03 Mei 2008

All New Corolla tidak pakai platina!

From: Adi Rintoshakti Semarang.

Sent: Tuesday, October 16, 2007 4:16 AM

Subject: Tanya Toyota Corolla All New Th 1996

Salam hormat.

Terimakasih atas balasan surat saya beberapa waktu yang lalu. Saya mau tanya lagi nih Pak. Saya pemilik mobil Toyota Corolla All New tahun 1996 (beli second). Sebelum puasa saya tune-up di bengkel terkenal khusus Toyota di daerah bunderan Karangayu, dan hasilnya diminta ganti platina karena sudah waktunya. Saya manut saja karena saya berpikir bengkel terkenal tidak akan menipu konsumen. Selang beberapa waktu kemudian, saya mengalami problem di pompa bahan bakar (posisinya di bawah jok belakan) sehingga mobil tidak mau di stater/mogok. Karena bengkel tersebut jauh dari tinggal saya, maka saya putuskan untuk masuk di bengkel dekat rumah. Saya bercerita bahwa sebelumnya pernah di tune-up di bengkel lain, tetapi tidak disampaikan bahwa pompa bahan bakar saya sudah bermasalah. Yang jadi pertanyaan saya adalah : menurut montir bengkel dekat rumah saya bahwa mobil saya tidak menggunakan platina karena sudah memakai sistem CDI. Jadi mana yang benar Pak? Apakah pompa bensin ada batasan umur Pak? Mengingat harganya mahal sekali. Terimakasih atas jawabannya, kalau tidak keberatan lewat e-mail saja Pak.

Jawab:

Selamat siang Pak Adi, saya sedang berada di Timor, namun dengan sistim komunikasi kita masih bisa berhubungan dan memerikan jawaban seperti ini Terima kasih atas email Anda, selamat Idul Fitri.

Memang benar kalau mobil sudah dilengkapi dengan CDI maka mesin itu tidak memakai platina dan kondensor, seperti umumnya mobil lama, maka sungguh mengherankan bila ada teknisi seperti yang mengatakan ganti platina. Cara mereka melayani anda sungguh membahayakan masa depan bisnis, mereka akan kehilangan pelanggan karena tidak jujur kepada pemilik mobil.

Pompa bensin mobil EFI/Injektor berada dalam tangki. Jadi sebenarnya bisa awet, namun karena pompa terendam dalam bensin maka awetnya tergantung kualitas bensin. Pertama, dulu bensin kita mengandung timah, jadi mudah memacetkan bagian yang berputar di dalam pompa. Kedua kalau bensinnya mengandung air maka akan membuat karat juga, akibatnya memacetkan pompa pula.

Pompa memang bisa rusak karena kedua sebab itu. Dan kalau rusak maka tidak dapat mengirim bensin ke mesin lagi. Sekarang apakah mesin masih bisa dihidupkan? Teknisi bisa mengetahui apakah pompa masih baik dengan cara kontak pada posisi on dan melihat apakah ada tekanan (bensin keluar dengan deras) lewat pipa yang berada di daerah mesin. Dari pada ragu-ragu, dan harga pompa itu juga mahal mending bawa dan periksa mobil ke Nasmoco Gombel. Salam hangat saya
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
Kunjungi: http://martin1948.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix