15 April 2008

Bunyi Bunyi Pada Stir




From: narendra airlangga
To: martin.teiseran@yahoo.co.id

Sent:
Monday, March 24, 2008 9:29 AM

Subject: tanya kaki-kaki

Pak Martin, saya ingin bertanya. saya menggunakan Kia Visto '01, kilometer 80 ribu.saya berdomisili di Surabaya kemudian di pindah Jakarta.karena kuliah di Surabaya, saya sering Jakarta Surabaya pp. Belakangan pada kaki kaki depan Visto saya mendengar bunyi2 "tek,tek" Setelah saya cek di dua bengkel Kia surabaya, dikatakan bahwa ball joint telah waktunya diganti.namun karena stok tidak ada, saya harus tunggu beberapa hari, sedangkan saya harus berangkat ke Jakarta segera.
Setelah di Jakarta, saya tanyakan pada satu bengkel Kia, saya dapat laporan bahwa ball joint baik2 saja, dan bunyi2 tsb hanya karena suara karet karet yang aus. Namun setelah diganti pun tetap saja suara itu ada meskipun frekuensinya lebih berkurang.

Pertanyaan saya, sebenarnya apa sih gejala2 ball joint rusak, dan apa akibatnya?

Jawab dari : Martin T Teiseran
Terkirim: Senin, 24 Maret, 2008
18:35:09
Topik: Re: tanya kaki-kaki

Suara ball joint atau tie rod bunyi lebih keras, seperti tuk tuk tuk dan terjadi semakin keras kalau melewati jalan rusak berluang atau kriting. Saya perkirakan bunyi itu disebabkan oleh join dari steering dan rack end yang dekat ke roda. Joint itu berada antara roda kemudi dengan as yang ke rack stir. Kemudian bisa juga karena rack end sudah aus. Ini sudah beberapa kali saya ulas di blpg ini. Maaf mungkin penjelasannya kurang memuaskan. Soal bunyi agak sulit, agak terbantu kalau mendengarkan langsung.

Salam hangat saya

Narendra :
Atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih. Tidak apa apa pak, saya mengerti koq. kalo masalah suara ini memang tdk mudah kalo tdk dengar langsung. saya hanya ingin mencari side opinion saja, krn pendapat 2 bengkel di sby berbeda dgn pendapat bengkel jkt, pdhl sama2 kia. yang di sby bilang ball join sudah oblak, yg jkt bilang tdk.

1 pertanyaan lagi pak, apakah perbedaan tie rod itu dgn ball joint, krn saya sampai skrg tdk tahu ball join spt apa, krn saya lihat di internet gambarnya mirip dgn tie rod.
terima kasih

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix