21 Februari 2008

Goncangan Pada Escudo

Suara Merdeka Pebruari 2007

Maaf sebelumnya Pak Martin, kami kirim keluhan melalui E-mail . Kami mohon bantuan Informasi nya, terkait dengan kendaraan Suzuki Escudo Tahun 2000 yang kami pergunakan dan keluhan kami sebagai berikut:

1. Bila di jalanan rata / halus, tidak masalah dengan goncangan nya, tetapi bila di jalanan yang tidak rata/gelombang aduh Pak ...minta ampun Goncangannya terlalu keras sekali seperti naik kereta Api ( goncang kanan dan goncang kiri ) dan kadang kala lari kanan lari ke kiri.


2. Pemakaan di BBM nya terlalu boros sekali (1 : 7-8 KM ).Hal - Hal yang sudah kami perbaiki pada saat kami beli kendaraan tsb. di Agustus 2006, sebagai berikut :

1. Service total (Tune Up, ganti semua Olie), pengencangan baut2 bagian bawah .

2. Spooring dan balancing (Roda / Pelek Ring 16) dan pemberian Stabilizer bagian ban belakang. 3. Check Understell dan Check Shockbeeker (di ganti ). Berkaitan dengan hal tersebut. diatas kami Mohon bantuan solusi nya dari Bapak, apakah terkait dengan Goncangan dan di Pemakaian BBM nya bisa di tanggulangi. Demikian kami sampaikan keluhan kami, mohon kiran nya dari Bapak dapat memberikan solusi nya dan tidak lupa kami Ucapkan banyak2 terima kasih. Salam, Amat Kasan Woi. amat.kasan@wicaksana.co.id


Jawab: Terima kasih atas e-mailnya. Pak Amat Kasan, anda sudah memilih membeli mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang dari jenisnya saja sudah menunjukan mobil tersebut diutamakan untuk keperluan sport. Lazimnya mobil sport memiliki ciri-ciri seperti yang Anda keluhkan. Salah satu ciri kasnya adalah, suspensi dibuat lebih keras dibandingkan dengan mobil penumpang (minibus dan sedan) karena itu kendaraan tersebut disiapkan untuk beroperasi pada lokasi jalan yang tidak mulus.


Biasanya untuk mengubah konstruksi aslinya perlu beberapa langkah. Saya menyarankan untuk merubah per. Dahulu per daun asli yang tebal dan berjumlah sedikit diganti dengan perdaun yang lebih tipis dalam jumlah lebih banyak, setinggi per asli. Karena sekarang umumnya mobil menggunakan per koil, maka carilah per koil sedan yang cocok. Resikonya ketika bermuatan penuh body mentok pada chasis dan terjadi bunyu duk duk duk. Cara lain adalah, beri muatan seberat 100 kg, bisa pasir dimasukan ke ban truk dan letakan di bagian belakang. Resikonya mobil bertambah boros. Ban juga berpengaruh terhadap kenyamanan. Sedan bannya ukuran kecil, truk ukurannya besar. Ganti ban lebi kecil, ring 14. Resikonya mobil menjadi ceper.


Soal pemakaian BBM, bisa disiati dengan dengan cara mengemudi. Pertahankan RPM berada dibawa 3000 rpm atau lebih ekstrem adalah mengecilkan lubang jet (spuyer). Datangi bengkel khusus (alamatnya akan saya emailkan), mintalah untuk membuat mobil menjadi lebih irit. SUV dengan ukuran sebesar Escudo pemakaian normal dalam dan luar kota, bensin 1 liter 8 km wajar-wajar saja.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix