dimana?

3. Dengan budget segitu mungkin Mr.Martin punya alternatif pilihan lainnya yang mungkin lebih bagus?

Atas jawaban dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.Klo bisa saya minta No. Hpnya Andre Kurniawan jnjandre@yahoo.com

Jawab: Kalau disuruh milih saya kok cenderung milih Timor, beritanya sih katanya sulit cuku cadangnya, namun kalau saja tahu (mencari) bisa mendapatkan bengkel yang bisa cari dan modifikasi. Ada teman katanya tidak soal, bisa dicari suku cadangnya seperti mengganti timing belt dan V belt juga ada. Soal Suzuki bentuknya lain sendiri, kalau senang sih tidak soal. Timor dengan harga sama dengan suzuki mungkin sudah dapat Timor tahun lebih muda. Selain itu, saya baru baca- baca di majalah, Soluna 2000 murah lho, 45 jutaan. Suku cadanya ada dan murah dan pengalaman orang lebih irit, seperti tulisan di SM kemarin. Kalau saya memilih Timor DOHC karena mesin lebih efisen dan ekonomis. Salam, Martin Teiseran.

Ini ada email teman lain yang sudah beli Suzuki Esteem 1.6 th 94.

----- Original Message -----

From: Hendra

To: Bung Martin

Sent: Friday, September 14, 2007 10:55 AM

Subject: Tentang Suzuki Esteem 1.6 GT

Selamat Siang Pak Martin. Akhirnya saya tidak sabar juga untuk mendapat mobkas yg saya inginkan.

Tapi akibatnya saya dapat Suzuki Esteem 1.6 th 94 yg "penyakitan". Body lumayan tapi mesin amburadul. Waktu saya coba emang ada suara nglitik tp kata yg punya kalo di tune up bisa hilang.

Ternyata setelah saya ganti oli dan tune up suara itu tetap ada, Kata bengkel sih di piston nya jadi harus buka setengah mesin. Wah berapa duit uang yang harus saya keluarkan, pusiiing (puyeng).

Lagian mobilnya juga getar dan jalannya ndut endutan kalo jalan di RPM rendah. Kata bengkel sih engine mountingnya ada yg pecah.

Trus penyakit satunya lagi accu sering tekor nggak bisa di buat starter, kabel2nya berantakan nggak rapi. Mobil nggak saya pake 5 hari aja accu sudah tekor. Yang saya tanyakan apa bener dugaan montir bengkel tersebut, dan karena budgetnya mepet yg perlu saya benahi dulu apa ya, mengingat mobilnya suaranya kasar sekali ( apa emang bawaannya si Esteem).

Mohon tanggapannya via email saja Pak. Atas tanggapan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Salam, Hendra


From: Martin T Teiseran

To: Hendra

Sent: Friday, September 14, 2007 2:43 PM

Subject: Re: Tentang Suzuki Esteem 1.6 GT

Selamat Siang pa Hendra

Saya ikut prihatin dengan kondisi ini, yah sudah mau apa dikata? Mobil kalau sudah bunyi yah walaupun ganti oli baru tetap saja bunyi. Maaf, kalau yang punya tau bunyi dan tune up sembuh mengapa yah tidak dilakukan sebelum dijual? Bunyi seperti ada? Kalau digas hilang atau kalau digas tambah kencang bunyinya. Kalau di gas tambah kencang mah penyebabnya metal (bearing) kalau digas hilang bisa jadi bushing konrod (bus stang segernya kocak). Kalau penyebab engine mounting penyebab nyendut endut tentu dengan melihat barangnya (lihat blogspot saya kemarin) dan memang harus diganti.

Kalau aki mungkin udah usia lanjut, usia diatas 2 tahun tapi dibawa 3 tahun, daya tahannya mula mula bisa tangan 2 minggu tanpa diisi, dan bergerak menurun sampai tidak tahan sehari. Kalau aki 5 hari baru tekort, apakah setiap 5 hari harus bawa ke tukang cas aki? Kalau demikian ada yang tidak beres dengan pengisiannya. Tapi setelah mobil jalan setelah diisi bisa bertahan 5 hari artinya pengisian aki bagus. Saya pikir tak apalah. Kalau dicopot kepala akinya bisa tahan berapa lama?

Yah itu..... kalau digas bunyilah semakin keras, maka ini yang harus didahulukan. Pokoknya yang bunyi dimesin itu dihilangkan dulu. Sayang saya tidak bisa bantu lebih lanjut, tolong tanya ke bengkel, disitu ada banyak temanku. Tanyakan apakah bunyinya bahaya. Dibeli dengan harga berapa pak Hendra?

Salam hormat saya
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697

Hendra: Saya beli harga 39 juta, ini saya bawa ke bengkel yang Pak Martin sarankan, banyak ya teman di situ. Saya dulu punya mobil jelek (maksudnya lebih jelek dari ini, padahal ini juga jelek hehehehehehe) udah tak bawa ke situ. Saya kenalnya sama Mas Budi, Mas Ari (sekarang udah keluar). Kebanyakan sih di situ pinter menangani Toyota. Tapi saya juga mantap di situ, lebih percaya. Pusing juga punya mobil penyakitan. Kalo Soluna Gimana pak? dari berbagai segi. Terima kasih tanggapannya.

----- Original Message -----

Banyak informasi otomotif, silahkan kunjungi: http://martin1948.blogspot.com

Martin:

Sekarang, kalau mau membeli mobil entah bekas atau baru harus pertimbangkan harga BBM dan iritnya mobil. Sudah tak usah pakai mesin efisen segala, yang penting di jalan bebas hambatan 1 liter berapa km. Nampaknya hal itu sekarang mempengaruhi harga mobil bekas. Beberapa mobil yang saya singgung diblog ini seperti, Soluna, Great dan Timor harga bekasnya menggila. Soluna tahun 2002 kondisi baik bukan eks Taksi sudah sampai Rp 80 juta, pada hal beberapa bulan lalu paling 70 juta. Timor yang dulu seharga 35 juta sekarang mendekati 50 juta. Bahkan Great tahun 1993 mencapai Rp 70 juta. Memang lihat kondisi sih ada yang Rp 65 juta untuk tahun 1995. Esteem, bekasnya memang lebih murah, tetapi harus cari yang baik punya.

Memang “ono rego ono rupa” kalau bekas tabrakan biasanya lebih murah. Hati- hati bagi pemula yang pertama kali membeli mobil bekas. Mungkin anda membeli mobil bekas tabrakan. Terlepas dari semuanya, mobil bekas ya bukan mobil baru, maka kalau menemukan di sana sini ada kekurangannya dijawab sendiri:”wajarlah mobil tua sih”

Namun harus hati hati, kata seorang teman:”Jangan beli mobil yang sudah kelihatan oli menetes dan mesin tampak berminyak. Karena itu menunjukan ada yang bocor. Kalau begitu, anda bisa stress” katanya.

1 komentar:

poci mengatakan...

pak, apa kelemahan avanza tipe E. dan apakah spion avanza e bisa diganti dengan spion avanza G. Kayak kipas sate..

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix