08 April 2008

Sesudah Parkir Susah Start

Selamat pagi Pak Nurdin

Kalau kambuh lagi, saran saya altenator dan regulator di periksa, bila perlu ganti regulator baru.

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id

Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
http://martin1948.blogspot.com

----- Original Message -----

From: nurdin fahrudi

To: Martin T Teiseran

Sent: Sunday, April 06, 2008 10:24 AM

Subject: Re: konsultasi

Selamat pagi pak Martin

Advis pak Martin sudah saya kerjakan semua. Untuk sementara maslah belum kambuh lagi. Semisal kambuh lagi, menurut bapak apakah saya perlu mengganti voltage regulatornya?
Terimakasih atas advisnya

Martin: Selamat pagi pak Nurdin Ini masalah agak serius. Coba di test tegangan Waktu RPM 3000 - 4000 berapa Volt. Saya menduga mengisiannya tidak baik. Mungkin tegangan pengisian terlalu tinggi, terus mengisi akhirnya malah merusak aki. Tegangan yang noemal 12.4 sampai 13.7 Volt. Kalau ada amper meter, coba ukur waktu stasioner tanpa menyaakan semua berapa Ampere. Lalu kalau pakai semua peralatan listrik berapa A. Ini penting untuk mengetahui altenatornya kuat tidak mensuplay aru aki untuk mobil ini. Juga perlu diketahui, besar arus pengisian voltagenya terlalu tinggi malah merusak aki dan aki tidak bisa menyimpan arus aki dengan baik, tolong saya dikarin kembali.

Nurdin: salam pak Martin, coil sudah saya ganti dengan yang orisinil toyota dengan adaya semacam resistor tambahan (kotak putih) di tempel di luar coil sendiri. setting kembali voltage di control voltagr sudah dilakukan juga. keluhan hilang selama lebih kurang 3 bulan. akan tetapi akhir-akhir ini kembali kambuh, dengan gejala hampir sama. ketika mobil menempuh perjalanan jauh (misal : rembang ke semarang) dengan ac nyala maka ketika mesin dimatikan (isi bensin, misalnya) maka mobil kembali susah distarter. juga ada keluhan lain ketika wiper saya nyalakan gerakannya menurut saya melemah, bahkan kemarin mati ditengah jalan dan ketika dari luar saya kembalikan wiper kembali jalan (lemah). klakson juga jadi kurang kenceng bunyinya. saya curiga dengan sistem kelistrikan di mobil saya. sebagai catatan, aki baru sekitar 5 bulan ganti. apa masalahnya di dinamo? mohon advis pak Martin. Terimakasih banyak sebelumnya.

Martin: Pak Nurdin, apakah mobilnya sudah normal kembali?

Nurdin: Salam Pak Martin.
Saya memiliki Kijang th 91, beberapa waktu ini mengalami masalah dimana bila digunakan perjalanan jauh ketika berhenti sesaat (parkir/isi bensin) kendaraan menjadi susah distarter lagi. Perlu dengan menginjak pedal gas agak dalam baru menyala, itupun mesin menjadi tidak stationer, bahkan apabila AC langsung dinyalakan mesin akan mati lagi. Saya sudah mengganti coil, platina, aki bahkan busi dengan yang baru. Sedangkan pada pagi hari ketika mobil pertama kali dinyalakan tidak mengalami masalah. Kira-kira apa yang perlu dilakukan? Oya, kijang saya tipe short, apa kiat yang bisa dilakukan untuk membuat suspensi menjadi lebih "lunak". Terimakasih sebelumnya.
Dari : Nurdin Fahrudi d/a Rembang Jateng nfahrudi@yahoo.com

2 komentar:

ANDI mengatakan...

Salam Kenal Pak Martin,
Sy Andi dr Bogor, saya hy ingin mengatakan salut dan kagum atas tulisan bp yg smart dan jelas shg mudah dimengerti....
Wawasan sy bertambah dg tulisan bp. TQ

Martin T Teiseran mengatakan...

Sdr Andi, kalau ada kritikan jangan sungkan sungkan, supaya blog kita semakin baik. Terima kasih atas dukungan Andi.

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix