18 Juli 2007

Mengatasi Bau di Ruang Penumpang

Tanya: Teman saya membeli Toyota Innova Diesel. Dia telah memakainya untuk beberapa hari. Sepulang dari luar kota dia mengalami gangguan pernapasan. Setelah dia memeriksakan ke dokter, ternyata dia mengalami sakit ISPA.
Apakah ada hubungannya mengenai penyakit tersebut dengan sistem Air Conditioner atau ruang Kabin dalam mobil tersebut. Karena sebelum mengendarai, teman saya merasa sehat-sehat saja. Selain itu, kondisi kabin mobil yang bisa kemasukan udara dari luar seperti bau solar atau bau lainnya, apakah memungkinkan terjadinya gangguan tersebut. Selain itu saya juga ingin bertanya, apakah rubrik otomotif ini sudah di buat menjadi buku, kalau sudah dimana saya bisa dapat? Demikian pertanyaan saya dan terima kasih. Andi Hartawan Semarang.
Jawab:
Benar sekali, penderita ISPA sangat berhubungan dengan udara yang dihirup dan kondisi fisik yang tidak fit. Ada orang yang merasa biasa saja bila menghirup udara tak sedap dari mobil, akan tetapi sebagian kecil orang sangat peka terhadap udara yang dihidup.
Kemungkinan penyebabnya pada AC dan aroma ruang mobil sangat beralasan. Sesungguhnya, AC mobil bekerja dalam suatu proses tertutup.Artinya likuit yang berada didalam pipa- pipa tidak akan keluar kecuali pipa- pipa itu ada yang bocor. Padahal, kalau ada kebocoran maka likuit akan segera habis dan temperatur ruangan mobil menjadi tidak dingin lagi. Bila teman anda sudah menggunakan mobil lebih dari 2 minggu dan AC tepat dingin, dapat dipastikan tidak ada kebocoran yang menyebabkan bau yang menyebabkan ISPA.
Kedua, saya sependapat dengan Anda dan menduga penyebabnya memang dari aroma ruangan mobil. Kita ketahui bahwa untuk merekatkan plafon maupun plastik para pekerja menggunakan lem (semacam Castol) dimana aromanya keras, dan bila terhidup bahan kimia itu akan membuat radang selaput lendir di rongga tenggorokan. Demikian pula karpet yang tampaknya bagus, proses dan bahannya juga menggunakan cukup banyak mahan kimia yang memiliki aromanya keras.
Saran saya, untuk menghilangkan aroma bahan kimia itu, pertama jemur mobil itu di lapangan. Semua pintu dibuka agar panas matahari yang keras bisa menguapkan bahan kimia yang terdapat di dalam mobil. Kedua, jangan menggunakan pengharum ruangan, karena bahan kimia yang juga bisa menyebabkan ISPA. Ketiga, bila ketika berjalan ada bau solar masuk ke ruangan penumpang, saya sarankan bawa ke dealer Toyota. Ada karet kedat udara yang tidak beres, juga mengingat akibat perbedaan tekanan udara, aroma dari luar mobil bisa degan mudah masuk ke ruangan penumpang, kalau ada yang bocor.
Anda bisa mendapatkan 3 buku saya di TB Gramedia atau Gunung Agung. Tulisan- tulisan pada Suara Merdeka sedang dipersiapkan penerbitannya.

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix