03 Juli 2007

Solar Belum Cocok

Soal BBM Pertamina


Tanya: Pak Martin, banyak rekan saya menggunakan Kijang Innova Diese. Membaca penjelasan di Suara Merdeka sebulan lalu, membuat mereka merasa “terancam”. Setiap saat mobilnya bisa rusak akibat kualitas solar Pertamina belum memenuhi sarat Ero II. Pertanyaan kami adalah, bagaimana caranya agar mesin Innova Diesel bisa tetap awet walaupun terpaksa memakai solar yang ada. Djasmanto, Wologito Semarang.
Jawab: Mesin diesel sangat membutuhkan solar bersih. Karena, solar ditekan dengan tekanan tinggi harus melewati lubang sangat kecil. Sehingga kalau solarnya kotor maka dalam waktu lama akan menutup lubang tersebut dan akhirnya mobil mogok. Solar produksi Pertamina yang sekarang ada di Jateng dan DIY mengandung belerang memelebihi ambang batas yang diijinkan untuk Kijang Innova yang sudah menggunakan mesin common rail. Oleh karena itu Toyota tidak lagi menjual Innova Diesel di Indonesia.
Bagi yang sudah terlanjur menggunakan Innova Diesel, satu- satunya cara adalah lebih sering mengganti saringan solar. Setahu saya saringan solar Innova sudah dibuat khusus agar bisa membersihkan kotoran dalam solar. Kalau biasanya 20.000 km baru mengganti saringan solar maka sekarang maksimum 10.000 km. Memang beresiko, bukankah teh manis yang dikasi gula, walaupun sudah disaring akan tetap manis juga? Proses sampai mobil mogok tidak spontan, tapi membutuhkan waktu. Pernah ada pemilik Innova nopol B, dari Jakarta ke Jateng, karena di Jateng tidak ada Solar Dex (hanya ada Jakarta) maka pulangnya Innova Diesel dinaikan ke truk.

Tanya: Mobil keluaran baru, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia telah menerapkan tehnologi canggih, yaitu VVTi dan DOHC, serta menggunakan Catalic Converter (CC). Kata beberapa teman, kedua mobil tsb harus memakai bensin tanpa timbal ( seperti Pertamax ), bila pakai premium, maka dalam waktu kurang dari 5 tahun akan mengalami kerusakan. Tetapi kalau Dealer di tanya tentang hal ini, maka jawaban mereka tidak masalah menggunakan premium. Menurut Bapak, bagaimana? Satu lagi pertanyaan, bila untuk keperluan transportasi didalam kota, maka mobil yang paling ideal adalah 1000 cc atau 1300 cc? Apakah mobil 1000 cc mesinnya cukup kuat untuk membawa penumpang 7 orang dengan kondisi AC full on, dan cuaca di luar bersuhu panas? Agus Jagalan Semarang.
Jawab: Apa yang di kata teman- teman Anda, itu yang benar, atau pakai premium tanpa timbel. Kalau terus menerus menggunan bensin bertimbel maka sekitar 100.000 km, CC akan rusak. Saran saya, agar lebih aman sebaiknya selalu menggunakan Pertamax. Agar tahu saja, CC pada mesin Avanza atau Xenia menyatu dengan exhaust manifold, sehingga lebih sulit diakali dibandingkan dengan Vios.
Mesin, 1000 cc, 63 tk cukup kuat untuk narik AC dan penumpang 7 orang. Ideal atau tidaknya mobil tentu banyak pertimbangan. Kalau pertimbangannya irit maka beli cocok 1000 CC, namun bila mau yang lebih bertenaga putuskan saja beli 1300 CC/ 92 tk.

Tidak ada komentar:

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix