20 Oktober 2007

Perlu Servis Besar KM 95.000.

Kedautan Rakyat Januari 1997

Yani, Godean - Yogyakarta
Mobil saya Honda Genio th 1992, km 95.000. Pemakaian tiap hari +\- 60 km. Yang ingin saya tanyakan:

1. Sebentar lagi mobil saya mencapai km 100.000 , hal-hal apa yang harus saya perhatikan terutama mengenai komponen-komponen yang mudah aus?
2. Benarkah mobil dengan CDI tidak boleh dipancing hidup dengan jalan didorong?
3. Apa yang menyebabkan accu menjadi lebih pendek umur dalam pemakaiannya, dan berapa lama waktu pakai accu yang normal? Mengapa yang cepat rusak/airnya cepat kering hanya lubang yang tengah?
4. Baru-baru ini mobil tidak bisa distarter, setiap kunci diputar berbunyi: "tek, tek,...". Kunci seolah terhalang sesuatu, ketika didorong mobil bisa jalan, tetapi setelah beberapa jam didiamkan tidak bisa distarter kembali. Apakah mungkin ini terjadi karena kerusakkan dinamo starter? Ada yang bilang kerusakkan dinamo starter biasanya terjadi pada mobil usia +\-10 tahun.Sekian surat saya, terimakasih atas jawaban Bapak. Off the record: Seke­dar usul, bagaimana kalau Bapak menerbitkan buku mengenai Penge­tahuan tentang mobil yang sangat mendasar, yaitu mengenai sara mengemudi yang benar, perawatan mobil sehari-hari, dan perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan sendiri oleh pemula. Pokoknya sebagai panduan bagi pemula.

Jawab: 1. Anda telah menggunakan mobil dengan efisen, hal itu dapat dilihat dari km mobil Anda. Hanya dalam waktu 3 tahun mobil sudah mencapai 100.000 km. Sudah barang tentu, mobil tersebut perlu mendapat perhatian khusus, agar tetap sehat dan efisen. Mobil bukan sehat hanya pada saat baru saja, namun akan tetap sehat walaupun km nya sudah mencapai lebih dari 100.000 asal pemiliknya rajin merawat. Perawatan yang teratur setiap 5000 km dan mengikuti apa yang tertulis pada buku servis yang biasan­ya disertakan saat beli mobil.

Dengan mengikuti petunjuk- petun­juk tersebut maka diharapkan mobil akan tetap sehat. Banyak jenis pekerjaan yang perlu dilakukan pada km yang ke 80.000 sampai 100.000, selain yang biasanya Anda lakukan setiap 5000 km, antara lain; ganti semua oli mobil termasuk minyak rem dan minyak kopling. Ganti semua saringan termasuk timming belt, tali kipas, busi.

Selanjutnya Anda mungkin merasa system kopling terasa keras dan berat. Maka sebaiknya mengganti plat kopling, clutch cover dan release bearing, karena kopling yang keras melelahkan saat Anda mengalami kemacetan lalu lintas. Pada system pendingin, tampak slang air mulai membesar sehingga daya tahannya berkurang. Agar tidak pecah saat dalam perjalanan maka disarankan mengganti slang baru. Sangatlah berbahaya kalau tanpa setahu Anda air habis karena kebocoran pada sytem pendinginan mesin. Bagian rem yang
merupakan komponen sangat fital pada mobil saatnya pula untuk direparasi. Silinder di roda perlu dibersihkan dari debu, bahkan tidak jarang bagian tersebut macet sehingga tidak bisa optimal disaat mengerem. Selain system pengereman yang ada di roda maka harus membersihkan pula master rem. Sering kali karet- karet rem yang terletak pada kedua bagian tersebut sudah aus dan perlu dipasang yang baru. Umumnya pada km 90.000, gigi kemudi dan tie rod-tie rod perlu pula diperiksa, walaupun masih cukup baik.
Gerakan kemudi saat mesin mati dan perhatikan apakah gerakan bebasnya tidak boleh lebih dari 30 mm.

Karet- karet lengan sus­pensi (Lower arm dan upper arm) maupun karet strut bar biasanya juga sudah aus.Selain bagian- bagian yang disebut diatas maka mesin juga harus diresvis.
Umumnya mobil yang sudah menempuh sekian jauh disarankan untuk membersihkan ruang kompresi dan skur klep agar kinerja mesin optimal kembali. Namun hendaknya mobil Anda
dibawa ke dealer Honda, konsultasikan kondisi mobil Anda.

2. Mobil memang tidak dianjurkan menghidupkan dengan cara mendorong. Pertama, karena banyak mobil sekarang menggunakan timing belt (bukan rantai baja) yang tidak boleh tersentak, dan kedua pada mobil yang menggunakan EFI, aki yang lemah menyebabkan suplay bahan bakar terhenti. Maka sejauh apapun didorong mesin tidak bakal hidup.

3. Aki akan cepat rusak atau cepat kering airnya karena pengisian
arus (ampere)nya terlampau besar sehingga terjadi panas dan penguapan. Mobil Anda harus segera diperiksa ke bengkel.

4. Dari informasi yang Anda berikan, maka penyebab mesin tidak mau start bukan pada motor starter, tetapi lebih banyak disebab­kan oleh aki yang sudah lemah/ rusak. Aki yang sudah tidak tahan lama menyimpan arus listrik memang memberikan gejala seperti itu. Mula-
mula mobil tidak bisa distart pada pagi hari karena mesin tidak bekerja sepanjang malam. Tidak lama kemudian lalu disusul hanya bertahan 5 sampai 6 jam. Aki perlu diganti, namun sebelumnya harus diperbaiki alternator dan regulator arus pengisian. Kalau tidak kerusakan bisa meremben ke motor starter. Anda 2 buku yang diterbitkan Penerbit Kanisius, hasil tulisan saya di Kedau­latan Rakyat.

19 Oktober 2007

Memperbaiki Body Penyot

Seorang teknisi terdidik melakukan pekerjaan perbaikan pintu mobil yang penyot (tekok) dengan teknik tanpa pemanasan, dimana pemanasan plat body akan merusak pelat.

Suara Merdeka Juli 2003
Akibat populasi kendaraan bermotor yang semakin banyak dan tidak seimbangannya pembangunan jalan raya maka, kini kemungkinan mobil mengalami kerusakan body akibat saling tabrak dan saling senggol semakin sering terjadi. Indikasinya, semakin banyak dibangun bengkel- bengkel ketok dan cat dimana- mana. Tempat- tempat perbaikan bodi ini, ada yang didukung modal besar ada yang tradisional. Sejalan dengan itu teknik pengecatan dan ketok bodypun mengalami kemajuan.

Dulu, banyak pendapat yang mengatakan bahwa semakin tua seorang tukang cat atau tukang ketok maka semakin bagus hasilnya. Ternyta sekarang situasi sudah berubah. Teknsi- teknisi muda yang di terdidik, berlajar secara sistematik, bisa menghasilkan kualitas pengecatan dan ketok yang sama kualitasnya bahkan, teknisi- teknisi terpelajar ini dengan menggunakan teknik dan alat yang lebih sesuai tidak mustahil menghasilkan hasil yang lebih baik. Anggapan bahwa cat dan kenteng merupakan milik dari orang yang berbakat dan berdarah seni tidak berlaku lagi.
Banyak kebiasaan lama yang salah kini malah dikoreksi oleh system dan teknologi baru. Sebagai contoh, dulu bila ada bagian bodi yang penyot maka pelat dibagian tersebut dipanas sampai merah, disiram air dingin dan kemudian akan diketok agar bentuknya pulih mendekati aslinya. Dengan cara ini diharapan ketika didempul, dempulnya tidak terlalu tebal. Permukaan pelat bodi memang pulih dan dopulannya tipis, akan tetapi pelat yang panas ternyata rusak dan akhirnya mudah menjadi karat

Dengan menggunakan teknologi maju, maka pelat tidak dipanasi lagi. Permukaan pelat yang penyot, oleh teknisi bodi dan cat, akan ditempeli cincing – cincing dan kemudian menarik bodi yang penyot tersebut menggunakan derek kecil. Untuk memperbaiki bagian yang rusak akibat tabrakan, kini teknisi lebih banyak menggunakan ketok dan tarik tanpa pemanasan. Hasilnya, selain kekuatan pelat tidak berubah permukaan catpun menjadi lebih cemerlang.
Kini, proses pengecatan membutuhkan ruangan khusus, yang dikenal dengan nama ofen. Bahan cat berkualitas tinggi, membutukan pula teknik dan pendukung yang baik. Pengecatan tidak bisa dilakukan diruangan terbuka, karena sisa- sisa cat akan kembali melekat pada permukaan yang dicat, yang mengakibatkan permukaan cat tidak bisa halus. Debu dan binatang kecil yang hinggap sulit dihilangkan karena cat cepat mengering. Oleh karena itu, pengecatan dilakukan diruangan (ofen) yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Udara yang disaring diisap dari luar akan kembali dikeluarkan lewat saluran lain. Sehingga terjadi perputaran udara. Kabut cat akan spontan terisap keluar sehingga tidak ada kesempatan menimpahi permukaan yang baru dicat.

Pembuatan cat juga sudah berbeda dari dulu. Dulu teknisi mencoba mencampur cat dengan menambah warna- warna lain untuk menyesuaikan dengan warna asli mobil. Sekarang tidak ada toko yang bisa menjual cat sesuai dengan warna mobil, kalaupun ada hanya untuk mobil- mobil 5 sampai 10 tahun yang lalu. Istilah cat bakar atau cat OEM, sudah jarang dipakai, karena prosesnya lebih sulit. Kalau ingin catnya bagus mobil harus dipanasi 150 sampai 200 derajat Celsius. Padahal panas setinggi itu akan melelehkan karet dan kabel- kabel. “Mobil- mobil baru, sekarang menggunakan cat urethane dan warna cat dibuat berdasarkan perintah komputer serta dicampur oleh mesin mixer color. Proses pengecatan hanya membutuhkan panas 80 derajat celsius” ujar Daya. S, dari Nasmoco Kaligawe.

Oleh karena itu, pastikan mobil Anda dicetok-cat di bengkel yang memenuhi persyaratan diatas. Bila tidak, bisa terjadi pekerjaan ulangan yang menjengkelkan, seperti struktur frame tidak standar, stir narik, plat bodi rusak cepat barat dan cat menjadi belang.

18 Oktober 2007

MENAMBAL BAN "TUBELSSS

KOMPAS, Kamis, 20-07-1995. Halaman: 17

SUNGGUH, amat menjengkelkan, apabila perjalanan Anda tiba-tiba terganggu, hanya karena ban mobil gembos terkena paku. Lebih menjengkelkan lagi, bila dalam mobil pun tidak tersedia dongkrak, kunci pembuka ban, dan ban cadangan pun dalam keadaan tidak prima, alias gembos pula. Lebih repot lagi, bila daerah sekitar tempat kejadian tidak ada tukang tambal ban. Akankah ban mobil yang gembos itu dipaksa terus berjalan? Memang, banyak cara digunakan untuk mengatasi ban gembos.

Dalam perjalanan, kita sering tidak memikirkan peralatan untuk berjaga-jaga bila ban mobil kita tiba-tiba gembos. Beruntung, bila tempat kejadian yang tidak mengenakkan ini dekat dengan tukang tambal ban. Selain itu, dari sebagian besar mobil yang berseliweran di jalan-jalan raya, hampir dipastikan umumnya sudah menggunakan ban tubeless. Kecuali bagi mobil lama, di mana pelknya tidak diperuntukkan bagi ban tubeless.

Pemakaian ban tubeless memang lebih menguntungkan. Ban jenis tubeless tidak menggunakan ban dalam. Ban luar itu sekaligus berfungsi sebagai ban dalam. Bila di tengah jalan, ban jenis tubeless terkena paku, ia tidak akan langsung habis anginnya. Angin berangsur-angsur keluar, dan memakan waktu yang cukup lama. Cara menambalnya pun lebih mudah, bahkan sering kali bisa dikerjakan sendiri. Peralatan untuk menambal ban tubeless pun bisa dibeli di sejumlah toko onderdil. Keuntungan lain dengan menggunakan ban jenis tubeless adalah, kendaraan menjadi lebih ringan. Dalam banyak kejadian, pemilik mobil seringkali baru mengetahui bila ban mobilnya gembos, justru pada saat mau berangkat.

Pemasangan ban tubeless mempunyai persyaratan khusus, menyangkut ban itu sendiri dan pelk yang digunakan. Pada pinggir ban umumnya tertulis "tubeless". Selain itu, pelk untuk ban tubeless sengaja dirancang berbeda dengan ban biasa. Ini dimaksudkan untuk "menangkis" adanya kebocoran.

Berikut disajikan petunjuk untuk membantu Anda yang ingin menambal ban tubeless yang bocor, bila di tempat kejadian tidak terdapat tukang tambal ban.

1. Pertama yang harus Anda sediakan adalah alat tambal ban yang hanya terdiri dari dua jenis obeng, permacure (penyumpel) dan sejenis lem castol. Peralatan ini banyak tersedia di toko asesori.

2. Dongkraklah bagian ban yang gembos lalu cari penyebabnya. Biasanya ban tubeless gembos akibat paku atau benda tajam lain yang mudah terlihat oleh mata. Kalau Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan tempat kebocoran, bisa menggunakan busa sabun untuk mencari lokasi bocor. Cabut penyebab kebocoran dan bersihkan sisa- sida kotoran yang terdapat pada lubang itu.

3. Gunakan obeng yang berbentuk spiral untuk mencari arah lubang. Berhati- hatilah untuk tidak membuat lubang baru. Setelah obeng ditusuk sambil diputar searah jarum jam sampai penuh, obeng itu dicabut. Ulangi sekali lagi. Tidak perlu merasa khawatir untuk membuat lubang lebih besar meski penyebab bocor hanya sebuah paku kecil. Setelah lubang dipastikan bersih, lumeri obeng itu dengan lem castol dan tusuklah tegak lurus ke arah ban. Setelah itu biarkan obeng tertancap pada ban.

4. Ambillah sebuah permacure, lepaskan pembungkusnya dan masukkan ke obeng yang berbentuk jarum. Kemudian lumeri dengan lem castol dan siap dimasukkan ke lubang ban.

5. Gunakan tangan kiri untuk mencabut obeng pertama yang tertancap pada ban, lantas seketika itu pula masukkan dan tekan obeng yang lain terpasang permacure. Setelah bagian itu masuk penuh, cabutlah seketika. Diamkan beberapa saat sampai lem tersebut kering (sekitar 5 sampai 10 menit). Kalau ban mobil Anda mengalami kebocoran besar dapat menggunakan permacure sampai tiga buah. Namun cara ini berisiko bocor lagi. Kalau demikian lebih baik ban dibawa ke tukang tambal ban untuk di tambal menggunakan karet tambal dan dipanasi.

6. Setelah diberi angin dengan tekanan yang cukup, sisa permacure dipotong hingga tersisa sekitar 0.5 cm, atau biarkan saja. Bagian yang tersisa ini di saat mobil berjalan akan membentuk permukaan yang menyerupai paku keling.

7. Bagi Anda yang menggunakan ban tubeless jangan sekali- kali melepaskan ban dari pelg dengan menggunakan linggis. Cara ini akan merusak permukaan pelg dan ban yang dirancang tahan terhadap kebocoran. Gantilah ban baru pada toko yang dilengkapi dengan alat bongkar pasang ban.

8. Dalam perjalanan jauh, siapkan pula pompa selain permacure kit. Peralatan ini akan menjadi dewa penolong pada saat dibutuhkan, apalagi di daerah yang jauh dari tukang tambal ban.

17 Oktober 2007

Teknologi, Tenaga & Hemat BBM

Suara Merdeka Agustus 2003.

Akhir akhir ini kita disuguhi berbagai informasi yang katanya berteknologi maju, seperti ABS, VVT-i dan teknologi busi dua persatu selinder pada Honda. Apa maksudnya dan apa pula manfaatnya bagi pemakai/ pembeli. Mohon penjelasan. Sugianto, Boyolali.
Waktu pemerintahan orde baru, hampir semua ATPM tidak terlalu mementingkan teknologi, karena dengan teknologi sederhanapun mobil laku terjual dinegri ini. Kini setelah dibebaskan jenis mobil apa saja boleh masuk ke negeri ini maka pembelipun dengan leluasa dapat memilih jenis teknologi maupun model yang diinginkan. Bahkan kita dapat menjelajahi internet dan kemudian menghubungi Importir Umum (IU) untuk membuat impian menjadi kenyataan, asalkan ada uang.

Teknologi VVT-i adalah salah satu teknologi yang digunakan pada mobil sedan ukuran kecil keluaran Suzuki dan Toyota, Vios, New Baleno dan Aerio. Teklnologi ini mengatur agar pembukaan dan penutupan klep dapat terjadi secara maksimal. Karena selama ini sistim klep konvensional telah terjadi overlaping. Mestinya klep belum menutup pada langkah isap, pada sistem lama sudah menutup sehingga pemasukan bahan bakar tidak maksimal, al hasil tenaga mesin tidak optimal. Demikian pula dengan klep buang yang sudah menuitup padahal sisa pembakaran belum habis dikeluar.

Pada sistim VVT-i, noken as (camshaft) yang selama ini kita kenal sebagai komponen penekan klep mengalami perubahan besar. Dulu noken as dipasang menyatu tidak bergerak terhadap gigi noken as. Sekarang, noken as didesain bisa bergerak untuk jarak tertentu terhadap noken as. Konstruksinya secara sederhana bisa dianalogikan seperti gigi roda pada sepeda motor. Antara gigi dimana dihubungkan dengan mesin oleh rantai ada sedikit gerakan. Hal itu terjadi karena didalamnya (sproket) ada karet, Karet tersebut yang akan meredam agar gerakan motor lebih halus. Mesin yang dilengkapi sistim VVT-i, di dalam sistim ada piston yang bekerja mempercepat dan memperlambat tutup bukanya klep memaksimalkan kerja mesin.
Sebagai contoh dimana pengaruh perubahan teknologi dapat memperbesar tenaga mesin. Besar mesin Soluna 1500 cc, demikian pula mesin Vios sama- sama 1500 cc. Akan tetapi bedanya sangat nyata. Tenaga maksimum Soluna hanya 92 ps dan dengan teknologi VVT-i, Vios bisa meningkat menjadi 109 ps, atau naik sebesar 12 %.

Honda menggunakan dua busi untuk setiap selinder, lebih menitik beratkan pada pembakaran yang sempurna. Pada permulaan langka kerja ada percikan busi dan beberapa saat kemudian ada percikan api oleh busi kedua. Sistim ini dimakduskan agar kinerja mesin menjadi optimal dan hemat BBM.

ABS, Antilock Break System, adalah terknologi untuk melengkapi sistim pengereman. Mengatur agar ketika pengerem mendadak tidak terjadi pengancingan pada satu roda sehingga mobil tidak tergelincir.

16 Oktober 2007

PERHATIKAN WARNA KNALPOT

KOMPAS, Kamis, 26-01-1995. Halaman: 10

KONDISI sebuah mesin dapat diindikasikan dari warna ujung knalpot. Warna itu bisa berupa hitam, hitam basah, hitam berjelaga, atau abu-abu seperti warna abu rokok. Warna ini menunjukkan, normal tidaknya pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Tekanan kompresi masih tinggi atau penggunaan oli mesin sudah boros. Warna knalpot juga dapat emggambarkan kondisi pembakaran, yang menyangkut penghematan bahan bakar dan daya. Pada mesin diesel seperti bus-bus besar, sering kita lihat gas buangnya berwarna hitam dan bisa menghalangi pandangan. Ini biasanya disebabkan oleh stelan suplay solar ke mesin diubah. Supaya tenaga mesin lebih besar, volume solar lebih banyak disemprotkan ke ruang bakar.

Warna ujung knalpot yang hitam dan basah seperti orang pilek, pertanda usia mobil sudah uzur. Mesin yang "flu" seperti ini, biasanya diikuti dengan tekanan kompresi rendah. Ring Piston yang aus menyebabkan oli dari ruang karter naik ke ruang bakar dan tidak bisa terbakar habis. Karena oli ikut dalam campuran bensin dan udara, akibatnya mesin tidak enak, nglithik dan boros bahan bakar, boros oli mesin. Bau gas buanganya pun seperti oli terbakar.

Tanda-tanda
Kinerja mesin yang tidak begitu bagus, biasanya ditandai dengan tekanan kompresi tetap tinggi tetapi oli mesin cepat habis. Mungkin setiap 1.000 kilometer perlu tambah oli satu liter (isi karter cuma tiga liter). Berarti, oli masuk tidak dari ruang bakar tetapi lewat atas, lewat batang klep.

Warna kehitaman pada knalpot, meski tidak basah, juga menggambarkan kondisi mesin tidak beres. Sedangkan warna putih keabu-abuan, menunjukkan pembakaran bagus, dan mobil seperti ini mudah dihidupkan. Tok cer!

Apa yang menyebabkan mesin "flu" dan "alergi"? Mari kita perhatikan tanda-tanda yang ada di ujung knalpot.
Warna abu-abu atau hitam, kalau pagi hari mengeluarkan air. Air yang keluar dari ujung knalpot adalah hasil kondensasi. Mobil yang umum kita jumpai, menempatkan mesin di muka dan ujung knalpot ada di bagian paling belakang. Panjang knalpot plus muffler (saringan) bisa antara 2 sampai 3 meter. Dalam keadaan dingin, akibat perbedaan tekanan, udara (H2O) memenuhi ruangan knalpot.
Pagi-pagi, ketika mobil dihidupkan, tersembur air lewat knalpot. Kejadian seperti ini tidak membahayakan mesin. Bagi pemilik mobil yang tidak sering menggunakan mobil untuk jarak jauh, bahkan hanya memanasi mesin selama lima menit setiap hari, akan mengakibatkan muffler cepat hancur karena karat.
Tetapi, semburan air yang keluar dari ujung knalpot tidak selalu ada pada setiap mobil. Keadaan ini, biasanya terjadi pada mobil-mobil mewah. Mengapa? Ada mobil tertentu yang muffler-nya dilapisi semacam nilon tahan panas, sehingga air sudah terendapkan.

Warna hitam
Mesin yang sudah tua, knalpotnya lazim mengeluarkan warna hitam dan meneteskan oli. Hal ini banyak disebabkan oleh ring piston dan piston yang sudah aus (kocak), sehingga oli ikut tertekan ke ruang bakar. Kompresinya mungkin tinggal 75 persen. Setiap 1.000 kilometer, mobil ini harus menambah oli sekitar 30 persen dari ukuran full. Mobil seperti ini harus segera diperbaiki. Bila dibiarkan terus, dapat merembet ke bagian lain seperti kruk as rusak dan mempercepat ausnya sulingan (rocker arm shaft) dan bushing rocker arm. Bagi pengemudi, akan terasa tenaga mesin amat berkurang dan suaranya kasar.

Apabila knalpot mobil Anda mengeluarkan asap berwarna hitam berjelaga. Keadaan ini menunjukkan, tekanan kompresi masih tinggi meski setiap 1.000 kilometer menghabiskan satu liter oli. Tenaga mesin umumnya kurang dan bensin lebih boros sampai 10 persen.

Tidak seperti kendaraan lainnya, meski sama merk dan jenisnya. Karena tekanan kompresi masih baik, maka oli tidak ke ruang bakar lewat piston, melainkan oli lewat batang klep ke ruang bakar.

Mengapa bisa terjadi demikian.
Pada mesin mobil, baik yang dua klep maupun multi-valve, pada setiap silinder ada banyak lubang untuk batang klep. Ada satu silinder sampai empat klep. Bila pemasangan seal karet klep kurang tepat atau karet sudah "mati", maka oli akan ikut masuk ke ruang bakar waktu langkah hisap. Semakin lama, seal semakin longgar dan oli pun semakin boros. Tenaga mesin menjadi berkurang, karena campuran bukan hanya bensin dan udara, tetapi ditambah dengan oli.

Untuk memperbaikinya, tidak sulit, dan tidak perlu turun mesin. Cukup melepaskan kop-mesin dan menggantikan seal klep dengan yang baru. Dengan memperbaiki seal klep, kita dapat menikmati mesin yang lebih bertenaga dan bahan bakar yang lebih irit sampai 15 persen.

Setelah membongkar, Anda akan menemukan jelaga tebal dan keras di sekitar batang klep. Pada mesin yang menggunakan timing belt, harap diperiksa perlu tidaknya mengganti timing belt baru dan water plug.

Lantas, bila knalpot mobil Anda mengeluarkan asap berwarna abu-abu, itu menunjukkan, mesin mobil masih beres. Bila dihidupkan pada pagi hari pun, biasanya gampang. Mesin terasa ringan bertenaga, bunyinya halus, dan irit bensin.

15 Oktober 2007

Mobil Baru Buat ISPA.

Suara Merdeka April 2007

Tanya: Teman saya membeli Toyota Innova Diesel. Dia telah memakainya untuk beberapa hari. Sepulang dari luar kota dia mengalami gangguan pernapasan. Setelah dia memeriksakan ke dokter, ternyata dia mengalami sakit ISPA.

Apakah ada hubungannya mengenai penyakit tersebut dengan sistem Air Conditioner atau ruang Kabin dalam mobil tersebut. Karena sebelum mengendarai, teman saya merasa sehat-sehat saja. Selain itu, kondisi kabin mobil yang bisa kemasukan udara dari luar seperti bau solar atau bau lainnya, apakah memungkinkan terjadinya gangguan tersebut. Selain itu saya juga ingin bertanya, apakah rubrik otomotif ini sudah di buat menjadi buku, kalau sudah dimana saya bisa dapat? Demikian pertanyaan saya dan terima kasih. Andi Hartawan Semarang.

Jawab:
Benar sekali, penderita ISPA sangat berhubungan dengan udara yang dihirup dan kondisi fisik yang tidak fit. Ada orang yang merasa biasa saja bila menghirup udara tak sedap dari mobil, akan tetapi sebagian kecil orang sangat peka terhadap udara yang dihidup.

Kemungkinan penyebabnya pada AC dan aroma ruang mobil sangat beralasan. Sesungguhnya, AC mobil bekerja dalam suatu proses tertutup.Artinya likuit yang berada didalam pipa- pipa tidak akan keluar kecuali pipa- pipa itu ada yang bocor. Padahal, kalau ada kebocoran maka likuit akan segera habis dan temperatur ruangan mobil menjadi tidak dingin lagi. Bila teman anda sudah menggunakan mobil lebih dari 2 minggu dan AC tepat dingin, dapat dipastikan tidak ada kebocoran yang menyebabkan bau yang menyebabkan ISPA.

Kedua, saya sependapat dengan Anda dan menduga penyebabnya memang dari aroma ruangan mobil. Kita ketahui bahwa untuk merekatkan plafon maupun plastik para pekerja menggunakan lem (semacam Castol) dimana aromanya keras, dan bila terhidup bahan kimia itu akan membuat radang selaput lendir di rongga tenggorokan. Demikian pula karpet yang tampaknya bagus, proses dan bahannya juga menggunakan cukup banyak mahan kimia yang memiliki aromanya keras.

Saran saya, untuk menghilangkan aroma bahan kimia itu, pertama jemur mobil itu di lapangan. Semua pintu dibuka agar panas matahari yang keras bisa menguapkan bahan kimia yang terdapat di dalam mobil. Kedua, jangan menggunakan pengharum ruangan, karena bahan kimia yang juga bisa menyebabkan ISPA. Ketiga, bila ketika berjalan ada bau solar masuk ke ruangan penumpang, saya sarankan bawa ke dealer Toyota. Ada karet kedat udara yang tidak beres, juga mengingat akibat perbedaan tekanan udara, aroma dari luar mobil bisa degan mudah masuk ke ruangan penumpang, kalau ada yang bocor.

Ada kejadian, dimana pemilik mobil sika menggunakan pengharum ruangan yang seperti sabun batangan. Suatu saat pengaharum itu habis dan dalam kurung waktu lama pengharum yang padat itu menempel ke epakurator AC (seperti kisi radiator). Lalu mengakibatkan pendingin ruangan tidak normal, tidak dingin lagi. Maka sebaiknya jangan menggunakan pengharum yang menyerupai lilin itu.
Anda bisa mendapatkan 3 buku saya di TB Gramedia atau Gunung Agung. Tulisan- tulisan pada Suara Merdeka sedang dipersiapkan penerbitannya.

14 Oktober 2007

Janji Kenyamanan Minibus

Femina Pebruari 1997

Kami bermaksud membeli minibus karena jumlah anggota keluarga sudah bertambah dan sebuah sedan yang ada sudah tidak muat. Selama ini kami membaca artikel di surat kabar dan semakin tertarik teratarik dengan iklan yang dimuat di berbagai media masa. Kami ingin mendapatkkan penjelasan tentang tingkat kenya­manan dari minibus minibus yang diiklankan. Apa beda kenyamanan kalau mesin dipasangkan di depan mobil seperti Kijang atau Panther dibandingkan dengan minibus lain yang tidak menggunakan hidung atau mesin berada di bawa tempat duduk pengemudi dan penumpang. Bagaimana pengaruhnya kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang?

Jawab:
Kabarnya kendaraan minibus yang dapat muat 2 kali sedan semakin besar saja peminatnya. Jumlah penjualannya yang besar mendongkrak mobil jenis ini, dan konon Kijang saja sudah menca­pai angka 625.000 unit belum termasuk Kijang generasi terakhir yang baru saja iluncurkan pada bulan Januari 1997. Agaknya kesukaan masyarakat negeri ini erat kaitannya dengan kebiasaan, atau boleh dibilang semacam budaya "bersama" pada masarakat, yang katanya, kalau merasakan sesuatu yang menyenangkan seperti peknik, malu kalau dinikmati sendiri. Sekeluarga diajak ikut bahkan kalau bisa tetanggapun diajak ikut serta. Dengan demikian apa yang sedang Anda alami, sedan yang sudah dirasakan terlalu kecil, juga dirasakan oleh sebagian besar masarakat negeri ini.

Banyak informasi dari iklan maupun artikel di koran. Tetunya setiap mobil ingin menyampaikan keunggulannya masing- masing. Nisan Serena umpamanya, menonjolkan diri sebagai mobil yang sesuai untuk seluruh anggota keluarga dan lambang cintaga. Demikian pula dengan Isuzu Panther yang mengklaim sebagai mobil yang paling irit dan rajanya mesin diesel. Terakhir kita dibuat penasaran oleh munculnya Kijang baru yang dikatakan menga­nut sistem MCV (Multi Confort Vehicle) yang menjanjikan 5 macam kenyamanan. Memang minibus yang satu ini sejak muncul pertama kali sebagai mobil dengan julukan "kotak sabun" pada tahun 1977 hingga januari 1997, boleh dibilang mobil yang paling populer dengan populasi terbanyak diantara semua minibus.

Memilih minibus tentunya harus menggunkan beberapa alasan. Soal mesin memang harus diperhitungkan. Karena mesin yang baik dan bandel jelas sangat menunjang kelancaran operasi sebuah mobil. Selain mesin yang bandel maka bunyi mesin yang berisik jelas mengganggu kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudinya. Sering kali mesin yang berisik seperti mesin diesel juga diikuti dengan getaran yang sampai ke ruang penumpang, ikut mengurangi rasa nyaman. KHusus pada mesin diesal getaran dan berisik adalah hal yang wajar, karena cara kerja mesin diesel dan mesin bensin memang berbeda, terutama besarnya tekanan kompresi. Beda mesin diesel dan mesin bensin menyerupai bedanya kompor pompanya minyak tanah dan kompok yang menggunakan gas. Mesin diesel bisa disama­kan dengan kompor minyak tanah yang menggunakan pompa tekanan pompa, yang lazimnya digunakan oleh penjual makmi di pinggir jalan. Bunyinya bising sekalipun panasnya luar biasa kalau dibandingkan dengan kompor gas. Sebaliknya mesin yang menggunakan mesin bensin dapat disamakan dengan ibu rumah tangga yang menggunakan kompor gas. Bukan saja beda pada bunyi tetapi arona dari keduanya juga berbeda. Makanya membeli sebuah minibus, tentukan dulu, mesin model apa yang dipilih. Kalau mengutamakan iritnya biaya harian dan Anda tidak menyetir sendiri dan lebih sering dikemudikan oleh sopir, tentunya lebih cocok memilih mobil yang menggunakan bahan bakar solar, karena harga solar setengahnya harga bensin. Nemun kalau yang dicari kenyamanan, jelas mesin diesel kalah nyaman dibandingkan dengan mesin ben­sin.

Setelah itu letak mesin juga ada pengaruhnya. Mobil yang meletakan mesin di bawah tempat duduk umumnya masih nyaman pada waktu masih baru, tetapi kalau sudah lama mulai ada gangguan. Biasanya skat yang dipasangkan pada tutup mesin di bawah jok sudah rusak dan akibatnya udara panas leluasa masuk ke ruang penumpang. Selain menimbulkan panas juga bisa menyalurkan arona yang kurang sedap serta masuknya gas buang CO, NOx dan HC. Walaupun demikian mobil tanpa bonet juga ada untungnya karena ukur­annya lebih pendek sehingga hemat tempat parkir.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan bonet, seperti Kijang dan Panther, mesin yang ada di depan memberikan kenyamanan lebih baik pada ruangan penumpang. Kemungkinan udara panas masuk ke ruang penumpang akibat kebocoran lebih kecil sehingga AC bisa lebih nyaman. Selain itu mobil yang menggunakan bonet atau memil­iki hidungnya di depannya bisa meredam benturan dari depan, dan memberikan tingkat keamanan yang optimal bagi penumpangnya. Selain itu karena konstruksi yang dibuat seperti itu maka stir bisa dipasangkan lebih miring dan ini bisa menyamai kemiringan stir sedan.

Satu yang lain dalam memilih minibus adalah kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi.
Perhatikan kemiringan kaca dan keleng­kungan kaca depan. Kaca yang tidak melengkung menyebabkan pandan­gan pengemudi ke depan tidak leluasa dan pilar baja disamping kanan sopir biasanya mengganggu saat hendak berbelok ke kanan bandingkan dengan sedan yang pernah dimiliki dan kemudian putuskan membeli mobil yang serba guna dan senyaman sedan.

13 Oktober 2007

Enaknya Transmisi Otomatik

Suara Merdeka Juli 2003

Beberapa teman pemakai mobil transmisi otomatik mengeluh. Dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual, kampas rem lebih boros pada transmisi otomatik (TO). Apa yang menyebabkan dan bagaimana mengatasinya? Apa saja kelebihan pada trasnisi otomatik? Teguh- Sleman Yogyakarta.

Jawab:
Transmisi otomatik biasanya dijalankan tanpa memindahkan posisi tuas transmisi. Maka ketika sudah pada posisi D, mobil bisa dipacu mulai 0 sampai 160 km/jam bahkan lebih. Nah, ketika berhenti hanya tinggal menekan pedal rem. Kalau dihitung, lebih banyak kaki menginjak pedal rem pada transmisi otomatik dibandingkan dengan transmisi manual. Mungkin pula, karena asyik menikmati keyamanan pengemudi lupa bahwa pada transmisi otomatikpun ada engine brake. Caranya memindahkan tuas tyransmisi pada poisisi L dan sedikit menekan rem. Dengan cara ini kampas rem menjadi lebih irit. Kampas rempun bisa lebih boros ketika mobil berada di lampu pengatur lalu lintas. Pengemudi cenderung tidak menekan pedal rem maksimum atau menarik hand brake. Menghadapi jal;an macet, penegemudi tidak biasa menetralkan transmisi otomatik.

Ada banyak kelebihan pada transmisi otomatik.
1. TO mem­berikan kenyamanan luar biasa mengatasi rasa penat ketika berada dijalan macat. Mobil bisa berjalan mulus walaupun harus maju dan berhenti secara mendadak, karena tak perlu menginjak kopling. Hanya menekan pedal rem atau pedal gas mobil dapat maju dan berhenti dengan mulus. Dengan menggunakan TO pengemudi juga tidak terlalu lelah Selain kaki kiri tidak perlu bekerja maka tangan kiripun tidak selalu digunakan seperi pada transmisi manual.

2. Keuntungan lain dari TO adalah awetnya plat kopling. Karena tidak ditekan dengan kaki melaingkan secara otomatik oleh tekanan oli maka umumnya plat koplingbnya lebih lama masa pakai. Kalau tidak ada masalah dengan oli, seperti kehabisan oli atau terlambat mengganti oli maka plat kopling tidak perlu diganti.

Cara menggunakan:
Pada perangkat tuas transmisi otomatik ada beberapa huruf yang menyatakan manfaat dan cara penggunaan. "P" (Parking) mobil pada posisi ini tidak bisa bergerak Pada Camry ada shift lock. Tanpa menekan tombol ini tuas transmisi tak dapat dipindahkan. Maksudnya, ketika parkir, tersenggol atau ditarik anak kecil posisi tetap pada parking. "R" (Reverse) digunakan apabila hendak mundurkan mobil dan " N " (Neutral) digunakan waktu mobil berhent sesaat.
"D" (Drive) mobil dijalankan bila kondisi jalan datar dan mulus/ normal. Pada posisi ini pemindahan posisi gigi dalam transmisi otomatik akan berpindah secara otomatik, sesuai putar­an mesin dan beban. Bila kondisi jalan mulus dan tanpa hambatan tombol OD (Over Drive) gigi akan pindah dari 3 ke 4. Pada saat itu putaran mesin lebih rendah dari putaran propeler shaft

"2" (Second), digunakan kalau mobil jalan di daerah bukit yang membutuhkan mobil berjalan perlahan atau kalau Anda menggu­nakan mesin untuk mengurangi kecepatan. Pada posisi ini disaran­kan kecepatan maksimum 95 km/jam untuk Corona dan 113 km/jam untuk Corolla serta Kijang 81 km/jam. Berhati - hati pada kedudukan 2, jangan menurunkan kecepatan mobil secara kasar karena bisa mengakibatkan mobil terpuntir, jebih baik dibantu dengan rem

" L " digunakan pada medan yang macet dan tanjakan atau penurunan yang curam, yang membutuhkan efek pengereman mesin (engine brake) yang maksimal. Kecepatan maksimum pada posisi ini adalah 44 km/jam untuk Kijang, Corona 52 km/jam dan Corolla 65 km/jam.
Beberapa larangan bagi pemakai transmisi otomatik: jangan memindahkan ke posisi undur atau ke posisi " P " kalau kendaraan masih bergerak karena akan menyebabkan mobil kehilangan kontrol dan merusakan mekanikal yang serius. Waktu di tanjakan jangan menggunakan pedal gas untuk menahan mobil berhenti, gunakan selalu rem parkir atau rem dan biasakan selalu menginjak rem kalau mobil berhenti walau sesaat untuk mencegah mobil tidak bergerak sendiri kedepan. Banyak orang masih menyangsikan ketangguhan transmisi otoma­tik walaupun mengakui kelebihan pada kenyamanan. Masih ada yang takut terutama kalau mengalami mogok. Sebenarnya transmisi bebas dari gangguan bila terawat dengan baik. Kendala utama pada semua mobil adalah aki rusak demikian pula pada mobil transmisi otoma­tik. Menghadapi hal itu yang perlu diperhatikan adalah perawatan terhadap aki seperti periksa jangan sampai aki pernah kering dan mengganti kalau sudah tiba waktunya mengganti dengan aki baru. Dengan cara ini, anda tidak perlu kawatir mobil mogok di perjalanan.

12 Oktober 2007

RPM Mesin Tak Mau Idle

Suara Merdeka Juli 2003.

Tanya, Hermanto, Jl Wonodri Krajan Buntu 11 Semarang: Mobil saya Zebra 1994. Selama ini saya selalu menggunakan oli Mesran Super dan ganti setiap 2000 km. Apakah cara saya benar, tepatnya ganti pada km ke berapa? Mobil ini kalau menggunakan AC, mesinnya cepat menjadi panas khususnya pada siang hari, panasnya bisa sampai bendera. Kalau malam kurang sedikit, apakah ini normal? AC siang hari tidak dingin malah keluar udara panas dari lubang anginnya. Kalau malam cukup dingin. Ada yang menyarankan untuk menambah kipas, padahal sudah ada kipasnya.

Jawab:
Saya juga sudah lama menggunakan Mesran Super dan biasanya saya ganti setiap 5000 km. Akan tetapi sejak ada Kijang kapsul maka sejak tahun 1997 saya mengganti dengan Mesran Prima, gantinya tetap 5000 km. Beralihnya ke Mesran Prima karena ada perubahan sistim klep pada Kijang baru.

Menengok mesin mobil Anda tahun 1994, sudah benar menggunakan Mesran Super. Saran: tidak perlu mengganti setiap 2000 km, karena harga oli sudah semakin mahal. Oli mesran super bisa tahan lebih dari 5000 km, sampai 8000 km. Oleh karean itu kalau diganti setiap 4000 km, cukup aman. Yang penting setiap tambah bensin, periksa permukaan oli, kalau kurang, ditambah saja dengan oli baru dan ganti saringan oli setiap 10.000 km.
Banyak keluhan tentang mesin menjadi panas pada Zebra kalau menggunakan AC khususnya pada siang hari. Udara luar yang panas memang sering membuat mesin mobil ikut panas. Yang penting pastikan sekarang, apakah mesinnya sampai mendidih (umub). Kalau sering mendidih maka perlu diperiksa sistem pendinginannya. Selang, pipa dan radiator apakah beres, tidak bocor. Perhatikan, mestinya pada pagi hari tidak ada air yang menetes. Kalau ada kebocoran, maka disarankan segera diperbaiki di bengkel.

Mobil- mobil yang suka panas ketika menggunakan AC pada siang hari memang lebih bagus ditambah extra ven (listrik). Karena ketika beroperasi dijalan macet, atau dalam kota mobil berjaan berlahan, sehingga udara dari depan tidak cukup kencang dan kipas radiator tidak beputar cepat karena RPM mobil rendah.

Tanya, P. Noto W, Sidodadi IV/02 Sukorejo Purwokerto: Mestinya busi diganti setelah berjalan berapa km dan kapan harus dibersihkan? Renggang cela busi berapa? Saya memiliki mobil Toyota Corolla 74, keadaan mesinnya masih lumayan. Hanya kalai mesinnya hidup, walalupun posisi stasioner, mesin tidak mau rendah RPM-nya. Padahal stelan sekrup di karburator sudah paling rendah. Bagimana caranya agar RPMnya bisa rendah?

Jawab:
Busi dijadwalkan diganti setiap 20.000 km, akan tetapi saya biasanya menyarankan, sejauh kinerja mesin masih bagus dan bensin masih irit, bisa ditunda lebih lama. Saya pernah pakai sampai 40.000 km. Supaya percikan bunga api terarah maka busi perlu dibersihkan setiap 5000 km dan distel ulang celahnya. Celah busi 0.8 mm. Ada busi yang diganti tanpa perlu dibersihkan sampai 50.000 km. Busi tersebut dibuat dari bahan platinum dan mobil sudah menggunakan bensin tanpa timbel. Karena tanpa timbel maka tidak ada kerak pada busi.
Corolla tahun 74, artinya sudah 30 tahun. Banyak bagian sudah aus, termasuk trotol valve di karburator. Kalau pedal gas diinjak, maka terlihat pelat ukuran lingkaran di karbutor bergerak. Pada karburator yang masih baik, plat itu akan menutup rapat. Plat tersebut pada karburator mobil Anda pasti sudah aus. Coba diperbaiki dibengkel, atau coba pinjamkan karburator dari mobil lain. Karburator Kijang cocok, kalau ternyata ada perubahan, mesin mau stasioner rendah ganti saja dengan karburator baru. Karena dengan menggunakan karburator baru, Corolla Anda bisa hemat bensin.

11 Oktober 2007

Jendul Jendul Kalau Panas

Suara Merdeka

Dari Kefamenanu Timor, ibu kota kabupaten Timor Tengah Utara, sebuah kota kecil saya berhasil sambung ke Telkomnet, dan inilah hasilnya. Sebelum saya ingin menyampaikan, bahwa perjalanan darat dari Kupang ke Kefamenanu saya menggunakan Kijang Kapsul 2001. Bensin sekitar 14 km untuk 1 liter bensin. Jalan raya bukan seperti di Jawa, nyaris tidak ada jalan lurus sejauh 3 km. Banyak jalan berkelok menjadi dan menurun. Banyak bukit dan jurang, walaupun tidak keganas jurang-jurang sepanjang jalan di Flores.

Tanya: Tolong tanya masalah katana'94. Indikator hand rem mobil Katana saya biasanya hidup dan pada suatu saat mati. Lalu pada waktu saya service di dealer Suzuki katanya mobil Katana saya tidak bisa dihidupkan indikatornya alasannya tidak ada switch pada handremnya. Katanya pula harus ditambahin switch baru bisa hidup.yang saya bingung biasanya hidup trus mati kok dikatakan tidak bisa dihidupkan lampu indikatornya. gimana ya tolong bantuannya.Terimakasih. ariawanhartono@yahoo.com

Jawab: Informasinya, Katana keluaran tahun 94 ada yang sistem lampu indikator sudah langsung ada, akan tetapi ada jenis Katana lain yang belum ada lampu atau yang harus pasang tambahan. Sesungguhnya pemasangan lampu indikator ini sangat sederhana. Sama seperti anda memasang switch (kontak) indikator lampu untuk menandakan pintu mobil sudah tertutup rapat atau belum.Mestinya pihak bengkel bisa menghidupkan kembali atau mengganti switch indikator lampu rem Katana Anda yang rusak.

Tanya: Di kota Solo atau Semarang ada atau tidak bengkel khusus yang mampu memperbaiki reflektor headlamp mobil? Saya mempunyai Honda LX tahun 89, keluhannya sorot lampu depan kurang terang, mungkin karena warna reflektor yang telah kusam... Bagaimana cara mengatasinya? Sebelum pilihan terakhir yaitu mengganti headlamp yang kira-kira harganya Rp. 850.000,-/buah?? terimakasih atas solusinya. WID wawwid@yahoo.com

Terima kasih atas email Anda. Anda benar. Bila reflektor head lampu sudah buram sinar lampu tidak terang benderang lagi. Mestinya diganti baru saja. Saya tidak memiliki alamat bengkel yang bisa memperbaiki. Kalau ada pembaca yang mengetahui alamat bengkel yang bisa memperbaiki bisa kirim ke alamat email di bawa.

Tanya: Saya mempunyai Suzuki Baleno tahun 2001 yang mempunyai masalah; Bila pada siang hari atau musim panas sekitar jam 12 ke atas, mesin mobil selalu tersendat-sendat sampai sekitar pukul 6 sore, tetapi jika mesin dimatikan sekitar kurang lebih 15 menit, bisa berjalan normal kembali sebentar lalu tersendat-sendat lagi. Begitu seterusnya.
Tetapi pada malam hari atau musim hujan, mobil berjalan seperti biasa, tidak tersendat-sendat. 2. Bila mobil di jalankan di jalan tol, dari membayar pintu gerbang masuk tol hingga pintu gerbang keluar, mobil tersendat-sendat lagi. 3. Mobil sudah dibawa ke bengkel resmi Suzuki, di tune-up, ganti busi baru, koil baru, saringan bansin baru.Mobil masih mengalami masalah yang sama. Agus Suyono, agussuyonosrondol@yahoo.com

Jawab: Pertanyaan ini, merupakan pertanyaan sulit untuk dijawab. Bengkel dealer memiliki teknisi yang bisa diandalkan, mestinya bisa mengatasinya. Saya mencurigai ada yang tidak beres pada saluran bahan bakar. Ada gelembung udara di dalam saluran/ pipa bahan bakar. Gelembung itu bisa disebabkan oleh pipa bocor atau bisa jadi pipa saluran bahan bakar terlalu dekat dengan knolpot. Coba, minta pihak bengkel, membuat saluran lain dan menggunakan jerigen. Atau periksa pompa bensin. Silahkan mencoba.


Bustanul Arifin bustanularf@yahoo.com
Rabu pagi saya membaca rubrik otomotif di Suara Merdeka dan ada pertanyaan mengenai perbaikan refelktor. Mencoba membantu Pak Martin untuk menjawab pertanyaan mas Wid mengenai Honda LX-nya, saya punya pengalaman yang menarik untuk hal tersebut.
Jawaban singkatnya ADA tempat yang bisa ngebenerin reflektor yaitu di Barito.

Pengalaman saya adalah begini,
suatu ketika saya ingin memodifikasi lampu stop belakang kijang dengan mika yang telah saya beli. ternyata pemasangan reflektor belakang tidak seperti yang saya bayangkan karena dilem secara kuat oleh pabriknya. karena takut pecah mika yang asli akhirnya saya putuskan ke Barito. sekitar 100m dari arah selatan (jalan majapahit) saya mendapatkan kios yang didepannya digantungkan beberapa lampu depan maupun belakang.

Di situ ada barang yang saya inginkan, dan ditawarkan harga 100ribu termasuk ongkos pasang. saya tanya bagaimana cara pemasangannya dijawab oleh si penjual dengan mencukil pelan-pelan (dengan resiko pecah tentunya) dan kalau tidak bisa, terpaksa dengan memecah semua mika yang menempel. Di tempat itu saya melihat ada lembaran semacam kertas stiker scotlight berwarna krom yang kata penjualnya adalah untuk memperbaiki reflektor lampu dan tentunya untuk refelktor lampu depan. Tawar menawar sampai pada harga 70ribu oleh penjual dan saya 60ribu. karena saya pikir ini baru tempat pertama yang saya singgahi maka saya bermaksud mencari tempat lain dulu.

Di tempat yang kedua (kira-kira 100m lagi dari tempat pertama dan kiosnya agak lebih kecil) saya mendapati harga dan cara yang lebih spektakuler. karena ditawarkan pemasangan sepasang lampu stop belakang hanya 35ribu rupiah. saya sampai terheran-heran dan tidak percaya sampai mengulangi harga yang dipatok beberapa kali. dan caranya kalau menurut saya lebih bagus karena dengan cara dibakar sedikit-sedikit hingga lem yang menempel agak mencair lalu dipisahkanlah reflektor dengan mikanya. akhirnya tentu bisa ditebak, saya memilih jasa tersebut. Ditengah proses pengerjaan pemasangan mika saya, tiba-tiba ada mazda cronos yang mengeluhkan lampu depan yang kotor dan tidak terang lagi jika malam hari. saya lihat dengan cekatan sipenjual/bengkel dengan cara yang sama membersihkan reflektor lampu depan dan katanya itu biasa terjadi mobil-mobil lain.

Dari pegalaman tersebut, mungkin bisa disimpulkan bahwa ada banyak tempat di Barito yang bisa memperbaiki dalam urusan memperbaiki reflektor. tetapi harus pandai memilih mana orang yang profesional dibidangnya dan mana yang bukan, Keprofesionalan orang tidak selalu ditunjukkan dengan harga yang mahal. Saran saya survey dulu ke Barito dengan naik sepeda motor (kalau sudah bawa mobil tentu merepotkan untuk harus mencari-cari tempat yang dimaksud), setelah ketemu tempat yang dirasa pas serta cocok, baru bawa mobil kesayangan.

10 Oktober 2007

Bahan Bakar Alternatif

Dari kota Kupang NTT, hari ini saya berhasil mengunjungi Anda baca setia. Ada sih ceritera, bayangkan rencana keberangkatan 16:40 dan kami baru mendarat 23:40 di Eltari Kupang. Mestinya penerbangan hanya butuh 1 jam 45 menit.

Kedaultan Rakyat. Juni 1997.

Ada ramalan yang mengatakan bahwa sebelum manusia selesai menjalani abad 21 ini, maka bahan bakar minyak sudah punah. Itu berarti kenikmatan yang dirasakan kurang dari 200 tahun kenyamanan mobil berbahan bakar minyak bumi akan berakhir. Manusia akan mengalami kesulitan besar karena selama ini terbiasa gerak cepat harus mengahadapi kendaraan alternatif yang relatif lebih lamban dan lebih repot. Mungkin!

Menggembirakan, bahwa sebelum abad 21 manusia sudah menya­dari bahwa minyak bumi bakal habis walaupun sebenarnya kesadaran itu bukan karena persediaan minyak bumi yang akan habis tetapi lebih karena polusi udara. Maka sekarang ramai dibicarakan ken­daraan dengan bahan altenatif seperti listrik (aki) dan hidrogen. Seperti halnya, kini lagi ramai dibicarakan oleh masyarakat Jakarta, kantanya Molek buatan Hyundai Korea bakal mengganti Bajaj. Sekali lagi alasannya bahwa tingkat polusi Jakarta tinggi juga akibat penggunaan bajaj. Walaupun penggunaan aki masih banyak kendala seperti, tempat pengisian aki dan lamanya menunggu pengi­sian aki yang katanya membutuhkan 2 jam. Namun msa depan mobil paska minyak bumi adalah listrik. Kalau suatu saat manusia bisa menemukan aki yang bisa bertahan 10 kali lipat dari sekarang maka masa depan mobil listrik akan cerah.

Bandingkan kalau mengi­si bensin! Kalau tidak hati- hati manusia bakal putus asa pada pertengahan abad ke 21.
Namun Anda tidak perlu terlalu kuatir. Bahan bakar masih tersedia, dan saat ini sudah ditemukan aki yang bisa bertahan lebih lama. Mungkin suatu saat aki tidak butuh pengisian dari jaringan PLN tetapi tinggal memasukan cairan kimia dan akinya ful lagi. Walaupun polusi apalagi yang bakal terjadi dari proses kimia sampai sekarang belum diumumkan.
Mobil listrik sangat tergantung pada aki seperti mobil bensin yang juga tergantung pada bensin. Begitu persedian bensin habis mobilpun mogok. Maka persoalannya adalah bagaimana menemu­kan aki yang bisa bertahan lama dan sifat aki yang terus menurun daya simpannya seiring dengan usia pakai sebuah aki. Seandainya aki terus baik, maka penggunakan molek sangat hemat. Hasil laporan Asosiasi Mobil Listrik AS, mengatakan disana sudah tersedia 975 tempat pengiisian aki. Katanya dengan menggunakan Molek pengeluaran biaya bisa hemat sampai 80%. Untuk setiap km, mobil yang menggunakan bensin menghabiskan 4 sen dolar maka Molek hanya 0.87 sen dolar atau 5 kali lebih murah.

Bahan bakar lainnya yang lagi di coba adalah Hidrogen walau­pun proses pembuatan hedrogen bukan kerjaan kecil. Butuh teknolo­gi dan biaya yang besar besar. Toyota sudah membuat dua mobil model yang biaya lebih dari Rp. 2 miliard. Pengalaman manusia dengan meledaknya balon zeppelin Hindenburg 60 tahun silam ten­tunya mengungatkan para ahli perancang untuk hati- hati bermain dengan hidrogen.

09 Oktober 2007

"WARRANTY" ADALAH HAK ANDA

KOMPAS, Kamis, 23-03-1995. Halaman: 17

SUDAH sejak lama warranty (garansi atau jaminan) kendaraan baru iperlakukan di Indonesia, khususnya oleh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) tertentu yang sudah mapan dalam pemasaran produknya. Warranty sudah merupakan kebijaksanaan internasional, ketentuan dari negara asal mobil baru tersebut, dan sudah menjadi hak Anda.

Sebagian dari Anda yang baru membeli mobil baru boleh jadi belum mengetahui hak Anda tersebut. Ketidaktahuan itu mungkin karena tidak mendapat penjelasan dari wiraniaga saat penyerahan mobil. Atau bisa juga karena Anda belum membaca buku servis tentang warranty tersebut.

Dapat dikatakan semua merek memberikan warranty. Bedanya hanya terletak pada berapa besar perhatian, pelayanan, dan apakah Anda puas atau tidak. Tentu hal itu tidak terlepas dari kesiapan jajaran pelayanan purnajual termasuk kualitas bengkelnya.

Bagi sebagian merek, kegiatan warranty sudah merupakan daya tarik tersendiri bagi calon pembeli, karena bisa memberikan rasa aman. Hampir semua bagian yang rusak dalam jangka waktu warranty bisa mendapatkan penggantian. Begitu pula bagi bengkel-bengkel, kegiatan warranty bukan lagi menjadi beban yang memberatkan, namun sudah menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Kegiatan warranty saat ini bisa dipakai sebagai sarana umpan balik bagi produsen mobil, yang kelak akan dipakai untuk menyempurnakan produksinya. Mungkin ini bisa diistilahkan dengan "jemput bola". Artinya, begitu mendengar ada keluhan, mobil Anda akan dijemput.

Keluhan
Sayangnya, tidak jarang kita membaca keluhan konsumen di surat kabar, yang sebelumnya sudah berdebat dengan pengelola bengkel. Mungkin yang terjadi adalah masing-masing kurang mengerti soal hak dan kewajibannya dalam soal warranty.

Berikut ini tentang warranty mungkin berguna bagi Anda.
1. Warranty adalah jaminan bagi kendaraan baru (tercantum dalam buku servis dan warranty) yang sudah dibeli dan digunakan. Dalam setiap penggantian suku cadang atau jasa yang diakibatkan oleh salah pengerjaan, maka pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

2. Masa berlakunya warranty sangat tergantung pada setiap merek mobil. Mobil-mobil Jepang bisa sampai dua tahun atau 50.000 km (bergantung mana yang lebih dulu tiba sejak penyerahan dari dealer, apakah tahunnya atau kilometernya). Sedangkan mobil Eropa bisa lebih dari itu. Karenanya, Anda perlu bertanya dan memperhatikan apa yang tertulis pada buku servis dan warranty tersebut. Data yang tertulis harus benar, karena hal ini akan mempermudah klaim Anda di kemudian hari.

3. Di mana bisa mendapatkan warranty? Anda bisa mendapatkan warranty di kota-kota seluruh Indonesia, di mana ada dealer resmi atau yang ditunjuk oleh ATPM. Kalau Anda tidak puas oleh pelayanan dealer, maka dapat menulis surat langsung ke kantor pusatnya. Yang penting pengaduan Anda jelas, dengan menyebutkan nomor mesin dan frame, tanggal pembelian, kilometer yang sudah ditempuh, serta dealer yang menjual.

Tidak semua warranty berjalan dengan mulus. Dalam hal tertentu bisa jadi Anda diminta pengertiannya, karena suku cadang pengganti tidak ada di tempat, atau bengkel memasangkan suku cadang robbing (diambil) dari mobil baru yang ada di ruang pamer atau gudang.

4. Di samping berlaku ketentuan 2 tahun dan 50.000 kilometer (kini: 3 tahun dan 100.000 km), bisa jadi ada ketentuan lain menyangkut suku cadang tertentu seperti aki, ban, dan knalpot. Aki biasanya mendapatkan jaminan 6 bulan atau 10.000 km. Sedangkan khusus ban, ada aturan tersendiri yang sudah diatur oleh Asosiasi Ban Indonesia, yang perlu Anda tanyakan waktu membeli mobil. Knalpot untuk kendaraan niaga berlaku 1 tahun atau 20.000 km.

5. Tentu tidak semua bagian bisa mendapatkan warranty. Bagian yang habis karena penggunaan -- seperti kampas rem dan kampas kopling -- atau kerusakan akibat Anda menggunakan oli, minyak rem, minyak power steering, atau suku cadang bukan asli, tidak bisa mendapatkan penggantian gratis.

Ajukan "warranty"
Bagaimana cara mengajukan warranty? Di saat Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, segeralah datang ke bengkel. Bawalah bukuservis dan temui petugas Frontman atau Service Advisor.

Tentu saja sebelumnya Anda harus mengetahui kerusakan macam apa yang terjadi pada mobil Anda.

1. Perhatikan dan rasakan dengan sungguh-sungguh setiap bagian dari mobil. Adakah sesuatu yang ganjil, seperti kelonggaran waktu mobil berjalan atau untuk jalan lurus setir harus ditahan karena kalau dilepas lantas membelok ke arah lain.

2. Bunyi-bunyi yang sangat mengganggu, seperti bunyi ketukan, mendecit pada bagian bawah mobil, atau bunyi dengung yang disebabkan oleh ban atau gardan yang sangat mengganggu. Perhatikan pula apakah bunyi mesin tetap halus. Untuk itu tidak ada salahnya waktu mau membeli, Anda minta beberapa mesin dihidupkan untuk perbandingan.

3. Perhatikan meter-meter yang ada di ruang pengemudi. Apakah setiap hari bekerja dengan normal. Laporkan segera kalau saat mengisi bensin sampai penuh ternyata meternya tidak tepat atau jarum penunjuk kecepatan bergetar. Sebab kalau itu terjadi, pasti ada yang tidak beres dengan komponen tersebut.

4. Bagian luar mobil adalah hal yang mudah Anda pantau. Perhatikan apakah mobil baru Anda belang dua warna atau bagian dalam seperti jok dan plafon ada cacatnya. Tidak tertutup kemungkinan ini bisa diperbaiki pula.

5. Hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah penambahan peralatan listrik ditempat toko variasi mobil. Pemasangan yang keliru -- seperti mengambil arus tidak pada tempatnya -- akan merusak bagian lainnya, terutama pada mobil yang menggunakan CPU (komputer).

6. Perhatikan gas buang dari knalpot. Kalau berasap tebal dan mesin loyo maka segeralah berkonsultasi ke bengkel.

Dalam banyak hal menyangkut mobil baru Anda, jangan bosan berkonsultasi dengan bengkel dealer. Ajukan pertanyaan apa saja supaya Anda mendapatkan penjelasan yang memuaskan. Kalau Anda baru pertama membeli mobil baru, mintakan juga masukan dari teman yang sudah lebih dulu membelinya. Siapa tahu, dia pun bisa membantu.

JAMINAN UNTUK BAN -- Jaminan yang diberikan untuk aki biasanya 2 tahun atau 50.000 kilometer. Knalpot kendaraan niaga berlaku untuk1 tahun atau 20.000 km. Sedangkan Khusus ban, ada aturannyatersendiri yang sudah diatur oleh Asosiasi Ban Indonesia. Tanyakan hal ini ketika membeli mobil.

BUKU SERVIS -- Jangan begitu saja buang buku servis Anda. Dari buku itu Anda bisa mencocokkan apakah teknisi di bengkel telah merawat mobil baru Anda sesuai petinjuk pabrik.

08 Oktober 2007

Toyota Dominasi Segmen Sedan

Jakarta Sinar harapan– Sampai bulan Pebruari 2007, Toyota tetap memimpin pasar otomotif di negeri ini. Sejarah memimpin pasar otomotif terpanjang dalam sejarah, yakni sejak tahun 1987. Laporan yang ditulis Sinar Harapan menunjukan pada bulan Pebruari 2007, PT Toyota-Astra Motor (TAM) tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan penjualan total mencapai 8.507 unit atau pangsa pasar 33,8 persen, disusul Suzuki (14,7 persen) dan Honda (14,1 persen). Sementara itu, total pasar otomotif nasional encapai 23.812 unit atau turun 11 persen dari bulan sebelumnya.

Pada segmen sedan, Camry tetap menjadi market leader dengan penguasaan pangsa pasar jauh di atas pesaing-pesaingnya, yaitu 73,7 persen. Camry mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu 255 atau lebih dari empat kali lipat dari penjualan Januari. Dibandingkan dengan Accord 24 unit pada bulan yang sama.

Demikian pula pada Vios dan Corolla Altis yang terjual hampir empat kali jumlah penjualan sebelumnya. Pada Februari beberapa produk Toyota, menurut Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, memang mengalami peningkatan jumlah penjualan. Seperti Toyota Yaris yang terjual hampir tujuh kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu dengan total penjualan sebanyak 679 unit atau 29,3 persen pangsa pasar. Demikian pula dengan Fortuner 4x2 maupun 4x4.Soal peningkatan penjualan pasar sedan Toyota, menurut Johnny, tak lepas dari penjualan Vios yang mengalami kenaikan besar dan terjual 249 unit (25,3 persen pangsa pasar). Begitu pula pada Corolla Altis yang terjual 122 unit atau 23,3 persen pangsa pasar dan Camry dengan penjualan 255 unit dan mendominasi pasar medium sedan sebesar 73,7 persen di kelasnya.Pada pasar kendaraan 4x2, jumlah penjualan nasional adalah 16.282 unit, masih merupakan segmen terbesar dalam komposisi pasar otomotif nasional. Pada Februari Toyota mendominasi penjualan di segmen ini sebesar 43,1 persen pangsa pasar dengan jumlah 7.014 unit. Penjualan tersebut didukung oleh Avanza (3.941 unit atau 52,4 persen pangsa pasar), Kijang Innova (1.478 unit atau 69,5 persen pangsa pasar), dan Rush (848 unit). (tot) Sinar Harapan. 22 Maret 2007.

Penjualan Honda Melesat 14,1 Persen pada Februari 2007
Jakarta-PT Honda Prospect Motor (HPM) meraih angka penjualan nasional sebesar 3.350 unit dengan pangsa pasar 14,1 persen pada Februari 2007. Angka tersebut meningkat dibanding pangsa pasar Honda pada Januari yang tercatat sebesar 8,6 persen. Salah satu kontribusi terbesar diperoleh melalui penjualan All New CR-V pada Februari 2007.Model terbaru Honda itu berhasil memimpin penjualan di kelas medium SUV dengan peraihan pangsa pasar sebesar 48 persen di kelasnya. Sepanjang Februari 2007, generasi ke-3 Honda All New CR-V mencetak rekor penjualan bulanan tertinggi sejak diluncurkan di Indonesia pada 2000, dengan mencatat penjualan sebanyak 1.400 unit. Bersama dengan model sebelumnya maka secara total Honda CR-V pada 2007 ini telah mencatat penjualan sebesar 1.474 unit. “Dengan pencapaian penjualan yang signifikan dari All New CR-V, membuat kita yakin bahwa produk terbaru kali ini banyak diminati konsumen dan akan menjadi trend setter untuk kendaraan premium SUV,” komentar Jonfis Fandy, Sales & Marketing General Manager HPM.“Perubahan desain secara total yang menampilkan kemewahan SUV premium, mobil ini memang telah ditunggu-tunggu oleh konsumen di Indonesia. Kami harap performa penjualan ini akan terus meningkat di bulan-bulan mendatang,” tambahnya.Prestasi sebagai pemimpin pasar juga berhasil diraih Honda City di kelas mini sedan. Pada Februari 2007, sedan favorit masyarakat Indonesia yang hadir dengan varian mesin i-VTEC dan i-DSI ini terjual sebanyak 487 unit. Dengan demikian, Honda City telah mencatat angka penjualan total untuk tahun 2007 sebanyak 918 unit, dan merajai kelasnya dengan 63 persen pangsa pasar (nontaksi). Sedan Kecil Sementara itu, Honda juga menunjukkan kelasnya di pasaran sedan kecil. Hal ini terlihat dari angka penjualan mobil Honda Civic sebanyak 341 unit sepanjang bulan Februari, naik di bandingkan bulan Januari lalu yang terjual sebanyak 206 unit, dengan meraih angka penjualan total sebanyak 547 unit hingga bulan kedua di tahun 2007 ini, dengan market share sebesar 73 persen dan berhasil menjadi market leader di kelasnya. Honda Accord meraih angka penjualan sebanyak 24 unit pada bulan Februari ini. Jumlah tersebut menambah angka penjualan total tahun 2007 untuk Accord menjadi 89 unit, dengan perolehan 17 persen market share di kelas medium sedan.Dengan model-model sedannya, di bulan Februari Honda telah mencapai angka penjualan 852 unit sedan di seluruh wilayah Indonesia, atau sebanyak 1.554 unit di dua bulan pertama tahun 2007, dan menjadi market leader di kelas sedan dengan pangsa pasar sebesar 55 persen (nontaksi). Di kelas low MPV, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 1.079 unit sepanjang bulan Februari 2007. Dengan begitu total penjualan Honda Jazz sepanjang tahun 2007 tercatat sebanyak 2.548 unit, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 13 persen di kelasnya. (tot)

“Camry remained the top-selling passenger vehicle in 2006, according to Autodata Inc., selling nearly 450,000 units, an increase of nearly 4 percent compared with 2005. The Accord was second among passenger vehicles with 354,000, but its sales fell about 4 percent from 2005”.
CNN, January 07, 2007.
Still, according to an internal Toyota document reviewed by The Wall Street Journal, Toyota's North American production ratio, or 'NAP ratio,' will remain around 55 pct this year, 54 pct next year and 57 pct to 62 pct in 2009

Its chairman, Fujio Cho, has said the ratio ideally should reach as high as 75 pct. But rising imports have sent Toyota's North American production ratio slipping to 54 pct in 2006.
Industry analysts say the Japanese automaker benefited from its reputation for quality and fuel efficiency as gasoline prices sent consumers fleeing to cars from trucks and sport utility vehicles during much of the year.

Toyota's market share rose more than 2 percentage points, up from 13.3 percent at the end of last year. The company had its best year ever in 2006, with sales up 12.9 percent for the year at more than 2.5 million vehicles.

07 Oktober 2007

KIAT MENGEMUDI DI MALAM HARI

KOMPAS, Kamis, 23-02-1995. Halaman: 11

KEMACETAN lalu lintas saat mudik Lebaran, bagi sebagian orang terasa sebagai trauma. Itu sebabnya, banyak dari kita justru memilih perjalanan mudik di malam hari. Selain untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas, juga masih bisa melanjutkan puasa. Namun, mengemudikan mobil di malam hari, memerlukan perhatian yang ekstra hati-hati.
Sebaliknya, panas matahari, pengaruh asap knalpot, dan pola tingkah laku tidak mau tahu dari sebagian pengemudi angkutan umum, membuat mengemudi mobil di siang hari terasa lebih melelahkan. Selain alasan-alasan itu, para pengemudi tua tempo doeloe sebenarnya lebih senang mengemudikan mobilnya pada malam hari.
Alasannya, bukan karena padatnya lalu litas, tetapi lebih dimaksudkan untuk menjaga agar mesin tidak mudah panas dan bisa lebih menghemat bahan bakar.

Mengubah ritme hidup
Berbagai alasan yang dikemukakan itu, sah-sah saja. Memang, ada untung ruginya. Kalau mau berjalan pada malam hari, jelas akan mengubah ritme hidup Anda. Dari kebiasaan tidur pada malam hari, kini justru sebaliknya, meski hanya untuk satu dua malam. Tidak jarang, kendaraan terjungkal, pengemudi terpental keluar lewat kaca depan, hanya karena sang sopir mengantuk di saat subuh. Karena itu, bila Anda seharian penuh sudah sibuk dengan berbagai
kegiatan di dalam kota, sebaiknya tidak memaksa diri berangkat di malam hari. Hal ini amat membahayakan penumpang lainnya.

Umumnya, perasaan mengantuk baru menyerang setelah pukul 24.00 sampai pukul 07.00 pagi. Apalagi bagi Anda yang mengemudikan mobil dari Jakarta ke arah Jawa Tengah lewat Bandung, perlu berhati-hati karena kecapaian setelah melalui jalan berliku-liku.
Dari koran sering kita baca, kecelakaan lebih sering terjadi pada malam hari, umumnya disebabkan oleh kantuk. Berikut ada beberapa kiat, yang kiranya berguna bagi Anda yang belum terbiasa mengemudi ke luar kota di malam hari.

1. Siapkan mobil sebaik mungkin, terutama lampu penerangan dan tekanan angin ban. Jangan menggunakan lampu yang terlalu terang, misalnya di atas 100 watt, karena akan menyilaukan kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Cukup gunakan lampu 75/90 watt.
Anda mungkin akan kehilangan patokan garis marka (di tengah jalan), akibat silau terkena sinar mobil dari depan. Dalam keadaan seperti ini, satu-satunya patokan adalah memperhatikan batas jalan sisi sebelah kiri. Lirikkan mata ke bagian itu dan kurangi kecepatan. Dengan demikian, Anda agak terhindar dari ketegangan.

2. Setelah melewati daerah hujan, gunakan lap untuk membersihkan kaca lampu, supaya sinarnya bagus. Siapkan deterjen untuk dilumerkan pada kaca depan, guna mengatasi kalau kaca depan berminyak.

3. Bila rencana berangkat pukul 23.00 malam atau lebih, usahakan supaya pengemudi bisa istirahat tidur lebih dahulu dan sebaiknya sampai nyenyak. Istirahat dan bisa tidur nyenyak satu atau dua jam, sudah cukup untuk perjalanan sampai pagi hari. Mencuci muka, makan dan minum ringan, amat bermanfaat. Hindari makan dengan menu "kelas berat" seperti makan nasi kari ayam atau ayam goreng, empal dan lain sebagainya. Karena makanan jenis ini bisa menimbulkan kantuk lagi. Ada baiknya disediakan satu botol minuman penambah enerji, atau tiga sendok madu dicampur air segar, guna mendukung penampilan pengemudi tetap segar. Hindari makanan kacang. Salah-salah pengemudi tersedak biji kacang, bisa membawa fatal bagi penumpang.

Sewaktu-waktu
Rasa kantuk, bisa datang sewaktu-waktu. Biasanya dimulai dari kelopak mata yang cenderung menutup mata, dan tengkuk mulai pegal-pegal ringan. Bila sudah seperti ini, dianjurkan untuk tidak meneruskan perjalanan. Istirahatlah barang sebentar.
Saat yang amat mempengaruhi mata untuk terpejam adalah saat matahari menjelang terbit dan setelah terbenam pada sore hari. Mata membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Karena itu, kurangi kecepatan sampai Anda terbiasa dengan situasi ini.
Mantan pengemudi berpengalaman angkatan tahun 1950-an menasehati: bila terasa mengantuk, jangan turun dari mobil. Parkirlah mobil di tempat yang aman seperti di halaman kantor polisi, atau di halaman pos-pos servis yang banyak tersebar selama lebaran ini. Lalu, tengkurapkan kepala ke stir mobil atau stel
sandaran kursi supaya bisa tidur sejenak. Anda pasti akan tertidur. Sesudah itu, cuci muka dan Anda bisa meneruskan perjalanan.

Mengapa tidak boleh turun berjalan?
Menurut dia, bila kita turun berjalan, rasa kantuk sepertinya hilang, namun ia akan datang lagi dengan serangan yang lebih hebat. Jangan menghilangkan rasa kantuk dengan merangsang hidung dengan bulu ayam sehingga bersin, atau makan cabe. Obat paling mujarab bila merasa ngantuk, ya hanya tidur atau istirahat.

Dalam menempuh perjalanan jauh akan lebih menguntungkan bila ada dua pengemudi. Dengan demikian, mereka bisa bergantian. Yang satu istirahat, yang lain bisa meneruskan perjalanan.
Yang tidak kalah penting, usahakan suasana santai dan gembira selama perjalanan. Bahkan sebaiknya, ada yang terus mengajak bicara pengemudi, guna menghindari rasa kantuk.

Kalau ngantuk itu tiba, khususnya di sekitar jam 11 malam sampai jam 4 pagi maka jangan sekali- kali mencoba menghilangkan dengan cara membasu muka atau memijet- mijet. Mencoba menghilangkan ngantuk hanya akan berhasil sebentar saja. Ketika jalan lagi ngantuk itu akan datang dan menyerang dan ini bisa bahaya. Satu- satu cara adalah berhenti dan tidur. Kalau bisa memenjamkan mata sebentar saja, sudah cukup. Bukankah keselamatan semua penumpang ada ditangan pengemudi?

Saya pernah mengikuti pesta pernikahanndi Jakarta, dan bernagkat jam 7 malam kembali ke Yogyakarta. Jalan lewat jalur selatan dan ketika menjelang sampai Ngakrek, mobil perhalan anteri. Saya mengemudikan dalam kondisi capek dan mulai ngantuk. Tau-tau mobil menyentuh bahu jalan. Untung mobil jalan perlahan, bayangkan kalau ketika itu mobil jalan dalam kecepat 90 km/jam.

06 Oktober 2007

PERALATAN YANG PERLU DIBAWA

KOMPAS, Kamis, 23-02-1995. Halaman: 11

MESKI mobil sudah disiapkan sebaik-baiknya, yang namanya
gangguan, halangan, bisa datang tiba-tiba, tanpa diduga sebelumnya.
Sering terjadi, ada gangguan-gangguan sepele, yang bisa dibereskan
dalam waktu lima menit. Namun, ketika dalam perjalanan, hal-hal yang
sepele sering berakibat fatal dan menimbulkan kebingungan. Yang
jelas, hanya karena hal sepele itu, perjalanan Anda akan terganggu,
apalagi kalau tidak membawa peralatan yang dibutuhkan.
Bulan Agustus 1994, saya dan seorang teman Sebastian Budi mengadakan perjalanan darat
dari Semarang ke Dilli, dengan jarak tempuh sekitar 2.500 km.
Perjalanan melewati empat selat dan lima pulau ini amat menarik.
Meski demikian, peralatan yang diperlukan juga tetap sama, antara
Anda yang mengadakan perjalanan "super" jauh dengan Anda yang
"hanya" mengadakan perjalanan agak jauh. Perlu pikirkan apa yang perlu dibawa:

1. Kunci-kunci harus dibawa, mulai dari kunci sok (soket),
kunci ring, dan kunci pas. Kunci sok, biasanya sudah ada tempatnya
sendiri. Karena itu, kunci ring lengkap dan kunci pas, perlu
ditempatkan di satu kotak tersendiri. Kalau mungkin, palu dan pahat
pun dibawa. Buat apa?

Tidak cukup kuat
Pernah terjadi, kendaraan yang kami pakai untuk mengadakan
perjalanan tahun 1992, putus tali kipasnya di Cemoro Sewu, Solo.
Untuk mengganti tali kipas, bukan hal mudah, karena kunci yang
tersedia hanya kunci pas dan kunci Inggris, bawaan mobil sejak baru.
Kunci-kunci itu tidak mampu untuk mengendorkan baut. Akhirnya,
dengan menggunakan ujung kunci roda dan batu, baut baru mau kendor.

Kunci bawaan mobil baru tidak cukup kuat, dan biasanya hanya
bisa digunakan untuk mengendorkan mur atau baut yang sudah pernah
dikendorkan. Disarankan, Anda membawa kunci ring atau kunci sok.
Kunci yang digunakan pada mobil Jepang menggunakan ukuran metrik
(mm), seperti 6 mm sampai 21 mm. Sedangkan mobil Amerika,
menggunakan ukuran inci, pecahan 1/2, 5/8 dan seterusnya. Kunci yang
akan sering digunakan adalah ukuran 10 mm sampai 19 mm.

2. Bawa dongkrak mobil dan sepotong balok sepanjang 20 cm.
Balok ini amat membantu bila ban Anda kempes, khususnya untuk mobil
yang sudah mengganti velg yang lebih lebar dan menggunakan ban
radial. Biasanya, dongkrak tidak bisa masuk, karena mobil terlalu
rendah. Untuk mengatasi itu, bisa ditempuh dua cara.
a. Start mobil dan naikkan ke atas balok, kemudian dongkrak
digunakan.
b. Keruk lantai dasar untuk alas dongkrak.

3. Jangan lupa membawa pompa, alat penambal ban (termasuk untuk
ban tubeless) dan tutup pentil yang bagian belakangnya bisa
digunakan untuk mengendorkan pentil.

4. Bawa kabel besar dua potong, masing-masing sepanjang dua
meter. Dengan menggunakan mobil orang lain, kabel ini bisa digunakan
untuk memancing aki mobil Anda.

5. Tali dan jeriken isi 10 liter. Tali sepanjang lima meter
yang cukup kuat, digunakan untuk menarik, bila kendaraan Anda mogok.
Tali ini juga amat berguna untuk jemuran. Sedangkan air dalam
jeriken akan dibutuhkan bila mobil Anda kehabisan air karena
radiator bocor, cuci muka, atau bahkan untuk minum.

6. Ban dalam mobil. Ban dalam bukan hanya sebagai alat
penyelamat di laut, tetapi juga amat berguna saat mobil Anda
mengalami kebocoran. Dengan ban dalam ini, kebocoran pada pipa atau
slang air bisa diatasi.

7. Jangan lupa membawa batere
8. Bawalah pula minyak rem, sesuai dengan yang sudah digunakan.
9. Jangan lupa, membawa tali kipas dan tali untuk AC dan busi,
berikut kunci-kunci pembuka busi.

10. Sangat diharapkan, Anda menyediakan sekring baik yang
berukuran 20 Amp (Ampere), 15 Amp, 10 Amp, maupun 7,5 Amp. Jumlah
sekring cadangan ini sebaiknya, masing-masing lima buah.
11. Ada baiknya, Anda juga menyediakan beberapa buah bohlam serep
untuk penerangan. Siapa tahu, lampu tanda belok, lampu rem, lampu
kecil, atau lampu tanda mundur, lampu hazard, tidak menyala. Bohlam-
bohlam yang harus disediakan, hendaknya disesuaikan dengan ukuran
yang digunakan. Biasanya, bohlam bentuk bayonet dengan filamen
tunggal berukuran 12V/21 W digunakan untuk lampu belok dan lampu
tanda mundur. Sedangkan bohlam bentuk bayonet dengan filamen ganda
berukuran 12V 21/5 W, digunakan untuk lampu kecil dan lampu rem.

Musim hujan
Lebaran tahun ini masih dalam suasana musim hujan. Karena itu,
selain sistem rem yang harus diperiksa penuh (agar tidak membuang ke
kiri atau ke kanan saat di rem), Anda juga perlu menyediakan
sejumlah hal.

1. Wiper. Periksa, apakah kondisi kerja motor wiper dan
kelenturan karet penghapus masih bagus. Juga periksa tangki cadangan
air. Lakukan penyetelan ulang, agar arah semprotan air dari nozzle
tepat di kaca.

Sediakan deterjen atau sampo. Saat hujan tiba, kaca menjadi
bersih dan perjalanan akan menyenangkan karena pengemudi tidak
gelisah. Orang sering mengeluh karena kaca-kacanya (terutama kaca
depan) berjamur. Jangan cepat percaya, sebelum Anda menggunakan
deterjen atau sampo untuk membersihkannya. Bila dengan deterjen dan
sampo jamur belum juga mau hilang, anda bisa menghilangkannya dengan
menggunakan kompon yang diusap-usapkan di kaca. Pekerjaan yang
terakhir ini harus sudah dilakukan beberapa saat sebelum Anda
mengadakan perjalanan.

Bercak-bercak seperti jamur ini akan makin kelihatan terutama
di saat hujan lebat dan tertimpa sinar lampu dari depan. Jamur ini
umumnya disebabkan oleh sisa asap yang keluar dari mobil-mobil dan
langsung melekat di kaca. Dalam perjalanan jauh, mungkin pekerjaan
membersihkan kaca harus dilakukan berulang kali.

2. Periksa karet pintu, agar air tidak masuk ke ruang
penumpang.
3. Kondisi AC. AC yang baik, selain berfungsi sebagai penyejuk
ruang kabin, juga dapat mengurangi embun di kaca kendaraan.
4. Periksa lagi tekanan udara pada ban dan ban serep.
5. Pada saat hujan deras:
a. Kurangi kecepatan kendaraan bila hujan besar dan permukaan
jalan licin.
b. Tekan pedal rem perlahan-lahan pada kecepatan rendah, guna
membersihkan kotoran dan air yang masuk ke dalam tromol rem
setelah melewati genangan air.
6. Sediakan payung dan lap atau tisu kering. Lap atau tisu itu
digunakan untuk melap kaca, bila keadaannya sudah semakin kotor
terkena tampiasan atau cipratan mobil di depannya.

Bensin dan jadwal
Dalam hal pengisian bensin, Anda disarankan untuk tidak
menunda-nunda. Apalagi, kalau Anda tidak paham betul dengan daerah
yang akan Anda lalui. Apabila jarum penunjuk bahan bakar sudah
menunjukkan kurang dari separuh, segeralah menambah bensin. Apalagi
untuk daerah luar Jawa, pompa bensin belum sebanyak di Pulau Jawa.
Selain itu, sebaiknya Anda mengetahui jadwal penyeberangan feri
baik yang melintasi Selat Sunda (menghubungkan Bakauheni - Merak)
dan selat Bali (menghubungkan Banyuwangi - Gilimanuk). Dengan
demikian, Anda tahu persis, jam berapa Anda akan menyeberanginya.
Terakhir, demi kelancaran perjalanan, jangan lupa membawa uang
ribuan (untuk membayar tol), peta dan persediaan obat-obatan
secukupnya. ***

05 Oktober 2007

Mesin Mati saat RPM Rendah

Kedaulatan Rakyat Juni 1996

Giriyanto SMP MUH NGLIPAR Tegal Ngandong, Nglipar, Wonosari, GunungKidul.Sudah lama saya mengikuti rubrik Dunia Mobil Bung Martin. Saya memakai mobil Suzuki Cary Extra 1000 th 85. Mempunyai permasalahan: Pada saat menanjak ketika pindah gigi, harus tanpa men­gurangi gas. Bila dikurangi mesin bisa mati atau tersendat-sendat('nghedibel'). Mengapa bisa demikian? Apa efeknya memindah gigi tanpa mengurangi gas terhadap kondisi mesin? Setelah beberapa kilometer/bulan air radiator perlu diganti total (dikuras)?Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Jawab:
Gejala yang Anda alami kemungkinnan besar ada hubungan dengan mesin. Mesin mengalami gangguan pada perlengkapan dan mungkin perlu mengalami penyetelan ulang. Pertama- tama harus diperiksa apakah kondisi ruang kompresi dalam keadaan baik. Artinya tekanan kompresinya tinggi, karena kondisi ring piston dan klep bekerja secara normal. Kalau ring piston sudah aus, kompresinya akan turun. Demikian pula kalau permukaan klep bocor,mesin tidak akan bekerja secara normal. Untuk itu Anda perlu periksa
ke bengkel, untuk mengerahui apakah tekanan kompresi mobil Anda masih termasuk normal. Namun, Anda bisa bisa mendeteksi, seperti perhatikan warna ujung knalpot dan bau asap gas buang serta permukaan oli pada mesin. Mobil yang ring piston sudah aus biasanya diikuti dengan borosnya pemakaian oli mesin. Bisa jadi dalam 1000 km Anda harus menambah 1 liter. Bau gas buang mereba­kan minyak terbakar, kemudian ujung knalpot kehitaman, bahkan dalam kondisi yang lanjut, ada oli di ujung knal pot. Mesin mobil dengan kondisi seperti ini memang mengakibatkan tenaga mesin menjadi menurun. Hal seperti yang Anda alami, kalau RPM mesin diturunkan mesin mati.

Kemungkinan lain sebagai penyebab mesin mati saat anda melepas pedal gas adalah penyetelan sekrup pencampur ( sekrup idle). Di karburator ada 2 macam penyetel. Pertama untuk menaikan RPM mesin. Sekrup yang satu ini, kalau dikencangkan RPM akan langsung naik, dan lainnya kalau kencangkan atau kendorkan mesin malah bisa mati. Karena sekrup pencampur ini berfungsi membuat campuran bensin dan udara menjadi homogen. Campuran yang terlalu gemuk atau terlalu kurus menyebabkan RPM mesin tidak bisa idle. Sebenarnya penyetelan sekrup idle ini mudah. Anda harus turunkan RPM mesin sampai serendah- rendahnya, asal mesin tidak sampai mati. Sekrup idle dikencangkan sampai hampir mati lalu putarlah sekrup ke arah yang berlawanan sampai mesin hampir mati pula. Titit campuran yang paling tepat adalah pada tengah dari kedua titik tersebut. Bagi teknisi yang sudah berpengalaman, ia pada saat menyetel sekrup idle akan mendengar RPM mesin, dan akan berhenti memutar sekrup saat menemukan RPM yang paling tinggi. Setelah itu, kendorkan atau kencang sekrup penyetel RPM sampai RPM yang ideal, yaitu antara 600 sampai 800 rpm. Seandainya mobil Anda menggunakan AC, pada saat idle up hidup, RPM mesin pada 1000 putaran permenit. Cara ini untuk menjaga agar tenaga mesin stabil walaupun mendapatkan beban tambahan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah penyetelan saat penyalaan, atau yang sering dikatakan titik pengapian dan cela platina serta kondisi busi. Ketiga hal selalu berhubungan. Kalau saat pengapian tidak tepat akan menyebabkan penyapian tidak sempurna. Terjadinya ledakan menjadi terlalu cepat atau terlambat. Akibatnya busi bisa cepat rusak. Pengapian yang tidak tetap dengan sendirinya menyebabkan tenaga mesin juga tidak optimum. Umumnya saat pengapian yang tidak tepat terjadi pada saat pemasangan pelatina. Mungkin karena pengukurannya tidak tetap, namun bisa juga karena baut penyetel kendor atau permukaan platina yang kotor. Dari beberapa hal yang disebutkan diatas, yang pertama dikerjakan adalah pekerjaan penyetelan dan pembersihan. Bereskan dahulu, saat pengapian, bersihkan platina dan busi serta penyetelan pada karburator. Setelah itu, kalau tenaga mesin masih tidak optimal, atau gejala mobil mati seperti yang Anda keluhan tidak teratasi, maka disarankan untuk periksa ke bengkel.

Pemindahan gigi transmisi tanpa mengurangi putaran mesin mobil akan mengakibatkan kerusakan pada system kopling dan gigi di dalam transmisi. Karena penyesuaian putaran mesin belum tercapai, gigi sudah dipaksa untuk berpindah. Biasanya setiap permin­dahan gigi traansmisi diikuti dengan bunyi kasar, dan hal ini menyebabkan beban pada as atau bearing lebih besar. Anda juga perlu perhatikan gerkan bebas dari kopling. Pedal kopling tidak boleh terlalu dalam atau terlalu tinggi untuk menggerakan mobil.
Air radiator sebaiknya secara rutin diganti, terutama kalau air di daerah Anda banyak mengandung zat kapur. Gantilah air baru setiap 20.000 atau lebih cepat kalau kwalitas airnya jelek. Air yang paling baik adalah air yang tidak mengandung unsur miniral, tetapi harganya bisa lebih mahal. Baik juga menggunakan air hujan, asal tidak terpolusi oleh zat asam.

04 Oktober 2007

Oli Mineral dan Oli Sintetis

Suara Merdeka 3 Oktober 2007
Tanya: Pada kesempatan ini saya ingin bertanya, apa bedanya Oli mineral dan Oli Sintetis? Dan apa kelebihan dan kekurangan masing masing ? Untuk mobil mobil keluaran baru yang bertehnologi DOHC, VVTI , manakah yang lebih cocok ? Terima kasih atas jawabannya Widarto A agus.widarto@commbank.co.id

Jawab: Oli mineral untuk memenuhi permintaan pabrikan mobil pembuatannya berdasarkan proses kimiawi, artinya menambah aditif sampai memenuhi syarat. Sebaliknya oli sintetis pembuatannya menggunakan proses fisika. Karena itu harga oli sintetis menjadi lebih mahal. Namun daya tahannya lebih baik, dan cocok untuk mobil ber RPM tinggi dan sangat cocok untuk mesin DOHC VVTi maupun Vtec.

Tanya: Saya mau nanya lagi pak. Kalau understeel untuk mobil tahun 96 apa sudah perlu ya? Sepertinya di daerah kemudi kalau kena gronjalan suaranya agak banyak (bunyi "dek-dek) atau kurang kenceng. Tapi buat kenceng gak getar (kecepatan 100 km/jam)
Makasih adiadhistra@yahoo.co.id

Jawab. Kalau mobil Anda menggunakan penggerak roda depan maka perkiraan saya bunyinya berasal dari rack end. Bagian yang ujungnya berada dekat dengan roda depan. Bentuknya seperti tie rod untuk menggerak roda. Istilah teknisi long tie rod, bagian ini ujung bagian dalam ada plastic, nah plastic itu sudah aus sehingga ada kelonggaran, saran saya diganti baru. Mobil buatan tahun 1996, mestinya kaki-kakinya masih kuat, tapi tergantung jarak yang sudah ditempuh.

Tanya: Pak Martin, saya mau tanya soal Kijang Kapsul tahun 97. Untuk tune up mesin sebaiknya dilakukan setiap berapam kilometre? Kemudian oli apa yang cocok karena sekarang banyak oli yang ditawarkan. Filter udara sebaiknya diganti setiap berapa km? Setiap pagi ketika mesin hidup selalu ada bunyi kletek, tapi kalau sudah panas bunyinya hilang, bagaimana mengilangkan bunyi tersebut. Terakhir saya ingin tanya kapan saja jadual munculnya kolom ini? RGDS/HADI

Jawab: Konsultasi Otomotif di Suara Merdeka ada 2 minggu sekali pada hari Rabu. Bagi mobil yang memakai karburator dianjurkan Tune Up setiap 5 000 km, karena mesti bersihkan saringan udara dan saringan bensin. Stel platina, stel klep dan sebagainya. Namun bagi Kijang kapsul yang EFI tidak perlu stel platina, klep sehingga pekerjaanya tinggal sedikit. Yang penting ganti oli, bersihkan saringan udara, periksa air aki, air pendingin saja. Kalau saya sejak dulu pakainya oli, Mesran Super atau prima XP. Kalau kondisi jalan banyak debu maka sebaiknya mengganti filter udara setiap 20.000 km, namun yang penting lebih baik lebih sering bersihkan saringan udara. Bunyi itu merupakan gejala bunyi timing chain (rante kamrat). Kalau bunyi itu hanya sebentar saja (1 menit) sih masih boleh pakai. Sudah menempuk berapa km? Rante kamrat seperti rante roda pada motor 2 roda. Kalau sudah mulur yang harus diganti. Kijang biasanya setelah 200.000 km.

03 Oktober 2007

AC Mobil Tidak Dingin

KR Agustus 1996

Yudi Sungkono - Pekalongan.
Saya memiliki sebuah kijang tahun 1991, yang kondisi me­sinnya masih sangat baik walaupun km sudah menunjukan angka antara 134.000. Selama ini mesin belum pernah di apa- apakan, karena saya berpendapat selama ujung knal pot berwarna abu- abu, seperti kata Bung Martin, tandanya mesin masih baik. Oli mesin juga srtiap kali saya ganti pada km 3000 masih cukup tidak kurang. Walaupun demikian saya ingin bertanya:

1. Bagaimana merawat agar mobil terus bisa sehat? Busi sudah lama tidak saya ganti, apakah ini ada hubungan dengan kadang- kadang sulit menghidupkan mesin pada pagi hari?
2. Akhir- akhir ini saya merasa terganggun dengan AC. Kalau keluar kota sering tidak mau dingin, dan kalau pertama menghidupkan AC ada bau asap atau asap solar yang keluar dari saluran udara dinginnya AC. Saya juga minta saran, bagaimana caranya agar kalau dalam perjalanan keluar kota, tidak perlu menggunakan AC, tetapi cukup udara dari luar saja?

Jawab:
1. Kalau mobil yang Anda miliki ini sudah lebih dari 2 tahun ditangan Anda, maka jelas Anda termasuk orang yang senang memper­hatikan kondisi mobil, artinya suka merawat agar mobil itu sehat. Untuk mengikuti saran- saran pabrik, maka ada baiknya Anda mengikuti petunjuk- petunjuk yang ada pada buku servis. Pada buku servis jelas tertulis pekerjaan pemeriksaan atau penggantian apa saja yang perlu dilakukan pada setiap 5000 km. Ada beberapa hal yang dapat diketengahkan disini. Anda sebenarnya diminta mengganti oli setiap 5000 km, jadi tidak perlu mengganti setiap 3000 karena langkah ini dianggap pemborosan yang tidak perlu. Yang diminta agar setiap menambah bensin, permulaan oli diperiksa. Kalau ternyata kurang cukup ditambah oli baru. Selain oli juga sangat dianjurkan untuk membersihkan saringan udara setiap 5000 km, namun kalau kalau Anda bisa lakukan lebih cepat, umpamanya setiap 2500 km lebih baik. Karena dengan cara itu, udara yang masuk ke mesin bersih dan mesin mobil lebih awet dan irit bahan bakar. Permukaan platina juga harus diperiksa, kalau ada deposit karbon pada permukaan platina, biasanya mengganggu saat penyalaan busi, dan hal itu akan mengakibatkan mesin tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Masih ada lainnya, seperti periksa permukaan air, periksa aki, periksa tekanan angin ban dan lain sebagainya. Maka penting buku tersebut selalu berada di laci mobil.

Busi mobil di anjurkan untuk diganti setiap 10.000 km sampai 20.000 km. Kalau busi terlampau lama tidak diganti maka biasanya ujung eletrode yang ada pada busi sudah aus, dan jaraknya sudah lebih lebar. Jarak busi yang sudah lebar bisa menyebabkan mesin sulit hidup, karena tidak jadi lonjatan bunga api. Atau sebaliknya karena busi yang sudah terlalu lama maka biasanya disamping telah aus juga elektrodanya tidak normal lagi. Walaupun ujungnya sudah dibuat lebih dekat, bunga api yang ditimbulkan tetap kecil, dan kalau kondisi seperti ini ditambah dengan permulaan platina yang kotor maka bisa menyebabkan mesin sulit hidup pada pagi hari.Mesin yang sulit hidup pada pagi hari bisa juga disebabkan oleh karburator. Penyetelan karburator yang terlalu kurus, karena sekrup idle disetel udaranya lebih banyak bisa menjadi penyebabnya. Pekerjaan ini mudah dan bisa dilakukan sendiri. Pada karburator mobil kijang ada 2 sekrup. Satu untuk menaikan RPM, bentuk kepala sekrupnya lebih besar. Kalau sekrup ini diputar ke arah jarum jam, spontan RPM akan naik. Sekerup yang lain bentuk kepala sekrupnya lebih kecil, terletak lebih ke bawah. Kalau distel tidak spontan mengubah RPM mesin. Pada saat RPM mesin rendah (500 sampai 700) putarlah ke arah jarum jam sampai mesin hampir mati, kemudian balikkan putaran sampai mesin hampir mati pula. Pada tengah- tengah kedua titik kita mendapatkan campuran yang paling ideal. Dengan cara ini mesin menjadi mudah dihidupkan pada pagi hari.

2. Masalah AC yang Anda hadapi, umumnya terjadi pada mobil yang ACnya tidak dipasangkan oleh pabrik, dengan kata lain tidak sesuai rencana. Banyak pemasang AC, meletakan pengatur udara (evakurator), antara lubang pemasukan udara luar dan ruang penumpang. Hal ini dimaksudkan agar di saat tidak menghidupkan AC, udara bisa masuk, tetapi akibatnya bagian ini menjadi tampungan gas buang mobil di jalan raya, dan disaat AC dihidupkan, walaupun lubang pemasukan udara luar sudh ditutup, sisa bau gas tetap ada. Maka lebih baik, untuk AC tidak perlu dihubungkan dengan udara luar, tetapi untuk mendapatkan udara segar dari luar, disarankan saluran udara yang ada pada kiri dan kanan dashbord kijang tidak perlu dihubungkan dengan AC. Biarkan bagian ini untuk mensuplai udara segar.

Apabila Anda menggunakan AC, bagian ini bisa ditutup dengan tombol yang sudah tersedia. Gejala AC tidak mau dingin pada perjalanan keluar kota bisa disebabkan oleh kotoran yang menutup kisi- kisi yang ada pada evakurator, sehingga udara tidak bisa lewat bagian pendingin udara tersebut. Disarankan untuk serviskan AC di bengkel AC yang lalu mobil- mobil penumpang mulai dilengkapi dengan radio, yang biasanya untuk menangkap gelombang AM, kemudian tidal kemu­dian ramai dilengkapi dengan radio FM. Kemudian lima belas tahun terakhir mobil penumpang dan truk juga mulai dilengkapi dengan radio - cassette, yang semakin tahun semakin wah saja. Harganya pun semakin melangit. Bahkan tidak jarang kita temui mobil -mobil ibarat studio disko berjalan yang dilengkapi dengan kompek dis yang mengahsilkan suara keras. Sekarang, kalau ada rundingan untuk jual beli mobil, bukan lagi tanya soal tape- radio tetapi calon pembeli langsung tanya, apakah AC nya masih dingin. Bukan juga bertanya, mobil menggunakan AC atau tidak, karena umumnya semua mobil sudah dilengkapi dengan AC. Banyak merk mobil sudah melengkapi AC sebagai perlengkapan standard, artinya sejak beli pertama.

Tidak pandang, apakah mesinnya kuat atau tidak, efisen atau tidak, pokoknya pasang saja AC. Tidak jarang kita temui mobil minibus dipasangkan lebih dari satu blower menjadi double brower, agar pendinginan di dalam mobil menjadi lebih merata. Bagian yang terletak di dalam ruang penum­pang dan yang mengeluarkan angin dan udara sejuk ini memegang peranan penting. Kalau tidak sesuai dengan kebutuhan pendingan ruangan maka target mendinginkan tidak tercapai. Ada beberapa bagian tambahan dari sistem AC yang melekat ada bagian tersebut. Seperti thermostad yang berfungsi mengatur agar kompresor AC berhenti bekerja sesuai temperatur yang diin­ginkan. Kalau bagian ini tidak bekerja sebagaimana semestinya maka sering terjadi pembekuan dan timbul es yang menutup kisi-kisi pada evaporator udara dan aliran udara terhambat, atau sebaliknya tidak ada udara sejuk. Thermostad yang penyetelannya tidak tepat, bisa mengakibabkan mesin mati pada saat stasioner atau RPM terus tinggi.

Kejadian ini tentunya mengurangi kenyamanan waktu mengemudi disamping mengakibatkan mesin mobil tidak efisen. Pengatur temperatur udara ini terletak diruang penum­pang. Di salah satu sisinya ada tombol penyetel menyerupai tombol pencari gelombang radio dengan ukuran yang lebih kecil. Bagian ini yang harus distel. Mula- mula Anda harus lebih dahulu menye­tel RPM stasioner yang diinginkan, antara 600 - 1000 rpm.

Pada saat Anda menyetel RPM mobil perhatikan agar kompresor belum bekerja, maknit kopling yang menyatu dengan puly kompresor AC masih bergerak sendiri. Sudah atau belum bekerjanya kompresor AC juga bisa dipantau dari suara yang timbul dari kompresor. Bunyin­ya lebih keras pada kompresor yang sudah bekerja. Kalau saat menyetel RPM, kompresor sudah bekerja, maka Anda harus menyetel tombol di thermostad sedikit demi sedikit sampai kopling maknit di kompresor AC lepas. Lalu mencoba menaikan RPM dengan menyinjak pedal gas. Penyetelan yang benar dapat dilihat dari saat Anda menginjak dan melepaskan pedal gas. Kompresor harus berhenti bekerja saat pedal gas dilepas dan baru bekerja setelah pedal gas diinjak. Dengan cara ini Anda bisa terhindar dari mesin mati disaat mebil berhenti di lampu pengatur lalu lintas. Walaupun kejadian seperti ini bisa terjadi pada semua mobil yang mengguna­kan AC, namun yang paling sering terjadi pada mobil yang AC dipasangkan kemudian. Artinya saat beli belum dilengkapi dengan perangkat AC dan AC yang dipasangkan dari jenis "gado- gado", bukan yang sudah direncanakan bagi mobil tersebut, dan juga sering terjadi pada minibus dengan mesin 1000 CC.

AC Tidak Dingin
Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC tidak mau dingin dan yang paling sering karena kebocoran: pada pipa saluran, evaporator atau kondensor. Kalau Anda menemukan bagian sambungan pipa ada rembesan cairan dan melekat kotoran maka bagian itu pantas dicurigai sebagai penyebab AC tidak dingin, karena terjadi kebocoran freon. Hal yang sama juga terjadi pada kondensor dan evaporator. Walaupun jarang terjadi, tetapi kalau saat Anda asyik mengemudikan mobil dan kekonyong- konyong keluar gas berwarna putih (warna itu berbeda dengan warna udara sejuk) maka itu pertanda terjadi kebocoran mendadak pada evaporator. Untuk menghindari hal- hal yang bisa membahayakan kesehatan penumpang maka segeralah membuka semua jendela, berhenti dan keluar dari mobil. Setelah itu jangan menggunakan AC lagi sampai AC yang rusak diperbaiki.

Evaporator yang bocor, jarang bisa diperbaiki. Keboocoran pada pipa yang terbuat dari aluminium ini sulit dilas, karena kebiasanya kebocoran bukan menyerupai ban yang tertikam paku tetapi korosi sepanjang pipa. Maka satu bagian yang ditambal akan "meremben" ke bagian lain, biasanya baru berhasil setelah meng­ganti evaporator baru. Dibagian evaporator ada saringan udara yang biasanya melekat debu sampai menutup aliran udara. Saringan ini harus sering dibersihkan. Gangguan lain pada evaporator adalah tersumbatnya pipa karet pembuangan air yang lalu mengaki­batkan lantai bagian dalam mobil khususnya di bagian bawa evaporator basa. Pengumbatan bisa terjadi karena kotoran bisa juga karena ujung slang bersenggolan dengan pipa knalpot. Maka perlu dibersikan atau memindahkan ujung slang agar dibersinggungan dengan knalpot yang panas. Pemasangan atau meletakan selang yang tidak benar juga bisa menyebabkan "banjir". Slang yang tidak lurus mengarah ke lubang yang ada pada lantai atau melingkar seperti leher angsa dan memutar ke atas akan menyebabkan banjir.

Penyebab lain AC tidak dingin karena kompresor rusak atau kopling maknit tidak bekerja. Kompresor yang rusak biasanya didahului dengan bunyi kasar, bunyi menyerupai mesin "koklok". Walaupun freon sudah diisi tetapi tetap tidak mau dingin. Kerusa­kan pada kompresor atau kopling maknit sangat mudah dideteksi oleh para teknisi AC, maka dianjurkan Anda membawa mobil Anda ke bengkel yang menyediakan jasa perbaikan AC.Banyak mobil saat ini melengkapi eletro ven pendingin tamba­han untuk menjaga agar tempertaur mesin tidak terlalu tinggi. Disamping untuk mendingin kondensor AC, juga menambah tekanan udara ke arah radiator dan mesin. Seperti kita ketahui, kondensor biasanya diletakan didepan radiator, yang akibatnya mengahalangi udara untuk mendinginkan radiator. Dengan ditambahkan elektro ven maka temperatur mesin menjadi lebih stabil. Sesekali Anda harus memeriksa apakah ven masih bekerja dengan baik. Dengan mudah bisa Anda ketahui saat parkir dan mesin sedang hidup. Sesekali mesin berbunyi keras dan sesekali halus, hal itu menunjukan bahwa elektro ven dan thermostad dalam keadaan baik.

AC mobil juga tidak dingin karena persedian freon kurang atau berlebihan. Untuk mengetahui freon berkurang, kita dapat melihat gelembung- belembung udara yang tampak pada glas pengon­tol dibagian atas tabung receiver. Sedangkan freon yang berlebi­han galas menunjukan jernih tanpa gelembung udara. Biasanya dengan pengukur tekenan kita menemukan normal atau tidaknya jumlah freon di dalam saluran AC.Perawatan

1. AC mobil Anda sudah tidak dingin lagi maka perlu diperik­sa apa yang menyebabkan. Kalau tidak ada yang bocor dan hanya perlu mengisi freon maka mintalah teknisi menambah pula oli pelumas. Pelumas ini sangat penting untuk menjaga agar keausan di dalam kompresor bisa diperlambat.

2. Periksa kekencangan tali kipas yang menggerakan kompresor. Tekanlah dengan jari dan rasakan tali kipas cukup kencang. Hasil tekanan tali kipas antara 10 mm. Gantilah tali kipas kalau sudah menampakan nilon yang lepas.

3. Tabung receiver juga menimbun deposit dan katup ekspansi juga harus secara teratur diganti. Suatu saat tabung receiver penuh dengan deposit dan akan menghambat aliran freon.

4. Anda bisa jadi mengeluh bau solar atau gas buang yang tidak sedap masuk lewat evaporator ke ruang penumpang. Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang tidak memasang AC mobil sejak awal dari pabrik. AC dipasang tidak sesuai rencana. Pada mobil yang terencana dengan baik, maka udara luar yang masuk ke ruang penumpang tidak dilewatkan evaporator. Sehingga sisa gas buang mobil tidak melekat pada evaporator. Untuk menghilangkan bau tersebut maka evaporator harus dicuci dan agar tidak terulang lagi maka uadara luar dihambat agar tidak masuk ke ruang penum­pang. Namun repotnya kalau Anda ingin menghirup udara pegunungan yang bersih, terpaksa harus membuka jendela mobil.

02 Oktober 2007

Tiba- tiba Mesin Mati

Suara Merdeka Nopember 2006
Saya punya mobil Carry Futura GRV tahun 2003 dan sekarang sudah menempuh 61.000 km. Untuk servis mesin dan ganti oli tidak pernah terlambat. Timing belt sudah diganti, saringan udara dan lainnya juga sudah diganti pada waktu tune up.

Suatu ketika saya saat perjalanan Solo sampai Semarang, tiba- tiba mesin mati, setelah berulang kali menghidupkan mesin ternyata tidak berhasil. (sepertinya tidak strum di aki). Dalam keadaan panik akhirnya di derek sampai bengkel mobil terdekat. Atas perintah montir saya diminta menghidupkan mesin. Ternyata mesin dapat dihidupkan, padahal hal setiba di bengkel mobil belum diapa-apakan oleh montir. Perlu diketahui, pada saat mobil mogok sampai saya hidupkan lagi ada tenggang waktu 40 menit. Dan tadinya perjalanan dari Solo Semarang belum istirahat dan selalu pakai AC. Mobil itu sampai sekarang lancar- lancar saja, dan tidak ada keluhan apa- apa. Walaupun mulai mogok sampai sekarang tidak pernah dibawa ke bengkel. Hanya ada kekawatiran, jangan- jangan nanti suatu saat dipakai perjalanan di luar kota akan mogok lagi.

Sejak mobil ini di beli dari dealer sampai sekarang AC nya masih bagus, dingin dan belum pernah dibersihkan. Perlu pak Martin ketahui, sejak mesin itu mati di Semarang, saya pakai mobil itu pulang ke Tegal tanpa pakai AC dan selamat sampai rumah. Saya takut sehingga sampai sekarang AC nya tidak pernah dipakai lagi.
Bagaimana pendapat pak Martin, apakah mesin mati itu karena pengaruh AC atau lainnya. Mohon penjelasan yang komplit dan terima kasih. Nurchodirin- Tegal.

Jawab: Pada tahun 1996, saya pernah mengalami seperti yang Anda alami. Ketika mobil sedang menanjak di Tanah putih Semarang sekonyong- konyong mesin mati. Sempat panik juga, karena ketika starter berulang kali, mesin tidak mau berputar, sepertinya sret sekali. Dibiarkan lebih dari 10 menit saya starter dan hidup lagi. Setelah diskusi dengan beberapa montir disimpulkan bahwa piston memuai berlebihan, sehingga sret (sesak) terhadap selindernya. Kasus seperti ini disebabkan oleh kelaianan material aluminium dari piston (seger). Setelah jarak tempuh semakin banyak dan selinder dan ring piston mulai aus, kondisi mesin bisa normal lagi.

Saya kira, salah satu penyebab pada Suzuki Carry anda juga karena piston sret. Disarankan, mulai sekarang pakai kembali AC sambil memperhatikan; apakah ketika pakai AC temperatur air naik. Kalau naik, maka mintalah bengkel mencari penyebabnya atau pasang tambahan ven pendingin.

Berikutnya, perhatikan ketika jalan dan AC hidup, khususnya malam hari ketika lampu nyala apakah indikator CHG mati total atau ada sinar remang- remang. Kalau mati total tandanya pengisian aki bagus, kalau sebaliknya perlu periksa sistim pengisian aki. Terakir, minta teknisi mengencangkan semua sambungan kabel, khususnya yang berhubungan dengan pengapian.

Konsultasi, informasi dan tanya jawab. Kirim email ke martin.teiseran@yahoo.co.id


Free shoutbox @ ShoutMix