27 Februari 2008

Untuk Pak Kartak di Jakarta

Dear Pak Martin, salam kenal. Nama saya Kartak. Saya sering sekali baca halaman blognya pak martin. Pengen sekali saya nanya lewat blog tersebut. Tetapi saya bingung mau nulisnya dimana. Biasanya kalau web yang berbentuk forum saya tinggal bikin Thread baru. Itulah sebabnya saya bertanya lewat email ini.

Pak saya punya Corolla Twin Cam tahun 90, saya pake untuk sehari-hari. Saya cukup memperhatikan perawatannya. cuman beberapa waktu terakhir ini penggunaan bahan bakarnya agak mengkhawatirkan. Rata rata 1 liter hanya untuk 8 km dalam kota tanpa AC. Saya sudah beberapa kali tanya ke beberapa bengkel. mereka sarankan turun mesin. Tetapi kalo saya perhatikan beberapa fakta di mobil ini saya ragu kalo bengkelnya jujur (nggak morotin).
faktanya sebagai berikut.

1. Setiap saya copot busi, busi tersebut relatif kering, hanya ada jelaga hitam.

2. Kalau lubang nafas klep yang di kop mesin (saya nggak tau namanya) saya cabut ketika mesin nyala tidak ada asapnya juga. bahkan ketika digeber.

3. Knalpot hanya berasap kalo pagi aja. (memang agak banyak sih uap airnya), tapi kalo mesin dah hangat di geberpun relatif nggak berasap, kecuali kalo digeber banget.

4. Soal berkurang atau tidaknya oli saya belum bisa pantau soalnya baru ganti oli minggu lalu.
Dengan keadaan seperti ini, apa saran pak Martin? Saya juga baca di blog pak martin soal "perhatikan warna knalpot" dan tentang kemungkinan ganti seal stem klep dan busing klep yang tidak harus buka packing silinder head. tinggal buka kop mesin aja. Apakah hal tersebut memungkinkan juga untuk dilakukan pada twincam saya?
Soalnya kalo memungkinkan mungkin saya mulai dari mengganti seal klep dan busing klep dulu. Soalnya kalo soal turun mesin saya masih ragu. Sebelumnya terima kasih

From: kartak.pramono@sandoz.com
To:
martin.teiseran@yahoo.co.id
Sent:
Wednesday, February 20, 2008 3:24 PM
Subject: soal mobil twincam

Pak Kartak Pramono, selamat siang
Saya tidak tahu caranya, membuat blog ini lebih praktis.
Saya lihat lain blog kok enak yah, seperti barusan lhat punya Kompas, kok atraktif sekali. Sudah minta bantuan, kalau ada yang mau bantu mengubah, tapi belum ada yang mau membantu. Okelah nanti ada....yah Thread itu apa pak Kartak..

Mobil baru turun mesin kalau

1. Sudah boros oli dan tenaga sudah sangat merosot, dan di ukur berapa tekanan kompresi pakai test kompresi (minimum 7 kg/cm2).

2. Mesin sudah terlalu panas, walaupun air radiator baik. Tetapi cuman selinder kop (head) diangkat kemudian diperiksa kalau2 ada yang retak, biasanya diikuti tutup radiator ada minyak, air juga demikian.

3. Bunyi mesin kasar karena bearing, metal sudah aus.
Membaca informasi bapak dari 1-3 rasanya mesin mobil bapak kondisinya masih baik. Cuman saya sarankan untuk periksa tekanan kompresinya, untuk mengetahui apakah klepnya ada baik. Coba malam hari di tempat yang gelap mesin dihidupkan lalu liat ada seperti "kunang kunang" tidak. Kalau tidak ada mesin sehat lah.
Nah soal boros dalam
kota, perlu saya tau kotanya di mana, kalau Jakarta atau Bandung, borosnya mah karena mesin hidup tetapi tidak jalan jalan.

4. Ganti seal klep harus lepas selinder kop. Tetapi seal klep berpengaruh pada oli cepat habis bukan bensin boros. Kalau belum pernah tune up, saya sarankan sebaiknya mesin tune up dulu. Lalu karburator juga dibersihkan, distel idle nya. Saringan udara juga sangat penting. Baik saya tunggu berita lebih lanjut. Saya pikir mobil Bapak sehat dan baik baik saja. (Martin)

Dear Pak Martin, senang sekali saya mendapat balasan email dari bapak. Kalo soal bagaimana membuat web forum saya juga tidak tahu caranya pak. Tapi kal
o bapak mau coba bandingin bisa ke www.serayamotor.com atau www.toyotanation.com disana bapak bisa melihat thread. Saya juga belum ngerti kalo di bahasa indonesiakan thread itu apa, semacam topik kali yah.
Ngomong-ngomong saya tinggal di
Jakarta pak.

Kalo dari ciri-ciri yang bapak sampaikan, poin yang belum bisa saya lihat itu nomer 1 pak, yaitu oli saya selalu lupa mau lihat kalo pagi.tapi untuk nomer 2 dan 3 tidak terjadi. Saya juga rutin tune up dan bahkan 3 minggu yang lalu saya service carburettor ke bengkel yang bagus (menurut banyak teman di forum) di Jakarta.

Dua minggu pertama semua hasil stelan carbu nya sangat memuaskan. tapi setelahnya pada waktu mesin dingin (choke bekerja) keluar asap dan mesin mbrebet. Kalo saya perhatikan baik2 sepertinya warna asapnya hitam, yang artinya berasal dari oli. Tapi setelah suhu operational mesin tercapai asapnya hilang dan baik idle nya maupun tarikan mesinnya normal. Kalo saat starter pagi saya menghindari terjadinya choke pada 1-2 menit pertama kemudian menginjak gas pelan pelan sampai terjadi choke, asap hitamnya tidak muncul. yang muncul kemudian cuman sedikit asap putih dan banyak uap.

Mungkin nggak ya pak kalo kejadiannya seperti berikut:

Pada saat pagi mesin dingin, bushing klep dan stem seal klep masih dingin.

· Karena bushing dan stem (klep) sealnya sudah tidak rapat maka pada saat piston turun (suction) oli justru masuk ke ruang bakar yang menghasilkan asap hitam.

· Setelah suhu mesin tercapai busing dan seal klep udah memuai sehingga oli tidak masuk ke ruang bakar. Karena kalo skenarionya seperti itu maka saya berani cuman turun mesin setengah untuk skir klep ganti busing dan stem seal valve. Bagaimana menurut bapak? Apakah musti ganti ring sheker juga? Sekarang saya lagi nyari bengkel yang bisa chek kompresi.
Terima kasih sebelumnya. Salam, Kartak

Terima kasih pak Kartak atas informasinya.

Kalau oli mesin tidak perlu tambah setelah jalan 1000 km, saya sarankan tak perlu bongkar- bongkar mesin. Apa lagi Anda sering tune up, mestinya mobilnya terawat baik. Soal asap sedikit tak jadi soal untuk mobil seusia mobil ini. Kalau asap hitam, tandanya bensin terlalu boros. Kalau asap putih tandanya oli yang terbakar. Nah yang paling pas ialah cari bengkel untuk cek kompresi. Kalau kompresinya 9 kg/cm2 ke atas tandanya ring piston masih baik.
Salam hangat saya

Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
http://martin1948.blogspot.com

----- Original Message -----



Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix