Tenaga mesin sangat dipengaruhi oleh system kompresi dan komponen yang digunakan. Mesin yang menggunakan system Over Head Valve (OHV) masih banyak menggunakan komponen untuk membuka dan menutup klep. Rocker arm shaft, rocker arm, liefter, pushrod yang tidak ada pada mesin DOHC (double over head cam shaft) menyebabkan mesin DOHC lebih bertenaga dibandingkan dengan OHV. Mesin seri K 1300 cc pada Corolla DX hanya 60 ps, sedangkan mesin 1300 cc pada Avanza memiliki 92 ps, bedanya sangat besar.
Diantara OHV dan DOHC ada mesin SOHC (single over head cam shaft) yang kedudukannya satu strata dibawa DOHC.
Bila stelan klep tidak tepat maka akan mempengaruhi tenaga mesin.
Rantai kamrat yang sudah mulur, akan menyebabkan bunyi dan mempengaruhi ketepatan tutup buka klep yang pada akhirnya mempengaruhi tenaga mesin.
Ring Pistos terdiri dari dua bagian dan 2 bahagian. Bagian atas adalah ring kompresi dan bawah ring oli. Umumnya yang lebih dahulu aus adalah ring oli. Gejalanya oli sering habis dan asap berwarna putih. Kalau ring kompresi yang aus akan menyebabkan mesin kurang tenaga dan
Diantara OHV dan DOHC ada mesin SOHC (single over head cam shaft) yang kedudukannya satu strata dibawa DOHC.
Bila stelan klep tidak tepat maka akan mempengaruhi tenaga mesin.
Rantai kamrat yang sudah mulur, akan menyebabkan bunyi dan mempengaruhi ketepatan tutup buka klep yang pada akhirnya mempengaruhi tenaga mesin.
Ring Pistos terdiri dari dua bagian dan 2 bahagian. Bagian atas adalah ring kompresi dan bawah ring oli. Umumnya yang lebih dahulu aus adalah ring oli. Gejalanya oli sering habis dan asap berwarna putih. Kalau ring kompresi yang aus akan menyebabkan mesin kurang tenaga dan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar