28 April 2008

Karimun Ganti Timing Belt?

From: Buddy Nugraha

Sent: Thursday, September 06, 2007 2:38 PM

Subject: Tanya Seputar Perawatan Mobil

Dengan hormat,

Saya adalah pengikut setia tulisan-tulisan Bapak di http://martin1948.blogspot.com. Terus terang membuat saya sangat terbantu dengan tulisan2 Bapak karena saya termasuk masih awam dalam masalah mobil terutama mesin.

Baru-baru ini saya membeli mobil seken merk Suzuki Karimun type GX tahun 2004. Posisi odometer saat itu 63.000 km. Oli mesin baru diganti pada posisi 62000km. Semua kondisi dalam keadaan baik. walaupun demikian saya merasa perlu untuk memastikan bahwa mobil saya tidak "bermasalah". Saya pernah mendapat penjelasan dari mulut ke mulut mengenai hal-hal yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas/seken salah satunya penggantian Timing Belt.

Berkaitan dengan hal tersebut saya ingin mengetahui lebih banyak mengenai timing belt ini mengingat belum ada ulasan di blog Bapak yang membahas khusus Timing Belt. Pertanyaan saya antara lain:

1. Apakah sebaiknya mobil saya ini sudah harus diganti Timing Belt?? (Pemilik lama belum menggantinya). Kalo tidak salah pada buku petunjuk penggantian Timing Belt pada posisi 50.000km, namun beberapa rekan saya mengatakan masih aman untuk Karimun jika penggantian pada posisi 70.000km sekalipun.

2. Mahalkah penggantian Timing Belt tersebut? Sebaiknya di Bengkel Resmi atau cukup di Bengkel "biasa"? Resiko apa yang akan saya dapatkan jika timingbelt putus?

3. Berapakan konsumsi ideal BBM kendaraan saya ini??? (Terakhir konsumsi BBM sekitar 1:11,5km, normalkah?)

4. Mengingat teknologi masih memakai Karburator, apakah mobil saya setiap service memerlukan Tune Up, Termasuk adakah efek negatifnya mobil sering di Tune Up?

5. Apakah ketersediaan suku cadang untuk jenis/merk mobil seperti yang saya miliki ini mudah diperoleh? Bagaimana dengan biaya perawatannya?

Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasannya. Atas kesediaan Bapak menjawab email saya, diucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Buddy

From: Martin T Teiseran
Sent:
Thursday, September 06, 2007 5:17 PM
Subject: Re: Tanya Seputar Perawatan Mobil

Terima kasih, saya harap tulisan tulisan itu bisa membantu.............. pemakai mobil di negeri ini.
1.
Kalau belum pernah ganti Timing belt sebaiknya ganti sekarang, kalau putus jadi lebih rumit dan butuh biaya lebih banyak. Minggu depan akan saya tampilkan soal timing belt. Saran saya bawa ke bengkel resmi, karena kalau ada sesuatu yang kurang beres bisa di tangani oleh teknisi yang berpengalaman. Namun kalau mau lebih murah, bawa ke bengkel Plat H. Tapi cek dulu siapa tahu di bengkel non dealer malah lebih mahal.

2. Biaya pernggantian timing belt tidak mahal, sekitar Rp 300.000,- Pakainya cukup lama bukan. Baru ganti lagi 50.000 km Kalau mesin model Karimun kalau timing belt putus bisa bikin kerusakan pada piston, selinder mungkin cacat lalu harus korter, rocker arm patah, klep bengkok pokoknya banyaklah. Mending ganti sekarang.

3. Anak saya pernah pakai Karimun dalam kota sekitar 11 km setiap liternya. Jadi mobil ini lebih bagus.

4. Karimun sudah banyak beredar, jadi suku cadangnya juga banyak tersedia. Kalau tidak ada keluhan dan bensin masih irit sekitar 11 km/liter tidak perlu tune up setiap servis, yang penting perhatikan saringan saringan seperti tulisan dalam blog saya.

5. Biaya perawatan murah, kalau bisa coba belajar ganti oli sendiri, lebih murah lagi.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix