06 Mei 2008

Mobil Goyang Pinggul

From: "Lucky-Abdul MALIK" <lucky-abdul.malik@total.com>
To: <
martin.teiseran@yahoo.co.id>
Sent: Friday, May 02, 2008 7:38 AM
Subject: Kijang SGX '99> Pagi pak Martin, biasa mau konsultasi mobil pak. Waktu ke luar kota kemarin (sendiri), saya merasa ada yang tidak beres dengan Kijang saya. Saat
kecepatan kurang dari +/- 40 km/jam, jalannya tidak mulus (terasa goyangan) walau kita berada pada kondisi jalan yang mulus/beraspal bagus. Saya sempatkan cek di bengkel spooring and balancing, mereka cek dan menurut mereka ada masalah di ban kiri belakang karena sedikit tidak rata dan kemungkinan juga di tie rod pada ban kiri depan karena ban kiri depan agak kendor tetapi bukan karena kurang kencang baut2 nya.
Karena saya merasa tie rod lebih kritis, maka tie rod pada ban kiri depan saya ganti dan kebetulan tidak begitu mahal.

Ternyata goyangan mobil masih terasa. Kira-kira apa ya pak masalah mobil saya? Dugaan saya pasti bukan ban kiri belakang yang sedikit tidak rata, tetapi mungkin ada masalah di kaki2 ban atau juga kemungkinan di bannya sendiri yang tidak balance. Herannya, selama ini saya tidak merasakan goyangan saat lari kecepatan 40 km/jam atau kurang dan baru terasa kemarin. Kalau lari kencang ya tentu tidak terasa karena mungkin juga putaran ban terlalu kencang ya pak. Ok pak, saya sangat berharap advis bapak Salam. Lucky

Jawab: Coba ban belakang kiri yang kurang rata di ganti/pinjam dari bagian lain. Di kecepatan 40 km/jam mestinya gerakannya seperti berlenggang bukan getaran. Kalau tirot ketika masuk jalan rusak getarannya lebih terasa, kalau jalan mulus tidak terasa. Apakah kalau mundur ada bunyi kling? Saya kok curigai cross joint propeler shaft sudah resak, tetapi periksanya gampang oleh
teknisi. Coba tanya apakah sudah benar balans roda depannya. Kalau masalah balans getarannya ada pada stir, tetapi kalau goyangan bisa karena ban dan cross join. Saya tunggu perkembangannnya. Salam hangat saya

From: "Lucky-Abdul MALIK" <
lucky-abdul.malik@total.com>

Pagi pak Martin,
Setelah saya ganti dengan ban cadangan, ternyata jalannya kijang tidak goyang lagi hehehehe ........
Sewaktu saya ganti tie rod, montir mobil juga merekomendasikan ganti ban kiri belakang dengan bancadangan. Tetapi arena ban cadangannya sudah tipis/jelek, saya tidak mau ganti dan berharap mobil tidak goyang lagi.
Kemarin saya ke bengkel dan semua bengkel yang saya datangi merekomendasikan agar ban tersebut diganti dengan pertimbangan bahwa memang permukaannya sudah tidak rata. Ini bisa saja terjadi karena kemungkinan benang ban putus dan menyebabkan permukaan ban tidak rata. Akhirnya saya coba ganti dan ternyata benar, mobil berjalan dengan mulus kembali.
Terima kasih juga buat pak Martin atas saran2 nya.
Salam.
Lucky



Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix