14 Februari 2008

Atoz Mogok di Tol

Janita: Pak Martin, salam kenal. Saya tinggal di Jakarta, saya mengikuti tulisan bapak di Suara Merdeka yang di muat di blog bapak. Sekarang saya punya masalah dengan sedan kecil saya, Atoz. Mobil ini kalau jalan suka jendul-jendul seperti bensin terlambat. Saya membaca penjelasan bapak kepada seorang pemilik Lancer di Jakarta, yah kondisi mobil saya seperti itu. Ketika jalan sekonyong-konyong bisa mogok di tengan jalan, ini membuat saya grogi dan takut di tabrak dari belakang oleh mobil lain. Apa yah penyebabnya?Janita D janita_dh@yahoo.com

Jawab: Nampaknya gejala mobil anda menunjukan indikasi kerusakan seperti Lancer itu. Mobil yang dipakai di jalan bebas hambatan membutuhkan suplay bensin lebih banyak, karena kecepatannya tinggi. Berbeda dengan yang jalan di dalam kota, bensin lebih sedikit mesin masih hidup. Oleh karena itu walau pompa agak kurang beres tidak terlalu terasa. Akan tetapi ketika pedal gas diinjak lebih dalam maka mesin butuh bensin lebih banyak. Pada pompa yang sudah turun kinerjanya, tidak bisa mensuplai bensin sesuai kebutuhan, maka mobil menjadi mogok. Saran, coba ganti pompa bensin yang berada di dalam tangki bensin. Siapa tahu bisa sembuh pula.

Janita: Terima kasih pak atas anjurannya. Saya sudah mendatangi dealer Atoz namun harganya mahal. Apakah bisa diganti dengan pompa merk lain?

Jawab: Boleh saja menggunakan pompa merk lain yang lebih murah. Asal tegangannya sama 12 Volt. Dalam beberapa kejadian, ada masalah pada dudukan pompa, seperti baut tidak cocok, sambungan nipel atau kedudukannya berbeda. Bagi teknisi yang pengalaman, dengan mudah ia bisa mengatasi hal itu. Coba cari di toko suku cadang, biasanya mereka dengan jujur menyarankan agar menggunakan yang lebih murah, seperti merk Denso atau Bosh.

Janita: Terima kasih pak, saya sudah melaksanakan saran bapak. Saya akhirnya membeli merk Bosh, jauh lebih murah. Setelah dipasang memang ada sedikit kesulitan, ada seperti gigi yang saya amplas, akhirnya pas juga. Waktu saya putar kunci kontak, kedengaran bunyinya lebih nyaring tertenaga, beda dengan pompa lama seperti lelah, putarannya rendah. Setelah saya coba jalan ternyata sembuh penyakitnya. Nuhun, pak, tetapi sekarang ada bau gosong di mesin. Apa lagi ya?

Jawab: Harap sekarang semuanya menjadi beres. Tentang bau gosong, seperti kabel terbakar saya pikir itu karena ada oli yang kececer ketika menambah atau mengganti oli. Setelah berjalan 1 jam pasti bau itu hilang, menguap karena panas. Asal tidak ada oli yang kelihatan bocor.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix